Pengertian Novel Dan Unsur Intrinsiknya

Definisi atau pengertian novel merupakan sebuah karangan berwujud prosa panjang yang menceritakan tentang kehidupan seseorang dengan berbagai orang di sekitarnya dengan penonjolan sifat dan watak masing-masing tokoh. Dengan penggambaran watak serta sifat yang detail mengenai tokoh dalam novel tersebut, maka seorang pembaca novel akan terasa hanyut ke dalam jalan cerita yang dibuat sang novelis. Seseorang yang menjadi penulis novel sering disebut dengan novelis. Kata novel sendiri berasal dari bahasa Italia novella yang memiliki arti cerita atau kisah.

Cerita sebuah novel kadang menggambarkan kehidupan manusia dan interaksinya dengan sesama serta lingkungan. isi sebuah novel biasanya panjang dan permasalahannya lebih komplek dari pada cerpen. Dengan demikian, maka sebuah novel tidak memiliki batasan sajak dan struktural. Seorang novelis biasanya akan mengarahkan pembaca untuk dapat sebuah pesan tersembunyi dalam sebuah novel.

Unsur Intrinsik Novel

Novel merupakan salah satu karya sastra yang menarik. Di dalam sebuah novel tersebut, terdapat yang bernama unsur instrinsik. unsur instrinsik novel merupakan berbagai macam unsur yang membangun novel dari dalam. Adapun yang termasuk dalam unsur instrinsik sebuah novel adalah alur, tema, latar, penokohan, amanat, gaya bahasa, dan sudut pandang. Semua unsur instrinsik ini harus terdapat dalam sebuah karya sastra bernama novel.

Jenis Novel Berdasarkan Isinya

Secara umum, pengertian novel adalah sebuah cerita yang sangat panjang tanpa ada batas sajak dan struktural. Menurut isinya, jenis novel ada empat macam. Jenis novel yang pertama adalah teenlit. Teenlit merupakan sebuah novel yang berisi tentang remaja. Berikutnya, jenis yang kedua adalah songli. Definisi dari songlit yaitu cerita dalam suatu novel yang diambil dari dalam sebuah lagu.

Selain jenis di atas, sebuah novel juga memiliki jenis yang lain. Jenis novel tersebut yaitu chicklit dan dewasa. Pengertian novel chicklit adalah sebuah novel yang isinya mengenai perempuan berusia muda. Jenis novel yang terakhir berdasarkan isinya yaitu novel dewasa. Novel dewasa merupakan sebuah novel yang isinya bercerita tentang orang dewasa.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: