Pengertian Letter of Credit Dan Jenisnya

Pengertian letter of credit merupakan sebuah surat pernyataan yang dikeluarkan oleh issuing bank atas permintaan impoter atau pembeli yang ditunjukan ke[ada eksportir atau penjual melalui comfoming bank. Bank akan menyatakan bahwa issuing bank tersebut yang akan membayar uang dalam jumlah tertentu, jika semua syarat yang ditetapkan sudah terpenuhi. Jadi surat ini diberikan bank untuk mempermudah proses transaksi. Surat pernyataan ini juga disebut dengan documentary credit.

Fungsi Lettter of Credit

Ada banyak sekali fungsi dari letter of credit ini. Fungsi yang utama untuk memberikan jaminan kepada importir atau eksportir, supaya pengiriman barang dilakukan dengan mudah. Asalkan sesuai dengan kesepakatan yang ada. Pada saat membuat surat pertanyataan ini, bank wajib mengecek semua dokumen yang disepakati oleh L/C. Tetapi bank tidak memiliki tanggung jawab terhadap semua kondisi tentang barang tersebut.

Jenis Letter of Credit

Mungkin anda belum memahami tentang pengertian letter of credit. Supaya lebih jelas, anda harus tahu apa saja jenis dari letter of credit itu sendiri. Jenisnya sangat banyak sekali. Sesuai dengan tujuan dari surat pernyataannya. Misalnya untuk jenis revocable letter of credit. Jenis ini dapat dibatalkan atau diubah sepihak oleh pihak importir atau bank pembuka. Walaupun tidak mendapatkan persetujuan terlebih dahulu.

Lalu untuk irrcovcable letter of credit merupakan surat pernyataan yang tidak bisa diubah tanpa adanya persetujuan dari semua pihak yang terlipat. Jadi tidak bisa memutuskan secara sepihak. Selain itu masih jenis sight letter of credit, usuance letter of credit, restricted letter of credit dan masih banyak lainnya. Setiap jenis letter of credit memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda-beda. Jadi anda harus memperhatikannya dengan sebaik mungkin.

Buat anda yang ingin membuat surat pernyataan ini, harus paham tentang pengertian letter of credit dan juga jenisnya. Harus disesuaikan dengan kebutuhan. Sekian artikel ini, semoga bermanfaat.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: