Pengertian Sistem Informasi Manajemen (SIM), Proses dan Aktivitasnya

Kata manajemen memang tidak asing lagi ditelinga kita karena hampir di setiap organisasi maupun perusahaan memiliki manajemen untuk mengatur segala hal dan kegiatan yang dilakukannya. Bahkan dunia pendidikan pun memerlukan suatu manajemen untuk mengatur segala hal dan kegiatannya. Sistem informasi manajemen merupakan suatu sistem informasi yang digunakan oleh sebuah organisasi untuk mengelola semua jenis transaksi yang mendukung fungsi manajemen dan dapat digunakan untuk proses pengambilan keputusan.

Secara lebih gampang, sistem informasi manajemen merupakan sistem informasi yang menghasilkan output dengan masukan input dan berbagai proses lainnya yang hasilnya dibutuhkan untuk tujuan tertentu dalam sebuah kegiatan manajemen. Sistem informasi manajemen biasanya disingkat dengan SIM dan hasilnya akan menjadi data pendukung atau sebuah pertimbangan dalam pengambilan keputusan.

Kegiatan SIM dapat pula mendukung proses bisnis pada sebuah perusahaan dan sangat penting untuk kelangsungan perusahaan. Perusahaan tetap harus membuat komitmen untuk menjalankan Sistem Informasi Manajemen, supaya seluruh proses pada perusahaan termasuk proses produksi dan proses lainnya dapat terus berjalan dengan lancar dan baik serta memberikan keuntungan.

Untuk dapat menjalankan SIM diperlukan berbagai proses, adapun proses SIM dan beberapa aktivitasnya adalah :

1. Perencanaan

Merupakan sebuah rumusan mengenai suatu metode kegiatan secara detail yang dilakukan guna mencapai tujuan ataupun target akhir dari sebuah organsasi. Perencanaan sendiri merupakan langkah langkah yang detail untuk mencapai suatu tujuan organisasi.

2. Pengendalian

Jika sebuah perencanaan sudah dibuat dan sudah diterapkan oleh anggota anggota dalam suatu organisasi, maka manajer harus mengawasi pelaksanaan dari perencanaan tersebut agar dapat berjalan dengan baik dan tidak menyimpang dari jalur yang telah ditetapkan dalam perencanaan.

3. Pengambilan keputusan

Merupakan suatu pemilihan keputusan diantara berbagai macam alternatif yang ada. Proses ini merupakan hasil dari perencanaan dan pengendalian yang telah dilakukan terlebih dulu. Manajer harus memilih berbagai macam keputusan yang telah ada agar supaya tujuan dari perusahaan atau organisasi dapat tercapai.

Karakteristik yang dimiliki oleh SIM diantaranya adaalah meningkatkan efektifitas dan juga efisiensi dengan mengurangi pengeluaran biaya, beroperasinya pada tugas yang terstruktur yaitu seperti pada tahap perencanaan, pengawasan, dan juga pengambilan keputusan, dan yang terakhir adalah menghasilkan output misalnya adalah laporan yang berguna bagi manajemen untuk pengambilan suatu keputusan, sehingga keputusan dihasilkan dari sebuah pertimbangan dan analisis dari laporan.

Ada beberapa manfaat yang didapatkan dengan adanya SIM dalam perusahaan, diantaranya adalah adanya ketersediaan kualitas dan keterampilan dalam memanfaatkan sistem informasi, meningkatkan aksesbilitas informasi secara tepat waktu dan secara akurat untuk para penggunanya tanpa diperlukan perantara, dapat berguna untuk mengelola berbagai transaksi, mengurangi biaya dan juga menghasilkan informasi baru yang bisa menciptakan keuntungan.

Selain itu dapat mengembangkan proses perencanaan yang telah dibuat supaya lebih efektif, dapat mengidentifikasi berbagai macam kebutuhan keterampilan yang mendukung sistem informasi, memperbaiki produktivitas dalam aplikasi pemeliharaan maupun pengembangan sistem informasi, dan juga mendukung pengambilan keputusan suatu manajemen.

Terdapat faktor lain yang membuat SIM menjadi suatu hal yang diperlukan. Kerumitan dan semakin ketatnya persaingan dan peraturan yang dikeluarkan Pemerintah serta lingkungan bisnis yang dinamis menuntut para manajer untuk senantiasa bisa mengambil keputusan yang tepat dari sebuah informasi yang didapatnya demi kemajuan bisnisnya. Maka dari itu sistem informasi manajemen menjadi suatu hal yang sangat diperlukan dalam bisnis di era sekarang ini.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Sistem Informasi Manajemen (SIM), Proses dan Aktivitasnya | Admin | 4.5
%d bloggers like this: