Peran dari Akuntansi dalam Berbagai Bidang

Peran Akuntansi Akuntansi terkadang disebut “bahasa bisnis.” Mengapa? Karena berkomunikasi begitu banyak informasi yang pemilik, manajer, dan investor perlu mengevaluasi kinerja keuangan perusahaan.

Orang-orang ini adalah semua pemangku kepentingan dalam bisnis-mereka yang tertarik dalam kegiatannya karena mereka terpengaruh oleh mereka. Bahkan, tujuan akuntansi adalah untuk membantu para pemangku kepentingan membuat keputusan bisnis yang lebih baik dengan menyediakan informasi keuangan.

Jelas, Anda tidak akan mencoba untuk menjalankan sebuah organisasi atau membuat keputusan investasi tanpa informasi keuangan yang akurat dan tepat waktu, dan itu adalah akuntan yang menyiapkan informasi ini.

Lebih penting lagi, akuntan memastikan bahwa pemangku kepentingan memahami makna dari informasi keuangan, dan mereka bekerja dengan baik individu dan organisasi untuk membantu mereka menggunakan informasi keuangan untuk menangani masalah bisnis.

Artikel Terkait: Tips Lengkap Manajemen Bisnis

Sebenarnya, mengumpulkan semua angka adalah bagian yang sangat mudah, yang harus Anda lakukan adalah memulai software akuntansi Anda. Bagian yang sulit adalah menganalisis, menafsirkan, dan mengkomunikasikan informasi.

Tentu saja, Anda juga harus menyajikan segala sesuatu dengan jelas sementara efektif berinteraksi dengan orang-orang dari setiap disiplin bisnis. Dalam kasus apapun, kami sekarang siap untuk mendefinisikan akuntansi sebagai proses pengukuran dan meringkas kegiatan usaha, menafsirkan informasi keuangan, dan mengkomunikasikan hasilnya kepada manajemen dan pengambil keputusan lainnya.

Bidang Akuntansi dan Berbagai Perannya

Akuntan biasanya bekerja di salah satu dari dua bidang utama. Manajemen akuntan menyediakan informasi dan analisis untuk pengambil keputusan dalam organisasi dalam rangka untuk membantu mereka menjalankannya. akuntan keuangan memberikan informasi kepada individu dan kelompok baik di dalam dan di luar organisasi untuk membantu mereka menilai kinerja keuangannya.

Dengan kata lain, akuntansi manajemen membantu Anda menjaga bisnis Anda berjalan sementara akuntansi keuangan memberitahu Anda seberapa baik Anda menjalankan itu.

Manajemen Akuntansi

Akuntansi manajemen memainkan peran kunci dalam membantu manajer melaksanakan tanggung jawab mereka. Karena informasi yang diberikannya dimaksudkan untuk digunakan oleh orang-orang yang melakukan berbagai macam pekerjaan, format pelaporan informasi fleksibel.

Artikel Terkait: Konsep Sederhana Manajemen Syariah dalam Islam

Laporan disesuaikan dengan kebutuhan manajer individu, dan tujuan dari laporan tersebut adalah untuk menyediakan relevan, akurat, tepat waktu dalam format yang akan membantu manajer dalam membuat keputusan.

Dalam mempersiapkan, menganalisis, dan mengkomunikasikan informasi tersebut, akuntan bekerja dengan individu dari semua bidang fungsional organisasi-sumber daya manusia, operasional, pemasaran, dan keuangan.

Akuntansi Keuangan

Akuntansi keuangan bertanggung jawab untuk mempersiapkan laporan-termasuk keuangan organisasi laporan laba rugi, laporan ekuitas pemilik, neraca, dan laporan arus-yang cash meringkas kinerja masa lalu perusahaan dan mengevaluasi kondisi keuangan saat ini.

Dalam penyusunan laporan keuangan, akuntan keuangan mematuhi seperangkat seragam aturan yang disebut prinsip akuntansi yang berlaku umum (GAAP) -yang prinsip-prinsip dasar untuk pelaporan keuangan yang dikeluarkan oleh lembaga independen yang disebut Dewan Standar Akuntansi Keuangan (FASB).

Pengguna ingin memastikan bahwa laporan keuangan disusun sesuai dengan GAAP karena mereka ingin memastikan bahwa informasi yang dilaporkan di dalamnya akurat. Mereka juga tahu bahwa mereka dapat membandingkan laporan yang diterbitkan oleh satu perusahaan dengan yang perusahaan lain di industri yang sama.

Artikel Terkait : Apa Fungsi Akuntansi Manajemen ?

Sementara perusahaan yang berkantor pusat di Amerika Serikat mengikuti berbasis AS GAAP, banyak perusahaan yang terletak di luar Amerika Serikat mengikuti seperangkat berbeda dari prinsip akuntansi yang disebut Standar Pelaporan Keuangan Internasional (IFRS).

Standar ini multinasional, yang dikeluarkan oleh Dewan Standar Akuntansi Internasional (IASB), berbeda dari AS GAAP dalam sejumlah cara yang penting. IFRS, misalnya, adalah sedikit ketat tentang cara Anda dapat menghitung biaya persediaan, tapi kami tidak akan diam tidak perlu pada pembedaan tersebut.

Ingatlah, bagaimanapun, bahwa menurut sebagian besar ahli, satu set standar di seluruh dunia akhirnya akan muncul untuk mengatur praktik akuntansi dari kedua AS dan non-AS. Perusahaan.

Siapa yang Menggunakan Informasi Akuntansi Keuangan?

Para pengguna informasi akuntansi manajerial yang cukup mudah untuk mengidentifikasi-dasarnya, mereka manajer perusahaan. Kita perlu melihat sedikit lebih dekat, namun, pada pengguna informasi akuntansi keuangan, dan kami juga perlu tahu lebih banyak tentang apa yang mereka lakukan dengan informasi yang akuntan menyediakan mereka.

Artikel Terkait : 11 Pengguna Informasi Akuntansi

Pemilik dan Manajer

Dalam meringkas hasil dari kegiatan keuangan perusahaan selama periode waktu tertentu, laporan keuangan, pada dasarnya, kartu laporan untuk pemilik dan manajer.

Mereka menunjukkan, misalnya, apakah perusahaan itu atau tidak membuat keuntungan dan memberikan informasi lain tentang kondisi keuangan perusahaan. Mereka juga memberikan informasi bahwa manajer dan pemilik dapat menggunakan untuk mengambil tindakan korektif.

Investor dan Kreditor

Jika Anda meminjamkan uang kepada teman untuk memulai bisnis, tidak akan Anda ingin tahu bagaimana bisnis lakukan? Investor dan kreditor memberikan uang yang perusahaan perlu untuk beroperasi, dan tidak mengherankan, mereka merasakan hal yang sama.

Karena mereka tahu bahwa tidak mungkin untuk membuat keputusan investasi dan pinjaman cerdas tanpa laporan yang akurat mengenai kesehatan keuangan organisasi, mereka mempelajari laporan keuangan untuk menilai kinerja perusahaan dan untuk membuat keputusan tentang investasi terus.

Menurut investor dunia yang paling sukses (dan ketiga terkaya individu), Warren Buffett, cara terbaik untuk mempersiapkan diri untuk menjadi seorang investor adalah untuk mempelajari semua akuntansi Anda bisa.

Artikel Terkait : Nasihat untuk Manajer “Cari Tujuan Bersama”

Buffett, ketua dan CEO dari Berkshire Hathaway, sebuah perusahaan yang berinvestasi di perusahaan lain, ternyata investasi awal sebesar $ 10.000 menjadi kekayaan bersih $ 35 miliar di empat dekade, dan dia melakukannya, sebagian besar, dengan memperhatikan secara dekat laporan akuntansi keuangan . John Price, “The Return of the Buffetteers,” Investor Journal, Agustus 1998

Agensi pemerintahan

Bisnis yang diperlukan untuk memberikan informasi keuangan kepada sejumlah instansi pemerintah. Publik yang dimiliki perusahaan, misalnya-yang yang sahamnya diperdagangkan pada saham bursa-harus memberikan laporan keuangan tahunan kepada Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC), sebuah agen federal yang mengatur perdagangan saham. Perusahaan juga harus memberikan informasi keuangan untuk lokal, negara, dan lembaga perpajakan federal, termasuk Internal Revenue Service.

Pengguna lain

Sejumlah pengguna eksternal lainnya memiliki kepentingan dalam laporan keuangan perusahaan. Pemasok, misalnya, perlu tahu apakah perusahaan yang mereka menjual barang-barang mereka mengalami kesulitan membayar tagihan atau bahkan mungkin beresiko akan di bawah. Karyawan dan serikat buruh tertarik karena gaji dan bentuk kompensasi lainnya tergantung pada kinerja majikan.

Manajemen dan Akuntansi Keuangan meringkas perbedaan utama antara pengguna dari manajemen dan akuntansi keuangan dan jenis informasi yang dikeluarkan oleh akuntan dalam dua wilayah. Didalam kedua wilayah ini akuntansi sangat berperan penting. Itulah tadi sedikit penjelansan tentang Peran dari Akuntansi semoga dapat bermanfaat bagi anda sekian dan terima kasih.

Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: