Pengertian Perubahan Sosial dan Dampak Positif + Negatif

Dilingkungan sekitar kita, tentunya banyak sekali gaya hidup yang dianut oleh masyarakat. Selain itu, cara komunikasi dan cara berpakaian pun senantiasa berubah dari tahun ke tahun dan dari masa ke masa. Hal tersebut dapat dikatakan bahwa dalam masyarakat senantiasa terjadi sebuah perubahan sosial. Perubahan dalam kehidupan manusia adalah hal yang lumarah dan wajar serta bahkan sangat sulit untuk dapat dihindari. Guna menambah pemahaman dan wawasan anda, maka dalam artikel ini akan kami berikan sedikit ulasan yang berkaitan dengan perubahan sosial di masyarakat.

PENGERTIAN PERUBAHAN SOSIAL

Perubahan sosial berdasarkan rangkuman pengertian dari para hali merupakan suatu bentuk proses berubahnya sebuah struktur di masyarakat seperti contohnya cara berpikir, bersikap, dan berkehidupan sosial lainnya dengan tujuan untuk memperoleh taraf kehidupan yang lebih layak dan tentunya lebih baik dari sebelumnya. Perubahan sosial ini dapat memberikan dampak yang positif dan dampak negatif bagi masyarakat yang bersangkutan.

DAMPAK POSITIF DARI PERUBAHAN SOSIAL

Terjadinya perubahan sosial di masyarakat akan membawa dampak positif diantaranya adalah :

  1. Membuat ilmu pengetahuan dan teknologi semakin berkembang. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di masyarakat ini tentunya akan merubah nilai nilai yang ada di masyarakat. Nilai nilai lama tersebut akan diubah menjadi nilai nilai baru dan mendorong kemunculnya berbagai jenis inovasi yang mampu merubah kehidupan di masyarakat menajdi lebih maju dan lebih modern.
  2. Membentuk nilai dan juga norma kehidupan yang baru.
  3. Menciptakan sebuah struktur dan hubungan sosial yang sifatnya baru guna meningkatkan adanya penghormatan dan penjunjungan tinggi terhadap hak asasi manusia.
  4. Memunculkan kesadaran politik yang tinggi.
  5. Menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat karena mulai bermunculan industri industri baru.
  6. Memunculkan sejumlah tenaga kerja yang lebih profesional.
  7. Menjadikan efisiensi dan efektivitas dalam masyarakat menjadi lebih baik lagi.
  8. Meningkatkan dan memeratakan jenis pendidikan formal di masyarakat.
  9. Timbulnya rasa dan sikap menghargai waktu.

DAMPAK NEGATIF DARI PERUBAHAN SOSIAL

Meskipun banyak sekali dampak positif yang dibawa oleh perubahan sosial ini, akan tetapi perubahan sosial juga dapat membawa dampak negatif, diantaranya adalah :

  1. Memunculkan suatu sikap berupa kesenjangan sosial di masyarakat.
  2. Memunculkan suatu disintegrasi sosial di masyarakat.
  3. Memicu adanya pergolakan dalam tiap tiap daerah.
  4. Memunculkan suatu bentuk kenakalan remaja.
  5. Menjadikan eksistensi dari sebuah adat istiadat berkurang dari sebelumnya karena telah tergesernya nilai dan norma sosial yang dianut dalam masyarakat.
  6. Memunculkan sikap individualisme di kalangan masyarakat sehingga hubungan antar manusia dalam berkehidupan akan menjadi sekunder.
  7. Lembaga sosial yang ada tidak akan berfungsi maksimal karena terdapat kelompok tertentu yang menentang adanya perubahan sosial di masyarakat yang menentang kerukunan antar manusia.
  8. Menimbulkan banyaknya pengangguran bagi mereka yang tidak mampu mengikuti perkembangan jaman dan perkembangan pola industrialisasi.
  9. Memunculkan kerusakan alam dan kerusakan lingkungan.

FAKTOR PENYEBAB PERUBAHAN SOSIAL

Suatu perubahan sosial dapat terjadi karena adanya dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal dapat terdiri dari perubahan penduduk, penemuan baru di masyarakat, adanya konflik di masyarakat, dan sikap revolusioner. Sedangkan faktor eksternal yang menjadi penyebab adanya perubahan sosial terdiri atas faktor alamiah, terjadinya peperangan di masyarakat, serta adanya pengaruh terhadap budaya asing di masyarakat.

Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: