6 Proses dalam Perencanaan Strategi Produk

Strategi Produk – Pada kesempatan yang kali ini kita akan membahas tema tentang bagaimana perencanaan strategi produk. Sebelum masuk dalam pembahasan, kita flashback sebentar dalam artikel yang sebelumnya kita pernah membahas tentang mengelola permintaan (baca : mengelola permintaan) serta mengelola penawaran (baca : mengelola penawaran).

Dalam kedua artikel tersebut kita sudah memberikan trik untuk dapat mengelola keduanya, setelah kita dapat mengelola keduanya maka kita harus dapat melakukan perencanaan yang matang terhadap strategi pemasaran produk ini.

Ini juga kan berpengaruh terhadap respon dari konsumen serta kesuksessan produk dalam mengarungi persaingan yang begitu ketat ini. Adapun langkah dari perencanaan strateti produk adalah sebagai berikut :

1.Analisa Situasi

Dalam hal ini analisa situasi dilakukan pada lingkungan internal maupun lingkungan eksternal. Adapun hal-hal yang perlu kita pertimbangkan dalam hal ini seperti, apakah perusahaan mampu memanfaatkan peluang yang ada, yang mana peluang tersebut telah ditawarkan oleh lingkungan eksternalnya melalui sumber daya yang dimiliki, seberapa besar permintaan terhadap produk tertentu, serta seberapa besar perusahaan mampu untuk dapat melayani permintaan tersebut.

Mengelola Penawwaran

Skema sederhana dalam menentukan projek manajemen (image : google)

2.Penentuan Tujuan Produk

Pada umumnya suatu produk dalam perusahaan selain mempunyai tujuan untuk dapat memenuhi suatu kebutuhan dari konsumen, suatu produk dalam perusahaan juga dimaksudkan agar dapat memenuhi ataupun mencapai tujuan dari perusahaan.

Baca Juga : Strategi Pemasaran untuk Produk Baru

Dengan begitu produk mempunyai 2 tujuan yaitu internal (tujuan perusahaan) serta tujuan eksternal (untuk mememenuhi kebutuhan konsumen). Dengan begitu, perusahaan dapat mempertimbangkan apakah suatu produk yang telah dihasilkan akan memberikan kontribusi yang besar terhadap pencapaian dari tujuan perusahaan.

3.Penentuan Sasaran Pasar / Produk

Pada umumnya suatu perusahaan kan berusaha agar dara dapat melayani pasar (konsumen) secara keseluruhan maupun melakukan segmentasi. Dengan menentukan sasaran pasar maka perusahaan akan berusaha untuk lebih fokus terhadap suatu segmen pasar saja.

Dengan harapan konsumen akan puas dengan produk yang telah dihasilkan perusahaan, serta perusahaan akan mampu untuk menguasai segmen pasar tersebut.

Dengan demikian, perusahaan mempunyai alternatif yang dapat mereka pilih seperti produk yang standar, costomized product, ataupun produk yang standar yang mana telah dimodifikasi.

4.Penentuan Anggaran

Langkah yang selanjutnya yang akan ditempuh oleh perusahaan adalah penyusunan anggaran. Penyusunan anggaran ini sangatlah penting dilakukan, agar suatu perusahaan tidak terlalu banyak pengeluaran sehingga harus mempertimbangkan sumber daya yang dimiliki.

Begitu pentingnya penyusunan anggaran ini, sehingga itu kan bermanfaat bagi sebuah perusahaan sebagai alat perencanaan, koordinasi, sekaligus sebagai alat pengendalian.

5.Penetapan Strategi Produk

Didalam tahap yang ini, alternatif-alternatif yang tersedia untuk strategi produk akan dianalisis serta akan dinilai keunggulannya dan juga kelemahan yang ada. Yang mana kemudian akan dipilih yang paling baik serta yang paling layak untuk diterapkan pada kemudian hari.

Strategi produk ini sangatlah penting digunakan untuk kesuksesan produk yang diproduksi oleh perusahaan.

6.Evaluasi Pelaksanaan Strategi

Untuk proses yang terakhir ini adalah evaluasi pelaksanaan strategi, yang dimaksud dengan evaluasi pelaksanaan strategi adalah penilaian terhadap pelaksanaan rencana yang telah disusun.

Ini amatlah penting dilakukan karena menyangkut dengan keberlangsungan dari perusahaan itu sendiri. Mengapa demikian?

Bila strategi yang diterapkan mengalami ketidakcocokan sehingga mengakibatkan kerugian bagi perusahaan, yang mana kerugian itu terjadi terus menerus serta tidak adanya evaluasi strategi ini maka kan membuat perusahaan menjadi bangkrut.

Demikianlah penjabaran tentang proses pelaksanaan perencanaan strategi produk. Kesuksesan itu semua juga tergantung pada Anda diri sendiri dalam pelaksanaannya. Terkadang kita sudah menyusun strategi yang begitu hebat dan matang akan tetapi dalam pelaksanaanya belum tentu akan sukses.

Dikutip dari berbagai sumber

Cari Artikel di Sini



Leave a Reply

*

%d bloggers like this: