WordPress vs Blogger, Mana yang Lebih Baik?

Ini adalah kelanjutan dari artikel berseri tentang tutorial wordpress yang saya publish di rocket manajemen. Sebelumnya saya telah membahas tentang pengertian wordpress beserta kelebihannya (klik disini).

Nah, sekarang di artikel ini saya ingin membahas perbandingan antara wordpress dengan blogger.

Yaps, 2 CMS ini memang yang paling populer dikalangan programmer ataupun para blogger. Ada jutaan website yang menggunakan CMS ini, jadi mungkin banyak orang yang bingung mana yang lebih baik dari keduanya?

Sebelum saya membahas lebih lanjut, perlu diketahui bahwa wordpress itu sebenarnya ada 2. Yaitu wordpress hosted dan wordpress self host. Apa bedanya?

WordPress Hosted itu sama seperti blogger, yaitu platform untuk membuat sebuah blog. Sedangkan untuk mendaftarnya di wordpress.com. WordPress hosted ini gratis alias tidak dipungut biaya apapun.

Sedangkan versi kedua adalah wordpress self host, bedanya apa dengan wordpress gratisan? Nah, kalau yang gratisan tadi kita menumpang domain dan hosting di pengembang wordpress. Sedangkan wordpress self host kita menginstall wordpress di hosting kita sendiri.

Masih bingung? Lihat illustrasi dibawah ini:

Perbandingan Hosted dan Self Host

Illustrasi WordPress Hosted dan Self Hosted (Gambar : Panduanim.com)

Nah, sudah paham? Jadi, kalau wordpress self host diibaratkan kita punya rumah sendiri. Jadi, kita bebas mau ngapain dirumah kita. Mau diapain rumah kita itu terserah kita, karena itu milik kita bukan numpang milik orang lain.

Kalau wordpress hoted ibarat kita numpang di rumah susun. Walaupun gratis tapi kita tidak sebebas jika kita punya rumah sendiri, kita pasti dibatasi oleh banyak aturan-aturan dari sepemilik rumah susun tersebut. Dan kita sebagai pengguna ya wajib mematuhi, kalau tidak kita harus siap-siap menerima konsekuensi.

Sudah paham ya untuk perbedaan wordpress self host dengan hosted? Karena dalam artikel ini kita akan membandingan antara wordpress host, selfhost dan blogger. Mari kita bahas dengan detail satu persatu ya..

1. Mana yang paling populer? WordPress atau Blogger?

Kalau kita ingin membeli sebuah barang tentu popularitas barang terutama merk itu menjadi pertimbangan utama bukan? Kalau mau beli handphone misal ya iPhone, Samsung, LG adalah pilihan utama karena merekalah yang paling populer. Kalau ingin beli motor ya Honda, Yamaha atau Suzuki, karena merekalah pemain utama di industri motor.

Sama juga dengan pemilihan CMS, tak salah kalau kita memilih yang paling populer. Karena, semakin populer dan semakin banyak penggunanya maka bisa dijadikan indikasi bahwa CMS tersebut memang berkualitas. Logika saja, masak iya CMS itu tak berkualitas tapi penggunanya banyak? Gak mungkin kan?

Berikut data statistik tentang pengguna wordpress dan blogger, yang saya ambil dari trend build with.

Statistik WordPress dan Blogger

WordPress adalah CMS paling populer di dunia

Itu adalah data yang mereka dapat, tentu saja database mereka tidak bisa mengkover semua website di seluruh jagat internet. Karena ada jutaan bahkan miliaran website di internet. Tapi, paling tidak kita sudah dapat gambaran dari data diatas.

Menurut data diatas nomor 1 adalah wordpress, nomor 2 adalah drupal dan ketiga adalah blogger. Drupal memang tidak saya bahas disini, karena tidak terlalu familiar di Indonesia.

WordPress diatas adalah gabungan dari wordpress self host dan wordpress hosted.

Kesimpulan : Wordpress lebih populer dan lebih banyak pengguna dibanding blogger.

2. Lebih mudah mana buat web dengan wordpress atau blogger?

Dari segi kemudahan dalam instalasi wordpress.com dan blogger.com seimbang. Karena kita tinggal mengikuti instruksi dari penyedia jasanya yaitu blogger dan wordpress saja.

Langkah umumnya ya kita tinggal registrasi kemudian create blog, dan dalam hitungan menit blog kita sudah jadi.

Mudah Membuat Blog di WordPress.com

Mudah Membuat Blog di WordPress.com

Kalau wordpress self host sedikit lebih rumit, karena kita harus menginstall domain dan hosting sendiri. Kemudian kita juga masih menginstall wordpress itu sendiri.

Jujur, untuk pemula memang sedikit lebih rumit. Tapi, kalau dicoba sekali pasti bisa, dulu saya awalnya juga gitu. Males pakai wordpress self host, karena saya lebih suka pakai blogger. Tapi, setelah mencoba wordpress self host saya jadi sudah jatuh cinta menggunakannya.

Kesimpulan : WordPress self host lebih rumit diawal dibanding dengan wordpress hosted dan blogger

3. Biaya yang harus dikeluarkan, mahalan mana wordpress atau blogger?

Jujur, dulu saya lebih suka blogger mengapa? Ya karena gratisan, selain itu blogger adalah CMS gratis terbaik saat ini. Tidak ada CMS gratis yang lebih baik daripada blogger.

Apalagi jika kita paham koding, minimal HTML dan CSS maka kita bisa menyulap tampilan blog blogger menjadi layaknya website professional. Berbeda dengan wordpress self host, mereka memang gratis tapi kita benar-benar tidak bisa mengotak-atik.

Template, fitur, dan lainnya sudah ditentukan oleh wordpress.com. Kita tidak bisa mengedit html atau CSS, jadi kalau templatenya kayak gitu ya udah kayak gitu aja. Jadi, blogger lebih baik untuk CMS gratisan.

Tapi, kita bisa mengupgrade fitur wordpress.com dari gratisan ke berbayar, berikut paket harganya :

Paket Harga di WordPress.com

Paket harga jika ingin upgrade dari wordpres.com gratisan, cek : https://wordpress.com/pricing/

Lantas bagaimana dengan wordpress.org ? Seperti yang saya jelaskan diatas tadi, wordpress self host mewajibkan kita untuk menyewa domain dan hosting sendiri. Ya ibarat kita membangun rumah, maka kita harus beli tanah, dll.

Kesimpulan : WordPress.org berbayar, wordpress hosted dan blogger gratis (bayar jika ingin fitur lebih).

4. Mana yang lebih mudah digunakan wordpress atau blogger?

Dari segi user friendly sebetulnya keduanya sama-sama enak digunakan, karena pengembang kedua CMS tersebut tentunya bukan orang sembarangan.

Kalau saya pribadi karena sudah pindah ke wordpress maka lebih suka menggunakan wordpress daripada blogger. Karena, tampilan dashboard bisa kita modifikasi sesuai dengan selera. Berbeda dengan blogger, tampilannya ya sudah seperti itu dari sananya tidak bisa diubah-ubah.

Tampilan Admin Blogger

Tampilan Admin Blogger

Sekilas memang agak membingungkan bagi para pemula, tapi kalau sudah menggunakannya lama maka akan terbiasa.

Baca Cara Install WordPress lewat CPanel Hosting

Saya sendiri belajar menggunakan blogger sejak tahun 2008an, sekarang sudah 2016 sudah 8 tahun. Dan memang ada banyak sekali perubahan-perubahan yang dilakukan blogger, dari segi tampilan dan fitur jauh lebih baik dibanding 8 tahun yang lalu.

Tampilan Admin WordPress

Tampilan Admin WordPress

Secara garis besar tak ada bedanya bukan dengan blogger? Letak navigasinya juga sama saja di kiri, cuma beda tampilan warna dan desain saja.

Kesimpulan : ketiganya sama-sama mudah digunakan, soal tampilan dashboard ini lebih ke selera personal saja.

5. Wordpress dengan Blogger tampilan web mana yang lebih bagus?

Kalau bicara soal tampilan web (front end) tentu saya akan memilih wordpress self host alias wordpress.com.

Mengapa? Ya di ibaratkan rumah tadi, kita diberi kebebasan se bebas-bebasnya untuk mengelola dan memodifikasi tampilan web kita. Kita bisa membuat toko online, portal berita, forum, bahkan sosial media dengan menggunakan wordpress self host. Hebat bukan?

Apalagi jika Anda mengerti koding seperti php, html dan css maka Anda akan lebih leluasa lagi dalam memodifikasi tampilan wordpress tersebut.

Lalu blogger di peringkat kedua, seperti yang saya bilang tadi. Sebelum menggunakan wordpress self host blogger adalah favorit saya. Karena kita juga bisa membuat web yang pro dengan blogger.

Banyak template-template yang bisa membuat blogger menjadi toko online, portal berita, galeri foto, dll. Meskipun begitu, tetap wordpress self host lebih leluasa untuk di kustom.

Terkahir adalah wordpress hosted, ini yang paling susah untuk dimodifikasi. Tampilannya kalau sudah itu ya itu saja, tidak bisa dimodifikasi sesuai dengan selera kita. Kalau ingin memodifikasi harus upgrade ke versi yang berbayar.

Kesimpulan : wordpress self host paling fleksibel, blogger terbaik untuk gratisan, dan terakhir wordpress hosted.

6. Fitur mana yang lebih lengkap? WordPress atau Blogger?

Berbicara soal fitur tidak bisa dilepaskan dengan tampilan tadi, bisa dibilang wordpress self host adalah yang terbaik soal fitur.

Mengapa saya berani bilang begitu? Karena ada ribuan bahkan ratusan ribu plugin yang dapat meningkatkan performa web kita. Mau buat formulir? Banyak pluginnya, mau buat slider? Banyak pluginnya. Tinggal klik install, dan setting selesai deh.

Berbeda dengan blogger, kalau ingin tampilannya keren kita wajib mengenal koding yaitu XML, HTML, Javascript, CSS. Kalau tidak mengerti itu mustahil bisa memaksimalkan tampilan blogger.

Baca : 28 Peluang Bisnis Rumahan Modal Kecil dan Tips Sukses Bisnis

Di posisi buncit adalah wordpress hosted, yang hosted ini benar-benar diperuntukkan untuk blogger sejati. Artinya ya personal blogger tidak untuk aneh-aneh. Jadi wajar jika fiturnya terbatas, cocok untuk blogger yang tak mau ribet.

Kesimpulan : fitur wordpress self host paling lengkap dan terbaik, disusul blogger dan terakhir wordpress.com

7. Kesimpulannya, bagus mana wordpress atau blogger?

Kalau ditarik kesimpulan, wordpress selfhost adalah yang paling bagus. Karena kita tak diikat oleh aturan-aturan yang seabrek dari penyedia layanan blogger.

Tidak seperti wordpress hosted dan blogger gratisan, mereka menerapkan banyak aturan. Jika kita melanggar maka blog kita akan dihapus secara sepihak.

Bayangkan kalau blog kita banyak post, banyak visitor dan tiba-tiba dihapus sepihak? Dan kita tidak bisa mengembalikan konten blog tersebut. Pasti nyesek sekali bukan?

Nah, jadi untuk para pemula yang tidak ada modal maka blogger adalah pilihan terbaik. Sedangkan bagi yang sudah punya modal wordpress self host adalah pilihan terbaik.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: