Apa itu WordPress? CMS Terbaik di Dunia!

Pengertian WordPress – Apa sih wordpress itu? Mungkin banyak diantara kita yang tak tahu apa itu wordpress, tapi kalau Anda sudah terbiasa dengan dunia blogging maka istilah yang satu ini sudah tak asing lagi. Karena wordpress ini bersasing ketat dengan blogger.

Nah sebelum kita membahas wordpress lebih lanjut, kita harus tahu dulu “induknya” wordpress yaitu CMS. Apa sih CMS itu?

CMS adalah singkatan dari Content Management System, artinya sebuah sistem yang berfungsi untuk memanajemen konten (isi) dari sebuah website.

WordPress itu termasuk CMS, tapi CMS belum tentu wordpress. Sudah paham? Jadi WordPress adalah sebuah platform / alat / sistem yang berfungsi untuk memanajemen konten website.

WordPress ini dijadikan pilihan nomor satu bagi para mayoritas blogger diseluruh dunia. Mengapa demikian? Alasan utamanya karena wordpress itu gratis! Ya 100% gratis.

Kalau gratis mengapa kita harus bayar domain dan hosting?

Nah ini yang sering salah kaprah dikalangan para blogger pemula. Domain dan hosting itu bukanlah CMS. Ibarat seperti ini, Anda punya file ebook, ebook itu gratis untuk Anda baca, disebarkan atau digunakan dalam bentuk apapun. Tapi, kalau ebook itu dicetak jadi buku ya kita harus membayar percetakannya bukan?

Baca Juga : 28 Peluang Bisnis Rumahan Modal Kecil & Tips Sukses Bisnis

Analogika yang lebih jelas lagi seperti ini. Jika diibaratkan website itu sebuah pabrik, maka domain itu alamatnya. Misalkan Jalan Internet Marketing nomor 28. Kemudian Hosting diibaratkan sebagai gedung pabriknya. Nah, kita ada 2 pilihan mau buat hosting sendiri atau menyewa. Ya ibarat kita mau sewa gedung pabrik atau mbangun sendiri.

Sedangkan domain itu kita memang wajib membeli dari penyedia jaringan tersebut, yang berpusat di Amerika sana. Semua penjual domain di seluruh dunia adalah reseller dari penyedia domain itu sendiri. Karena membuat hosting dan domain sendiri itu mahal makannya kita lebih baik sewa saja.

Tadi kan sudah jelas, domain adalah alamat pabrik, hosting adalah gedung pabriknya. Nah, sedangkan wordpress itu perlengkapan pabriknya seperti mesin, dll. Dan hebatnya mesin wordpress itu gratis! Kita hanya perlu membayar sewa domain dan hosting dimanapun! Jadi, domain dan hosting itu sudah berbeda dengan perusahaan pengembang wordpress.

Kita tidak membayar domain dan hosting di pengembang wordpress, tapi kita bebas membeli dimanapun. (baca : panduan lengkap membeli domain dan hosting)

Saya kira sudah mengerti ya apa itu wordpress dan analogikanya? Selain gratis tentu saja ada banyak sekali faktor yang membuat  wordpress menjadi pilihan nomor 1 para blogger.

WordPress sendiri sudah digunakan oleh 60 juta website di dunia! Ini sungguh angka yang fantastik bukan? Jadi, tak perlu meragukan lagi kualitas mesin wordpress ini. Dan ini beberapa contoh website besar yang menggunakan wordpress :

Situs yang Menggunakan WordPress

Situs-situs besar juga menggunakan wordpress, cek : https://en.wordpress.com/notable-users/

Jadi sudah tak perlu meragukan lagi bukan kualitas CMS yang satu ini? Karena jumlah website yang menggunakan ada jutaan, maka wordpress ini akan selalu up to date. Jadi, kita tak perlu khawatir kalau mesin CMS kita akan usang. Karena wordpress ini sudah di backup oleh banyak sekali pengembang, dan semakin lama tentu fitur dan keamanan wordpress meningkat.

Lalu, bagaimana dengan wordpress di Indonesia?

Kalau sekala global wordpress memang sangat populer, tapi bagaimana dengan Indonesia? Di Indonesiapun wordpress juga populer, terutama di kalangan blogger dan pengembang web. Bahkan, wordpress bahasa Indonesia sendiri ada di posisi nomor 3, lihat gambar berikut :

Pengguna WordPress di Indonesia

Bahasa Indonesia hanya kalah dari bahasa inggris (internasional) dan spanyol, lengkapnya : https://wordpress.com/activity/

Sudah mantap kan mengapa Anda harus memilih wordpress sebagai platform CMS utama Anda? Biar lebih yakin lagi berikut beberapa kelebihan wordpress dibanding yang lain :

  1. Yang jelas wordpress gratis, untuk keperluan personal ataupun komersial.
  2. Kita bebas mengkustom menjadi website seperti apapun yang kita mau, mulai dari portal website, toko online, bahkan sosial media!
  3. Dengan wordpress kita bisa membuat website dalam 5 MENIT! Kalau sudah mahir 1 menitpun bisa, karena tinggal klik instalasi.
  4. Ada banyak sekali theme dan plugin yang tersedia baik gratis ataupun berbayar.
  5. Update rutin dari ribuan bahkan jutaan programmer di seluruh dunia, jadi untuk fitur dan sistem keamanan selalu terjaga.
  6. Karena pengguna wordpress jutaan orang, maka mencari referensi belajarnyapun sangat mudah. Serta dukungan komunitas wordpress yang sangat memudahkan kita saat mengalami kesulitan seputar wordpress.

Tentu saja ada lebih banyak alasan lagi yang membuat Anda lebih baik memilih wordpress dibanding CMS yang lain, tapi tidak saya tulis semuanya. Kurang lebih seperti 6 kelebihan wordpress diatas.

Baca Juga : 44 Peluang Bisnis Online yang Menjanjikan dengan Modal Dengkul!

Kelebihan-kelebihan inilah yang membuat wordpress bertahan selama 13 tahun dari tahun 2003 hingga sekarang. Dengan client yang sangat beragam, dari level bawah hingga level perusahaan-perusahaan besar.

Itulah sekilas tentang wordpress, pada tutorial selanjutnya akan saya bahas lebih detail lagi tentang hal-hal teknis wordpress. Jadi tetap setia ya di artikel berseri ini.

Terimakasih…


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: