Pengertian Sosialisasi Dan Tujuannya

Pengertian sosialisasi adalah suatu proses yang dilakukan oleh seseorang, untuk bertingkah laku atau masuk dalam masyarakat. Dari nilai hidup, cara hidup, norma dan lainnya, sehingga dirinya bisa diterima di masyarakat.

Seperti sebuah proses adaptasi di masyarakat untuk bisa bergabung dan bercampur bersama masyarakat pada umumnya. Jadi sebagai manusia memang harus melakukan proses pembelajaran di masyarakat, supaya tidak tersingkirkan. Dari interaksi sesama manusia atau lingkungan pada umumnya.

Tujuan Sosialisasi

Ada begitu banyak tujuan dari sosialiasi di masyarakat. Tujuan utamanya untuk mengetahui norma dan nilai yang berlaku di masyarakat. Sehingga kita bisa hidup berdampingan dengan semua masyarakat dan menjadi anggota di dalamnya.

Selain itu untuk tahu apakah lingkungan tersebut baik atau tidak untuk di huni. Dilihat dari tingkat sosialisasinya. Menanamkan kepercayaan di setiap individu tentang masyarakat pada umumnya. Tanpa adanya sosialisasi di masyarakat, kita akan hidup sendiri dan tidak ada orang yang akan membantu.

Fungsi Sosialisasi

Dari pengertian sosialisasi, kita akan paham bawah fungsi sosialisasi dibagi menjadi dua, fungsi untuk setiap individu dan fungsi untuk masyarakat pada umumnya. Untuk individu, fungsinya untuk membuat setiap individu lebih mengenai, diakui dan bisa menyesuaikan dirinya di norma, nilai atau struktur sosial masyarakat. Membuat setiap manusia mudah untuk adaptasi. Sedangkan bagi masyarakat. Sosialisasi berfungsi untuk menyebarluaskan, pelestarian atau mewariskan norma, nilai dan kepercayaan didalam, masyarakat.

Media sosialisasi, bisa dari keluarga, teman, sekolah, atau media massa. Sosialisasi pun dibagi menjadi dua. Ada sosialisasi primer dan sosialisasi sekunder. Setiap individu wajib melakukan sosialisasi di masyarakat. Bisa bayangkan, apa jadinya sebuah masyarakat tanpa adanya sosialisasi. Mungkin setiap individu akan melakukan semua hal sendiri.

Tidak ada gotong royong dan saling menolong. Setiap individu selalu mementingkan dirinya sendiri. Jadi dalam sebuah masyarakat, sosialisasi sangat penting. Pahami pengertian sosialisasi, sehingga bisa diterapkan sebaik mungkin. Dari lingkungan rumah, sekolah, kuliah atau tempat kerja. Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: