Pengertian Stakeholder dalam Perusahaan dan Hubungannya

Stakeholder, pernahkah anda mendengar istilah ini? mungkin bagi orang orang yang bekerja pada sebuah perusahaan ataupun pemerintahan akan sering mendengar istilah ini dalam kegiatan sehari hari. akan tetapi, bagi orang awam tentu saja istilah ini bisa menjadi tanda tanya besar yang memerlukan jawaban.

Meskipun istilah stakeholder saat ini sudah banyak digunakan dan dikenal oleh masyarakat, namun nyatanya masih ada saja orang yang belum paham serta belum mengetahui arti dari kata ini. istilah ini biasanya digunakan oleh beberapa pihak yang berkaitan dengan adanya disiplin ilmu tertentu seperti halnya ilmu informasi dan komunikasi, ilmu bisnis, pengolahan sumber daya, dan lain sebagainya.

Banyak sekali lembaga lembaga publik yang ada di Indonesia menggunakan istilah ini dalam sebuah proses penentuan dan pengambilan keputusan berikut implementasinya di lapangan.

Stakeholder pun tak jarang diartikan sebagai beberapa pelaku ataupun pihak yang mempunyai hubungan dan berkaitan denagn sebuah rencana atau issu yang sedang hangat beredar. Untuk memberikan pengetahuan yang lebih lengkap lagi mengenai istilah stakeholder ini ada baiknya anda menyimak artikel tentang pengertian stakeholder ini sampai selesai.

Kami berharap semoga apa yang dicantumkan dalam artikel ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan umum anda yang berkaitan dengan istilah stakeholder. Langsung saja, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

PENGERTIAN STAKEHOLDER

Stakeholder dapat diartikan sebagai sebuah masyarakat, komunitas, maupun kelompok tertentu yang mempunyai hubungan dan mempunyai kepentingan terhadap sebuah organisasi dan juga perusahaan. Kelompok masyarakat atau komunitas tersebut atau bisa juga individu tersebut dapat disebut sebagai stakeholder karena mereka mempunyai karakteristik khas yang diperoleh atas jabatannya seperti halnya mempunyai kekuasanaan ataupun mempunyai kepentingan yang krusial dalam sebuah entitas bisnis, organisasi, ataupun perusahaan.

Jika didefiniskan langsung, stakeholder sendiri merupakan seseorang yang mempunyai minat dan juga kemampuan dalam sebuah perusahaan, organisasi, ataupun entitas bisnis tertentu. kepentingan ini berkaitan dengan hal hal finansial maupun kepentingan lainnya yang dibutuhkan dalam menjalankan urusannya. Apabila orang yang bersangkutan terkena dampak dari apa yang terjadi dalam sebuah entitas bisnis, perusahaan ataupun organisasi, maka dapat dikatakan bahwa orang tersebut disebut sebagai stakeholder.

Contoh dari stakeholder misalnya adalah pegawai atau karyawan, staf, supplier,dan juga pelanggan. Ada pula jenis organisasi yang hanya mempunyai stakeholder dan tidak dilengkapi dengan shareholder atau orang yang mempunyai saham, seperti halnya universitas. Dalam sebuah universitas, tentunya tidak ada saham yang ditanamkan, namun mereka mempunyai jajaran stakeholder yang terdiri dari mahasiswa, dosen, staf, akademik, dan lain lain.

HUBUNGAN STAKEHOLDER DENGAN PERUSAHAAN

Hubungan antara stakeholder dengan perusahaan adalah hubungan yang sifatnya dinamis dimana hubungan tersebut dapat terus berubah seiring dengan waktu yang berjalan dan kebutuhan yang makin kompleks. Adapun pola hubungan stakeholder dengan perusahaannya adalah sebagai berikut :

1. Inactive atau hubungan tak aktif

Perusahaan yakin bahwa mereka dapat melakukan pengambilan keputusan secara speihak tanpa perlu memberikan pertimbangan pada hal hal lainnya.

2. Reactive atau hubungan reaktif

Perusahaan akan selalu mempertahankan driinya dan akan bertindak ketika terdapat paksaan untuk melaksanakan sesuatu hal.

3. Proactive atau hubungan proaktif

Perusahaan akan selalu berusaha untuk melakukan antisipasi terhadap segala macam kepentingan dari para stakeholdernya.

4. Interactive atau hubungan interaktif

Perusahaan akan memakai pendekatan dimana perusahaan mempunyai hubungan yang saling berkaitan dengan para stakeholdernya. Mererka akan saling menghormati, saling menaruh kepercayaan, dan juga terbuka antara satu dengan yang lainnya sehingga hubungannya sangat berjalan baik dan menjadi sebuah keunggulan kompetitif bagi suatu perusahaan.

Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: