Pengertian Metode Ilmiah, Tujuan dan Kriterianya

Metode ilmiah merupakan rangkaian dari proses dan prosedur dalam sebuah cabang ilmu guna memperoleh pengetahuan sistematis yang didasarkan atas bukti fisik. Metode ilmiah sendiri berasal dari dua kata, yaitu Metode dan Ilmiah yang masing masing mempunyai arti sendiri sendiri. Metode adalah cara dari individu untuk melakukan kegiatan guna memecahkan permasalahan yang ada dengan sistematis dan terstruktur.

Sedangkan ilmiah adalah cara yang digunakan untuk memperoleh ilmu pengetahuan alami didasarkan atas bukti bukti fisik yang telah dikumpulkan. Metode ilmiah yang digunakan sebagai salah satu bentuk pemecahan masalah ini akan menghasilkan hipotesis yang mana hipotesis dapat digunakan untuk menjelaskan permasalahan, menguji dan melakukan sebuah eksperimen.

Metode ilmiah atau disebut juga sebuah penelitian fokus pada identifikasi terhadap sebuah permasalahan yang memang membutuhkan pemecahan, pengumpulan data, dan juga penganalisisan untuk mendapatkan kesimpulan yang tepat dan akurat. Penelitian hendaknya bersifat objektif karena tidak lagi didasarkan dari adanya perasaan dan pengalaman ataupun intuisi, melainkan melalui adanya sebuah kajian dan eksperimen yang nyata dan faktual serta tidak subjektif.

TUJUAN METODE ILMIAH

Tujuan utama adanya metode ilmiah adalah untuk memperoleh ilmu pengetahuan yang teruji dan rasional sehingga ilmu pengetahuan yang bersangkutan dapat diandalkan. Fungsi lain dari metode ilmiah adalah :

  1. Dijadikan dasar pembuktian tentang sebuah kebenaran yang diatur dengan adanya pertimbangan logis.
  2. Mencari pengetahuan yang diawali dengan sebuah penemuan permasalahan yang membutuhkan penyelesaian, pengumpulan data, penganalisisan, dan penarikan kesimpulan.
  3. Pemecahan masalah yang dibuktikan dengan alat bukti yang terukur.
  4. Menguji sebuah penelitian yang telah dilakukan sebelumnya sehingga diperoleh kebenaran yang sifatnya lebih objektif dan memuaskan.

Melalui metode ilmiah, diharapkan dapat menghasilkan sebuah penemuan yang mempunyai kualitas unggul dan dapat berperan dalam meningkatkan kesejahteraan dari umat manusia.

KRITERIA METODE ILMIAH

Beberapa kriteria yang dianut oleh metode ilmiah diantaranya adalah :

1. Berdasarkan fakta

Semua data dan keterangan yang diperoleh hendaknya didasarkan atas sebuah fakta dan kenyataan yang diperoleh dari pengumpulan data.

2. Bebas dari dugaan dan prasangka

Metode ilmiah terbebas dari segala macam pertimbangan yang subjektif ataupun dugaan dugaan dan prasangka yang dapat membuat kekaburan nilai objektifitas pada sebbuah penelitian.

3. Memakai hipotesis

Peneliti harus mempunyai konsep berpikir yang dituntun dalam sebuah hipotesis guna mencapai sebuah tujuan yang sudah ditetapkan sebelumnya dalam melakukan penelitian.

4. Adanya analisis

Guna memahami dan mengerti arti dari sebuah masalah, maka bisanya peneliti akan memakai konsep analisis. Analisis digunakan untuk menemukan solusi dan pemecahan masalah.

5. Memakai ukuran objektif

Data dan fakta yang dikumpulkan harus bersifat objektif yang nantinya digunakan untuk menarik kesimpulan dan berperan dalam proses pengambilan keputusan.

6. Memakai teknik atau metode kuantifikasi

Teknik ini digunakan guna memudahkan dalam pengukuran, apalagi untuk penelitian yang sifatnya memang membutuhkan data yang terukur.

LANGKAH DALAM METODE ILMIAH

Untuk dapat menjalankan sebuah metode ilmiah, terdapat beberapa tahapan yang harus dilewati seperti :

  1. Melakukan observasi terhadap apa apa yang akan diteliti guna menetapkan tujuan, sasaran, dan batasan agar penelitiannya tidak terlalu melebar.
  2. Melakukan identifikasi terhadap permasalahan yang ada guna mengangkat priorits masalah yang nantinya akan dicarikan jalan keluar dan solusinya.
  3. Menentukan hipotesis sebagai salah satu ciri dalam penggunaan metode ilmiah guna dijadikan tuntunan dalam melakukan penelitian.
  4. Melakukan eksperimen dengan data data dan bahan yang sifatnya objektif guna menambah bahan analisis.
  5. Dan yang terakhir adalah membuat kesimpulan berdasarkan hasil eksperimen tersebut.

Cari Artikel di Sini



Leave a Reply

*

%d bloggers like this: