Pengertian dan Macam-Macam Zakat

Sebagai seorang muslim pasti tahu bahwa sebagian harta miliknya adalah hak orang lain. Nah salah satu cara untuk menyalurkan atau memberikan harta tersebut dengan zakat. Zakat ini juga termasuk juga kedalam rukun Islam, yakni yang keempat. Untuk mengetahui arti ,macam-macam, yang berhak menerima zakat ini silahkan perhatikan penjelasan berikut ini.

Pengertian Zakat

Zakat adalah sejumlah harta yang wajib dikeluarkan oleh seorang muslim yang diberikan kepada golongan yang berhak. Zakat ini juga telah diatur oleh Al-Quran dan Hadist. Dan seperti yang sudah dijelaskan tadi zakat ini termasuk kedalam rukun Islam yang keempat.

Macam-Macam Zakat

Zakat ini dibagi menjadi dua macam, yakni zakat fitrah dan juga zakat maal. Pertama kita bahas zakat fitrah, zakat fitrah adalah zakat yang wajib dikeluarkan oleh seorang muslim menjelang Hari Raya Idul Fitri ataupun pada saat bulan Ramadhan. Untuk zakat fitrah ini sudah ditentukan jumlahnya yakni 3,5 liter atau 2,5 kg makanan pokok di daerah masing-masing. Tujuan dari zakat fitrah ini adalah untuk membersihkan jiwa seorang muslim.

Sedangkan zakat maal (harta) adalah zakat yang dikeluarkan untuk harta yang kita miliki. Contohnya emas, hasil pertanian, hasil ternak, pertambangan, dan masih banyak lagi dan untuk setiap jenis harta mempunyai perhitungannya masing-masing.

Orang yang Berhak Menerima Zakat

Menurut kaidah Islam ada beberapa golongan yang berhak menerima zakat ini. Berikut delapan golongan yang berhak menerima zakat :

  1. Fakir, merupakan golongan orang yang hampir tak mempunyai apapun sehingga tak dapat memenuhi kebutuhannya.
  2. Miskin, merupakan golongan orang yang mempunyai sedikit harta akan tetapi tidak mampu untuk mencukupi kebutuhan dasar hidupnya.
  3. Amil, merupakan orang yang mengumpulkan dan membagikan zakat
  4. Mu’allaf, adalah orang yang baru masuk atau beru memeluk aga Islam.
  5. Hamba Sahaya, adalah orang yang mempunyai kehendak untuk memerdekakan diri.
  6. Gharimin, adalah orang yang mempunyai hutang untuk memenuhi segala kebutuhannya tapi tak sanggup untuk membayarnya, namun disini kebutuhannya adalah yang halal.
  7. Fisabilillah, adalah orang yang berjuang di jalan Allah.
  8. Ibnu Sabil, merupakan golongan orang yang dalam perjalanan namun kehabisan bekal (biaya).

Hikmah Menjalankan Zakat

Dari penjelasan tadi maka zakat ini mempunyai manfaat yang luar biasa bagi kita bahkan orang lain. Selain kita akan mendapatkan imbalan dari segala hal yang kita lakukan, disisi lain kita juga sangat membantu orang lain. Baik itu dari segi ekonomi maupun yang lain.

Dan bahkan bisa menghilangkan rasa dengki dan iri hati dari penerima zakat akibat hidupnya yang kekurangan ketika melihat orang-orang yang mempunyai harta berlebih.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: