Pengertian Kebijakan Publik Dan Macam-Macamnya

Pengertian kebijakan publik adalah sebuah penentuan peraturan yang dilakukan oleh pemegang kekuasaan atau pemerintah, yang akan memberikan dampak bagi masyarakat. Kebijakan sendiri berasal dari bahasa yunani policy yang artinya negara. Dalam sebuah negara pasti akan ada kebijakan publik. Untuk mengatur masyarakat berjalan dengan baik.

Macam-Macam Kebijakan Publik

Kebijakan publik ini dibagi menjadi dua macam. Berdasarkan pembuatannya dan sifatnya. Yang berdasarkan pembuatannya. Dibagi lagi menjadi dua, berdasarkan pusat dan daerah. Kebijakan publik pusat tentunya dibuat oleh pusat. Kalau di indonesia berarti dari pemerintah pusat atau dari keputusan presiden. Sedangkan kebijakan publik daerah dibuat oleh daerah atau lembaga masing-masing.

Kebijakan publik berdasarkan sifatnya dibagi menjadi tiga. Ada yang bersifat distributif, ekstraktif dan regulatif. Kita bahas contohnya dibawah ini.

  1. Bersifat distributif berarti kebijakan tersebut dibagikan kepada masyarakat secara luas. Misalnya dengan pembagian kartu indonesia sehat bagi masyarakat yang kurang mampu.
  2. Bersifat ekstraktif yang berarti kebijakan yang menyerap sumber material masyarakat. Misalnya penetapan bea cukai tembakau.
  3. Bersifat regulatif berarti kebijakan yang berisi peraturan yang harus dipatuhi oleh masyarakat atau penyelanggara. Misalnya penetapan umur.

Tujuan kebijakan Publik

Dari pengertian kebijakan publik diatas, kita bisa menyimpulkan tujuan dari kebijakan publik itu sendiri, berikut ini tujuan dari kebijakan publik

  1. Melindungi hak rakyat
  2. Membuat lingkungan masyarakat yang lebih tertib
  3. Membuat masyarakat lebih sejahtera
  4. Lingkungan masyarakat lebih damai dan tentram

Sebagai warga negara yang baik, kita harus mematuhi semua kebijakan publik yang diberikan. Supaya keadaan di masyarakat lebih damai dan teratur. Tanpa adanya kebijakan publik, kita tidak bisa melakukan semua hal di masyarakat dengan benar. Jika ada kebijakan publik yang salah, masyarakat juga wajib melakukan protes. Sehingga negara semakin baik. Rakyat pun boleh ikut andil dalam pembuatan kebijakan publik di suatu negara. Sekian ulasan tentang pengertian kebijakan publik, macamnya dan tujuannya. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat anda.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: