Syarat, Biaya dan Proses Lengkap Perpanjang SIM Online

Surat Izin Mengemudi (SIM) saat ini sudah banyak mengalami peningkatan. Beberapa daerah di Indonesia bahkan telah terjamah layanan SIM berbasis online dimana seluruh data pemilik SIM akan terkoneksi dalam suatu database online yang mencakup jangkauan seluruh wilayah Indonesia dan dapat diakses darimanapun dan kapanpun. Sistem ini memang belum lama diperkenalkan kepada masyarakat serta hanya diterapkan untuk perpanjangan SIM saja. tentunya, hal ini menjadi satu kabar yang menggembirakan bagi masyarakat di seluruh nusantara, apalagi bagi mereka yang merantau jauh dari kampung halamannya.

WAKTU MEMPERPANJANG SIM

SIM dapat anda perpanjang mulai dari 14 (empat belas) hari sampai 2 (dua) minggu sebelum jangka waktunya berakhir. Batas akhir perpanjangan SIM adalah 3 (tiga) bulan setelah jangka waktunya berakhir. Jika melewati batas waktu tersebut, maka SIM tidak dapat diperpanjang dan artinya anda harus mengulang prosedur pembuatan SIM yang baru.

LAYANAN PERPANJANGAN SIM

Terdapat beberapa alternatif tempat untuk memperpanjang SIM, diantaranya adalah melalui Kantor Satuan Penyelenggara Administrasi Surat Izim Mengemudi atau disingkat Satpas SIM seperti di Polrestabes Surabaya, Bandung, Makassar, Semarang, Medan, Polrestro Jakarta Utara, Jakarta Pusat, jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Timur, Bekasi, Polresta Palembang, Denapsar, Mobil SIM keliling, dan beberapa polres lainnya yang telah ditentukan sebagaimana tercantum dalam website polri.go.id. ataupun dapat pula dilakukan melalui Gerai SIM atau SIM Corner yang biasanya terdapat dalam tempat tempat umum yang ramai dan mudah dijangkau oleh masyarakat. Jam kerjanya dari Senin sampai Jumat dari pukul 8 pagi hingga pukul 2 siang, sedangkan Sabtu dari pukul 8 pagi hingga 11 siang.

BIAYA MEMPERPANJANG SIM

Untuk biaya perpanjangan SIM yang saat ini berlaku disesuaikan dengan golongan SIMnya, yaitu :

  1. SIM A sebear 80.000
  2. SIM B1 sebesar 80.000
  3. SIM B2 sebesar 80.000
  4. SIM C sebesar 75.000
  5. SIM C1 sebesar 75.000
  6. SIM C2 sebesar 75.000
  7. SIM D sebesar 30.000
  8. SIM D1 sebesar 30.000, dan
  9. SIM Internasional sebesar Rp 225.000

Ditambah dengan biaya asuransi sebesar 30.000 per golongan SIM.

SYARAT DAN PROSEDUR PERPANJANGAN SIM

Terdapat beberapa macam dokumen yang harus anda siapkan dalam memperpanjang SIM yaitu E-KTP asli berikut fotocopynya serta SIM LAMA asli. Setelah berkas tersebut disiapkan, maka prosedur yang harus anda lalui adalah :

  1. Melakukan pemeriksaan kesehatan. Prosedur ini harus anda lakukan pada dokter atau layanan kesehatan yang ditunjuk oleh pihak Polri. Sehingga anda tidak dapat sembarang melakukan pemeriksaan kesehatan. Kesehatan yang diperiksa meliputi tekanan darah, tes mata, dan tes buta warna.
  2. Melakukan pembayaran atas biaya perpanjangan SIM sesuai dengan golongan dan premi asuransi yang dibebankan pada loket khusus. setelah itu anda akan diberikan kwitansi pembayaran.
  3. Mengisi formulir pendaftaran setelah menyerahkan bukti pembayaran. Formulir tersebut harus anda isi dengan data yang benar meliputi nama lengkap, alamat, nomor SIM dan data pendukung lainnya.
  4. Menyerahkan formulir pendaftaran tersebut kepada petugas berikut E-KTP Asli dan fotocopy, Surat Keterangan Sehat Jasmani dari hasil pemeriksaan diawal tadi, serta SIM asli yang akan diperpanjang.
  5. Setelah itu anda akan menunggu untuk pengambilan sidik jari, pengambilan foto, dan tanda tangan pada sebuah ruangan oleh petugas kepolisian.
  6. Langkah terakhir, anda tinggal menunggu SIM jadi dengan cara dipanggil di hari yang sama dan tidak memakan waktu yang begitu lama.

Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: