Pengertian Sistem Informasi Akuntansi

Pengertian Sistem Informasi Akuntansi – Kita telah membahas banyak hal tentang manajemen dan bisnis. Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang Sistem Informasi Akuntansi, apa itu SIA? Yuk mari kita bahas bersama-sama.

Sebelum mengetahui apa itu Sistem Informasi Akuntansi (SIA), kita harus mengerti dulu apa itu sistem. Sistem adalah sekelompok unsur/variabel yang saling berhubungan satu sama lain untuk mencapai target/tujuan tertentu. Sistem dibuat untuk memudahkan suatu pekerjaan yang dilakukan berulang kali secara rutin.

Setelah mengetahui pengertian sistem, maka apa itu informasi? Informasi adalah data yang didapatkan dari lapangan untuk diolah serta dijadikan dasar kuat untuk pengambilan keputusan.

Dengan informasi yang jelas, kongkrit dan detail maka pengambilan keputusan akan semakin tepat dan cepat. Informasi harus memiliki karakteristik tertentu yaitu relevan, ontime (Tepat Waktu), akurat serta lengkap.

Dari dua pengertian diatas dapat kita tarik kesimpulan bahwa sistem informasi adalah sebuah sistem yang digunakan untuk mengolah data secara cepat dan akurat. Lalu apa itu sistem informasi akuntansi?

Sistem Informasi Akuntansi (SIA) adalah sebuah sistem informasi yang sengaja dibuat untuk mempermudah kegiatan/hal-hal yang berkaitan  akuntansi. SIA memang memiliki manfaat yang luar biasa, kita bisa menyingkat waktu dan memperbesar keakuratan analisis akuntansi.

Karena itulah dalam perusahaan-perusahaan besar sistem informasi sangat penting, karena akan sangat meningkatkan produktifitas perusahaan.

Lebih jelasnya berikut ini Fungsi Sistem Informasi Akuntansi (SIA) :

  1. Mengumpulkan serta menyimpan data aktivitas atau transaksi perusahaan.
  2. Memproses data yang terkumpul menjadi informasi yang bermanfaat saat pengambilan keputusan.
  3. Melakukan kontrol yang efektif dan tepat terhadap aset-aset perusahaan / organisasi.
  4. Meningkatkan kualitas layanan/produk serta meminimalisir biaya produksi / jasa sehingga keuntungan perusahaan meningkat.
  5. Peningkatan efisiensi kerja pada bagian keuangan.
  6. Sharing Knowledge (Alih ilmu) mengalami peningkatan.

Nah itu tadi adalah manfaat-manfaat yang kita peroleh jika kita menggunakan sistem informasi akuntansi. Lalu apa saja unsur-unsur sistem informasi akuntansi? Secara umum ada 5 komponen SIA, berikut ini adalah 5 komponen/unsur sistem informasi akuntansi :

  1. Manusia sebagai unsur utama yang menjalankan sistem tersebut.
  2. Obyek Sistem Informasi Akuntansi adalah transaksi. Transaksi ini digunakan untuk masukan perusahaan, kemudian diolah sedemikian rupa (tergantung kebijakan) sehingga menghasilkan beberapa informasi yang berguna saat pengambilan kebijakan.
  3. Prosedur ialah langkah-langkah / step-step yang harus dilalui untuk melakukan kegiatan perusahaan/transaksi.
  4. Dokumen ilah catatan-catatan berbentuk formulir saat transaksi berlangsung.
  5. Peralatan ialah alat/sarana yang digunakan untuk pencatatan SIA.

Sistem Informasi Akuntansi itu sendiri juga memiliki subsistem guna mengefektifitaskan kinerjanya menjadi lebih baik lagi. Secara umum Subsistem Sistem Informasi Akuntansi ada 3 yaitu :

  1. Sistem Pemrosesan Transaksi. Sistem ini mendukung proses operasian harian bisnis.
  2. Sistem Pembukuan / buku besar/ laporan keuangan. Sistem ini digunakan untuk menghasilkan laporan keuangan termasuk didalamnya laporan rugi/laba, neraca, cash flow, serta pengembalian pajak.
  3. Sistem pelaporan manajemen, berguna mengatur laporan-laporan perusahaan baik laporan keuangan atau yang lain (anggaran, LPJ, laporan kinerja) seperti informasi-informasi data yang berguna untuk pengambilan keputusan.

Itu tadi adalah artikel tentang sistem informasi akuntansi, semoga artikel kali ini bermanfaat bagi Anda.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: