Cara Menemukan Inovasi dalam Hidup/Bisnis

Fungsi Pengetahuan – Kita refresh dulu sebelum masuk materi pengetahuan, menurut wikipedia pengetahuan merupakan Pengetahuan adalah informasi atau maklumat yang diketahui atau disadari oleh seseorang. Pengetahuan termasuk, tetapi tidak dibatasi pada deskripsi, hipotesis, konsep, teori, prinsip dan prosedur yang secara Probabilitas Bayesian adalah benar atau berguna.

Dan pada artikel yang sebelumnya kita telah membahas bagaimana pentingnya sebuah inovasi, bila lupa klik disini. Setelah kita itu pasti akan bertanya apa hubungan dari sebuah pengetahuan dengan inovasi. Untuk lebih jelasnya maka perhatikan penjelasan berikut.

Dalam hal ini terdapat hubungan yang kuat antara inovasi dengan karyawan yang mempunyai pengetahuan, ini merupakan pendapat dari Don Tapscot dan Anthony D. Williams.

Dalam jenis pekerjaan yang bergerak sebagai pembuat perangkat lunak seperti desainer, pengembang, arsitek dan lainnya sudah pasti karyawan tersebut mempunyai pengetahuan.

Istilah tersebut merupakan hasil dari pemikiran seorang pakar manajemen yang bernama Peter Drucker, yang menemukan cara agar dapat menekankan bahwa tugas utama dari kebanyakan karyawan adalah bekerja dengan informasi yang tersedia.

Dan banyak pakar bisnis yang mendukung pendapat tersebut, dan kemudian mendukung bahwa pengetahuan merupakan bahan bakar dari inovasi.

Dengan pengetahuan dapat membuat kita menyampaikan suatu aspek yang baru dari perangkat lunak kepada para pengguna, dan kita pasti akan berusaha agar dapat menyampaikan nilai bisnis kepada pelanggan kita. Oleh seba itu kita harus dapat mengubah yang namanya pengetahuan menjadi sebuah inovasi.

Dalam hal ini pengetahuan sendiri dibentuk dari input informasi yang telah berkelanjutan dari lingkungan dalam bentuk pendidikan dan juga pembelajaran, permintaan dan persyaratan, ukuran serta umpan balik, dan tidak lupa akumulasi dari sebuah pengalaman yang terus berkembang mengikuti zaman.

Dari penjelasan tersebut dapat di simpulkan bahwa tim perangkat lunak merupakan jenis sistem yang dimana menggunakan dan mengubah sebuah informasi serta mengubahnya untuk menghasilkan inovasi.

Seorang ahli neurosains telah mengetahui bahwa pengetahuan tidaklah tersimpan secara individu didalam otak manusia. Hal ini juga sama dengan hasil penelitian oleh Rob Cross dan Andrew Parker, mereka berpendapat bahwa keahlian dari seseorang bukanlah indikator yang terpenting dari kinerja mereka.

Banyaknya pengetahuan yang digunakan untuk membangun sebuah proyek merupakan pengetahuan implisit, orang-orang dalam sebuah perusahaan hendaknya perlu membaginya melalui “komunikasi osmosis” dan bekerja sama. Oleh sebab itu kita perlu tim yang perangkat lunak yang mempunyai keinginan berbagi dan dapat bekerja sama.

Dalam pengembangan perangkat lunak yang mengubah sebuah informasi menjadi inovasi, yang cocok dengan 22 fakta dari seorang Robert Glass dalam Facts and Fallacies of Software Engineering :

Orang yang bekerja dalam bidang perangkat lunak ini terdiri dari 80% nya adalah hal yang rasional. Rata-ratanya yang bersifat kreatif, sedikit diantaranya yang bersifat administrastif. Pencipta dari perangkat lunak merupakan pemecah dari masalah tersebut. Glass melakukan pengukuran bahwa analisis sistem tersbut membutuhkan 80% waktu mereka.

Bidang lain yang diteliti oleh Glass juga menunjukkan hal sama, yaitu 16 persen dari tugas intelektual adalah kreatif, ini mengidentifkasikan bahwa kreativitas mempunyai peranan yang amat penting untuk mengubah pengetahuan menjadi sebuah inovasi

Demikian artikel yang berjudul hubungan antara pengetahuan dengan inovasi, semoga dapat bermanfaat bagi anda semu. Terima kasih telah membaca artikel kami, sampai jumpa pada artikel yang selanjutnya.

Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: