Persamaan Dasar Akuntansi

Persamaan Dasar Akuntansi

Persamaan Dasar Akuntansi – Pencatatan setiap transaksi perusahaan/usaha dilakukan dengan menggunakan prinsip atau konsep dari persamaan akuntansi.

Persamaan dasar inilah yang digunakan sebagai dasar untuk menganalisis data hasil transaksi perusahaan, selain itu menggunakan konsep tersebut kita dapat mengetahui efek dari suatu transaksi terhadap keadaan finansial perusahaan.

Lebih jelasnya persamaan dasar akuntansi adalah persamaan untuk menentukan keseimbangan antara debit dengan kredit dalam suatu perusahaan menggunakan sebuah neraca berisi daftar yang menunjukkan aktiva (kekayaan), utang piutang, serta banyaknya modal yang dimiliki pada waktu itu. [ Baca : Tahap dan Proses Akuntansi ]

Mengetahui persamaan dasar akuntansi sangatlah penting untuk tahap awal, karena jika dasarnya saja kita kerepotan maka kita akan sangat kesulitan saat menggunakan persamaan akuntansi di level berikutnya.

Persamaan akuntansi digunakan seorang akuntan saat melakukan pencatatan transaksi keluar masuk keuangan perusahaan. Lebih jelasnya silahkan ikuti artikel lengkapnya dibawah ini :

Prinsip Persamaan Dasar Akuntansi

Pertama-tama kita belajar terlebih dahulu tentang konsepnya agar mempermudah kita dalam mempelajari di level selanjutnya. Didalam persamaan akuntansi ada banyak variabel-variabel yang digunakan seperti kekayaan (aktiva), utang, dan modal.

Baca Juga : Makalah-Makalah Akuntansi

Setiap transaksi yang terjadi akan ditulis, dikumpulkan, dikelompokkan, serta dianalisis dengan menggunakan persamaan dasar akuntansi. Hal penting yang harus diperhatikan ialah persamaan dasar akuntansi harus bisa menunjukkan keseimbangan antara harta dengan aktiva, kredit dengan debit.

Kekayaan yang dipunyai perusahaan biasa disebut dengan harta (assets), sedangkan hak atas harta tersebut adalah hak atas kekayan (equality). Dari kedua variabel tersebut kit dapat membuat sebuah persamaan sederhana yaitu :

Harta (assets) = Hak atas kekayaan (equality)

Hak Equality atau hak atas kekayaan dibagi menjadi 2, yaitu hak yang bersal dari kreditur (pemberi utang) serta milik perusahaan itu sendiri. Hak equality dari kreditur disebut utang perusahaan, sedangkan hak equality dari perusahaan disebut modal. Sehingga didapatkan persamaan harta (assets) menjadi :

Harta (assets) = Hak atas kekayaan (equality)
Harta (assets) = Utang + Modal
Modal = Harta (assets) – Utang

Pengaruh Transaksi Keuangan Terhadap Persamaan Akuntansi

Persamaan akuntansi sangat dipengaruhi dengan arus transaksi keuangan perusahaan. Pengaruh-pengaruh yang mungkin terjadi antara lain :

  1. Suatu transaki dapat mempengaruhi nilai harta dan modal, harta dan uang, utang dan modal, atau harta saja serta besarnya nilai utang, modal, dan harta.
  2. Pengurangan ataupun penambahan aktiva (kekayaan) akan berdampak terhadap pasiva.
  3. Beban akan mengurangi modal, sedangkan pendapatan menambah modal.

Itu tadi adalah persamaan dasar akuntansi. Semoga cukup memberikan wawasan kepada Anda.

Cari Artikel di Sini


Persamaan Dasar Akuntansi | Admin | 4.5
%d bloggers like this: