Pengertian Peribahasa Dan Jenis-Jenisnya

Pengertian peribahasa adalah ungkapan tidak langsung yang memberikan sebuah makna tertentu, sehingga bisa dipahami oleh pendengar. Kalimat ini bisa menyatakan sebuah keadaan seseorang, maksud sesuatu, ungkapan, perbuatan dan lainnya. Anda pasti sudah tidak asing dengan yang namanya peribahasa. Biasanya digunakan untuk mengungkapkan atau menyindir suatu hal. Sehingga pesannya tersampaikan ke pembaca.

Jenis-Jenis Peribahasa

Peribahasa dibagi menjadi banyak jenis, yang memiliki arti dan maksud yang berbeda-beda. Dengan memahami jenis peribahasa, anda bisa memahami pengertian peribahasa dengan baik.

1. Pepatah

Pepatah merupakan jenis peribahasa yang berisi sebuah nasehat dari orang yang lebih tua. Misalnya bagai kejatuhan bulan, bagai bumi dan langit. Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit dan lainnya.

2. Pameo (Bidal)

Pameo merupakan peribahasa yang berisi sindiran, peringatan dan ejekan yang baik. Misalnya malu bertanya sesat dijalan, hidup segan mati tak mau dan lainnya.

3. Ungkapan

Ungkapan merupakan peribahasa yang menjelaskan tentang kelakuan atau keadaan seseorang yang diungkapkan dengan sebuah pepatah. Misalnya besar kepala, kabar angin dan lainnya.

4. Perumpamaan

Perumpamaan merupakan peribahasa yang mengungkapkan sebuah kelakuan atau keadaan seseorang yang dibandingkan dengan alam sekitar. Misalnya bagai harimau menyembunyikan kuku, bagai pinang dibelah dua dan lainnya.

5. Semboyan

Semboyan adalah sebuah kumpulan kata atau kalimat yang digunakan untuk sebuah pedoman. Misalnya rajin pangkal pandai, hemat pangkal kaya dan lainnya.

6. Ibarat (tamsil)

Ibarat atau tamsil adalah sebuah kalimat kiasan yang memakai kata ibarat untuk membandingkan sebuah perkara. Misalnya tua-tua keladi, yang berarti maki tua makin jadi.

Ada banyak contoh dari peribahasa. Misalnya tong kosong nyaring bunyinya, ada udang dibalik batu dan lainnya. Setiap peribahasa memiliki arti yang berbeda-beda. Jadi secara umum, pengertian peribahasa digunakan untuk mengungkapkan suatu hal dalam bentuk kiasan atau sindiran secara halus. Peribahasa hanya terdiri dari beberapa kata saja, memiliki bahasa yang teratur dan enak didengar. Selain itu memiliki makna tertentu. Sekian artikel kali ini, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat anda.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: