Pengertian Singkat Sistem Informasi Manajemen

pekerjaan. Bahkan organisasi dengan skala kecil seperti rumah tangga pun membutuhkan suatu sistem manajemen yang tepat. Jika tidak, maka akan susah diperoleh suasana rumah tangga yang teratur dan terkontrol baik. Manajemen juga menjadi hal yang penting dalam sebuah organisasi yang sifatnya lebih kompleks dan skalanya lebih besar dengan fungsi dan tugas dari masing masing department yang berbeda.

Sistem informasi manajemen merupakan sebuah sistem informasi yang diperlukan oleh sebuah organisasi dengan pengolahan seluruh transaksi yang mendukung fungsi dari manajemen itu sendiri yang dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam proses pengambilan keputusan.

Sistem informasi manajemen terdiri dari suatu metode dan upaya yang telah terorganisir dalam menjalankan fungsi pengumpulan data baik dari dalam maupun dari luar organisasi yang disusun menggunakan komputer serta dalam prosesnya yang sedemikian rupa untuk menyajikan informasi terkini, terakurat, tertepat, dan juga cepat bagi seluruh pihak yang mempunyai kepentingan dalam proses pengambilan keputusan dalam manajemen.

Menurut Donald W. Kroeber, sistem informasi manajemen merupakan sejumlah proses yang dilakukan guna menyajikan informasi kepada para petinggi atau manajer yang dipakai untuk mendukung kegiatan operasional organisasi dan dijadikan sebuah data pendukung dalam pengambilan keputusan yang ada dalam suatu organisasi. Sependapat dengan Donald W. Kroeber, seorang ahli bernama Gordon B. Davis juga mengatakan hal yang serupa.

Gordon B. Davis mengatakan bahwa sistem manajemen informasi merupakan sebuah sistem yang terintegrasi dimana sistem tersebut menyajikan suatu informasi yang berguna guna menunjang operasional dalam manajemen dan mempunyai fungsi sebagai bahan pengambilan keputusan yang ada dalam suatu organisasi. Sistem ini diolah sedemikian rupa dengan bantuan perangkat lunak dan perangkat keras seperti komputer berikut prosedur-prosedur manualnya seperti model untuk analisis, perencanaan, pengawasan, dan juga pengambilan keputusan.

Sistem informasi manajemen dapat digambarkan dalam sebuah bentuk piramid dan terdiri dari beberapa tingkatan. Pada lapisan dasar, terdiri dari informasi dalam pengolahan suatu transaksi dan penjelasan mengenai status serta tambahan informasi lainnya. Pada lapisan kedua terdiri atas sumber informasi yang digunakan dalam mendukung operasional sebuah manajemen sehari hari.

Lapisan ketiga ditempati oleh sumber daya sistem informasi yang berguna untuk membantu sebuah perencanaan taktis dan dipakai dalam pengambilan keputusan dalam suatu pengendalian manajemen. Dan lapisan paling atas atau puncak terdiri dari sumber daya informasi yang digunakan untuk perencanaan dan perumusan suatu kebijakan yang dipakai oleh manajemen puncak.

Sistem informasi manajemen merupakan sekumpulan sistem informasi yang terdiri atas :

  1. Sistem informasi akuntansi yang menyajikan informasi mengenai transaksi keuangan.
  2. Sistem informasi pemasaran yang menyajikan informasi mengenai penjualan, aktivitas pemasaran, riset pasar, dan juga segala kegiatan yang berhubungan dengan agenda pemasaran.
  3. Sistem informasi manajemen persediaan.
  4. Sistem informasi personalia.
  5. Sistem informasi distribusi.
  6. Sistem informasi pembelian.
  7. Sistem informasi analisa kredit.
  8. Sistem informasi analisa software.
  9. Sistem informasi riset dan pengembangan.
  10. Sistem informasi kekayaan, dan
  11. Sistem informasi teknis.

Menurut Joel E. Ross, meskipun komputer tidak lebih dari sekedar alat yang dipakai dalam pemrosesan data, namun banyak sekali manajer yang melihat bahwa komputer merupakan elemen pusat dari suatu sistem informasi. Peran komputer hanyalah menyediakan informasi yang dipakai dalam pengambilan keputusan, perencanaan, dan juga pengendalian.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Singkat Sistem Informasi Manajemen | Admin | 4.5
%d bloggers like this: