Cara Membuat Tim Menjadi lebih Solid dan Kuat

Percayalah-tim-mu

Cara Membangun Kepercayaan Tim– Kepercayaan merupakan hal utama, terutama apabila kita bekerja dalam sebuah tim. Apabila kita sudah tak aling percaya niscaya tim Anda akan hancur dan juga pekerjaan yang tim anda kerjakan. Kepercayaan akan membuat tim anda menjadi solid serta kompak dalam melakukan pekerjaan.

Untuk lebih jelasnya lagi tentang kepercayaan dalam tim maka simaklah penjelasan yang berikut ini. Karena ini penting bagi anda yang bekerja dalam sebuah tim.

Terkadang pada saat kita memberdayakan orang, kita perlu untuk duduk dan juga menikmati kedamaian ruang kerja anda. Anda juga dapat sedikit menikmati cemilan, orang lain lah yang akan melakukan pekerjaan, bukanlah anda. Itu hebat bukan? Tetapi cobalah untuk mempertahankannya.

Baca Juga : Pengertian Bank dan Jenis-Jenisnya

Pada saat kita ingin memperdayakan sebuah tim, dan pada saat itu juga tim tersebut ingin Anda menyelesaikan sebuah masalah. Maka temukanlah cara agar mereka sendiri yang memecahkan masalah tersebut. Saya pernah mendengar ada seorang manajer yang melemparkan uang, setiap kali timnya meminta ia untuk memecahkan masalah dari tim tersebut.

Dengan begitu tim tersebut akan termotivasi untuk dapat memutuskan masalah sendiri, karena mereka tidak akan mau diatur oleh sekeping mata uang. Dengan begitu mereka akan berusaha sendiri tanpa harus mengandalkan manajernya setiap kali mendapat masalah yang sulit.

Itu semua dilakukan oleh manajer mereka, karena manajer mereka percaya bahwa timnya dapat menyelesaikan masalahnya sendiri tanpa bantuannya. Ataupun ada pelatih yang menggunakan cermin sebagai suatu metafora.

Kepercayaan

salah satu bentuk pentingnya kepercayaan (image : google)

Sebagai seorang manajer yang baik anda harus dapat menjadi cermin bagi tim anda. Apabila tim anda memerlukan bantuan pada anda agar dapat mendapat panduan / bantuan, maka anda harus menjadi cermin yang dapat membimbing dan membantu mereka agar dapat menemukan sendiri panduan itu.

Baca Juga : Cara Mudah Mendapatkan Uang dari Internet

Dan apabila ada seorang anggota tim yang menemui anda serta meminta anda agar melakukan sesuatu yang telah anda berikan kepada orang lain, maka beri penjelasan bahwa itu semua sudah menjadi pekerjaan orang lain. Berikan penjelasan kepadanya bahwa kepercayaan merupakan hal yang penting untuk menjadi suatu hubungan yang sedang mengalami perubahan.

Apabila terdapat karyawan A yang mempercayai manajer B untuk membuat sebuah keputusan, serta manajer tersebut telah mempercayai karyawan C yang mana telah di berdayakan untuk membuat semua keputusan, maka dengan kesepakatan, karyawan A seharusnya juga mempercayai karyawan C.

Dan janganlah pernah untuk mengkhianati kepercayaan dari anda dalam diri karyawan C dengan membuat keputusan untuk karyawan A, dan tentu saja tidak dari balik punggungnya!

Dan pada akhirnya, pada saat tidak ada orang yang berjalan ke ruangan anda, janganlah anda mengecam mereka karena mereka tidak berkonsultasi terlebih dahulu kepada anda tentang keputusan yang mereka buat, sekalipun mereka berubah menjadi menyedihkan.

Baca Juga : Pengguna Instagram? Ini dia Limit/Batasan di Instagram

Dan bila anda ingin diajak untuk konsultasi, maka harusnya anda membicarakannya dengan jelas harapan tersebut. Tentu saja, apabila nada telah berbicara permintaan tersebut, dan tim anda tidak menjalaninya, mereka mungkin telah kehilangan kepercayaan, hal itu harusnya perlu perlu perbaikan.

Nah yang seharusnya manajer lakukan adalah memberi kepercayaan kepada tim nya, bahwa timnya dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik. Itu saja yang dapat kami jelaskan kepada anda tentang percayai tim anda. Semoga anda juga percaya terhadap tim anda, karena mereka adalah pilihan anda yang terbaik. Terima kasih telah membaca artikel kami, sampai jumpa pada artikel lainnya.

Cari Artikel di Sini


Cara Membuat Tim Menjadi lebih Solid dan Kuat | Admin | 4.5
%d bloggers like this: