Perbedaan Malware, Virus, Trojan, Spyware, dan Worm

Baru-baru ini banyak orang yang komputer maupun laptopnya terserang virus (malware). Serangan ini tentunya sangat merugikan banyak pihak, karena bila terkena virus (malware) boleh jadi kita akan kehilangan file-file yang penting. Tapi banyak orang awam yang mengatakan bahwa komputernya terkena “virus” padahal diserang oleh malware (kode jahat).

Untuk lebih jelasnya dan agar kita tak lagi salah menyebutkannya maka silahkan perhatikan penjelasan berikut ini :

1. Malware (Malicious Software)

gambar : SMT-Center

Malware ini juga sering disebut dengan Kode Jahat ataupun Software Jahat merupakan sebuah software (kode) yang buat oleh seseorang dengan tujuan tertentu atau lebih tepatnya utuk keperluan tak baik. Tapi sebanarnya Malware ini adalah sebuah software (program) komputer, namun Malware dibuat dengan tujuan untuk merugikan orang lain. Atau boleh dikatakan sisi negatif dari software komputer.

Kerugian dari Malware ini bisa mengubah data (entah itu menghapus, menyembunyikan atau mencuri), menghabiskan bandwith, serta sumber daya lain yang tentunya tanpa persetujuan dari pemilik.

2. Trojan

Trojan merupakan sebuah program yang dibuat seperti program baik dan berguna bagi para pengguana komputer (crack, game maupun program yang lain). Dan setalah kita instal kedalam komputer maka dapat memata-matai, mencuri data bahkan juga mengirimkan ketukan keyboard kealamat yang sudah ditentukan oleh pembuat Trojan tanpa diketahui oleh pengguna komputer.

3. Virus Komputer

Virus komputer merupakan Malware yang telah menginfeksi sebuah komputer dengan bantuan dari pihak ketiga untuk menjalankannya (mengaktifkan) dirinya. Umumnya pihak ketiga tersebut adalah pemilik dari komputer itu sendiri, pasalnya virus tak mampu untuk mengaktifkan dirinya sendiri dan menginfeksi sebuah komputer.

Biasanya virus akan dibuat menyerupai dengan program komputer lainnya sehingga para korban (pengguna komputer) mau untuk mengaktifkan virus tersebut. Biasanya program yang kebanyakan ditiru oleh virus ini berupa program .JPG, .doc maupun folder yang bila kita klik mampu untuk mengaktifkan virus.

Sering kali si pembuat virus memalsukan virusnya kedalam bentuk icon, ekstensi gambar porno maupun bentuk-bentuk lainnya yang mempu menyakinkan dan juga dapat menarik perhatian dari pengguna komputer untuk mengeklik sehingga menyebabkan virus tersebut aktif.

4. Spyware

Spyeware merupakan jenis software komputer yang digunakan (dibuat) dengan tujuan memata-matai komputer dari korbannya. Awal munculnya Spyware ini untuk memata-matai profil pengguna komputer serta penggunanya akan menampilkan kedalam bentuk iklan yang sesuai dengan minat dari pengguna komputer tersebut. Tapi sekarang ini kebanyakan sudah disala gunakan untuk mencuri identitas dari pengguna komputer lain.

5. Worm Komputer

Worm merupakan sebuah Malware yang dapat aktif dengan sendirinya tanpa adanya bantuan dari pihak ketiga. Boleh dikatakan ini lebih berbahaya dari virus karena dapat mengaktifkan dirinya sendiri.

via : 2-Viruses.com

Hal ini berarti ketika worm sudah aktif dalam sebuah komputer ataupun jaringan komputar maka worm ini otomatis bisa berpindah ke komputer lain melewati jaringan. Akibatnya pemilik komputer lain yang berada dalam jaringan yang sama tak dapat mencegahnya.

Pastinya kita juga bertanya mengapa seseorang harus menciptakan virus bila ada worm yang bisa aktif dengan sendirinya tanpa adanya bantuan pihak ketiga. Hal ini berkaitan dengan cara infeksi dari virus dan worm itu sendiri.

Bila worm ini hanya mampu menginfeksi komputer bila dia sudah menemukan sebuah celah keamana (vulnerability) dari sebuah software yang ada didalam komputer tersebut. Dan apabila celah keamanan dijaringan telah ditutup  atau ditambal (patch) maka worm tak mampu untuk menginfeksi. Tentu ini berkebalikan dari virus.

Dengan kita mengetahui pengertian dari Malware, Virus, Trojan, Spyware dan Worm kita tak salah lagi menyebut apa yang menginfeksi komputer kita. Dan yang tak kalah penting adalah cara untuk mengatasinya. Salah satu yang dapat kita lakukan dengan cara mengsintal antivirus, yang sekarang ini sudah banyak jenisnya. Tapi dari sekian jenis antivirus pastinya mempunyai keunggulan dan kekurangannya masing-masing.

Cari Artikel di Sini


Perbedaan Malware, Virus, Trojan, Spyware, dan Worm | Admin | 4.5
%d bloggers like this: