Pengertian Random Access Memory (RAM) dan Fungsinya

Sebuah komputer untuk dapat berjalan dengan baik dan mampu menyimpan berbagai macam data yang diperlukan tentu membutuhkan dukungan perangkat keras lainnya. Sebuah personal computer (PC) tidak akan mungkin hanya berupa layar dan cpu serta tambahan keyboard saja.

Untuk dapat berjalan dengan baik sesuai dengan fungsi dari komputer itu sendiri, perlu adanya sinkronisasi tugas dan fungsi dari beberapa perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) yang terpasang pada komputer itu sendiri. Salah satu jenis perangkat keras yang harus ada pada setiap jenis komputer baik itu rakitan sendiri ataupun rakitan pabrik adalah RandomĀ  Access Memory (RAM).

RAM atau Random Access Memory merupakan sebuah perangkat keras yang khusus digunakan untuk tempat menyimpan berbagai macam data yang sifatnya sementara dan tidak permanen. Random Access Memory (RAM) ini akan bekerja secara maksimal saat komputer sedang digunakan untuk menjalankan aktivitas tertentu dan tentu saja data didalamnya dapat anda akses dengan metode acak atau random sesuai dengan namanya.

Semakin besar random acces memory (RAM) yang dipunyai oleh komputer, tentu saja akan membuat kinerja dari komputer dalam menyimpan data semakin bagus. Pemrosesan data yang ada pada komputer tersebut akan menjadi lebih cepat jika random access memory yang digunakannya cukup besar.

Random Access Memory (RAM) mempunyai fungsi utama sebagai salah satu perangkat keras atau hardware yang mampu mendukung percepatan dalam pemrosesan data yang ada pada personal computer (PC) ataupun komputer anda. Seperti telah dikatakan sebelumnya, makin besar kapasitas random access memory (RAM) yang dipakai, maka akan makin cepat kinerja dari komputer yang bersangkutan.

Lantas apa hubungannya random access memory (RAM) dengan kinerja komputer? Random Access Memory (RAM) memberikan kapasitas sebuah ruangan penyimpanan yang sifatnya sementara pada sebuah komputer, maka dari itu kinerja komputer akan terdukung dan menjadi lebih cepat. Dalam metode penyimpanan data pada random access memory ini, nantinya data yang tersimpan akan dengan mudah diambil dan terjadi percepatan dalam proses loading data ketika anda mengakses sebuah program dalam komputer anda.

Secara fisik, bentuk RAM dalam sebuah PC mirip dengan rangkaian elektronik dari beberapa chip. Guna memasang sebuah RAM pada PC yang anda punyai, anda harus memasukkan slot dari RAM tersebut pada sebuah motherboard kemudian dipasangkan pada bagian tertentu di CPU. Adapun jenis jenis slot RAM pun tidak hanya satu karena terdiri dari bermacam macam jenis, tergantung dari jenis RAM yang digunakan.

JENIS RANDOM ACCESS MEMORY (RAM)

Dibawah ini ada beberapa jenis RAM yang dapat anda temukan, diantaranya adalah :

  1. Dynamic RAM, jenis RAM yang harus dibersihkan atau direfresh berkala oleh perangkat CPU agar data yang ada di dalamnya tidak musnah dan menghilang.
  2. Sychronous Dynamic Random Access Memory (SDRAM), jenis RAM yang membutuhkan sinkronisasi dari clock sistem dan mempunyai tingkat kecepatan lebih jika dibandingkan dengan DRAM.
  3. Double Rate Random Access Memory DDRAM atau DDR, jenis RAM yang lebih maju dari SDRAM.
  4. Rambus Dynamic Access Memory (RDRAM), jenis RAM yang terbilang lebih cepat dan tentunya mempunyai harga jual yang lebih mahal dari dua jenis RAM yang telah disebutkan sebelumnya. RAM ini dapat digunakan pada komputer pentium 4.
  5. Static Random Access Memory (SRAM), jenis RAM yang juga membutuhkan sistem refresh dari CPU agar data yang ada di dalamnya dapat tetap tersimpan baik dan tidak hilang. Kecepatan RAM ini lebih tinggi dibandingkan SDRAM dan juga DRAM.
  6. Extended Data Out Random Access Memory (EDORAM), jenis RAM yang dipakai dalam sebuah sistem pentium. RAM ini mampu menyimpan dan mengambil isi dari sebuah memori dengan waktu yang bersamaan sehingga kecepatan membaca dan juga menulis datanya lebih cepat dibandingkan dengan jenis RAM lainnya.

Cari Artikel di Sini



Leave a Reply

*

%d bloggers like this: