Pengertian Jurnal Umum Perusahaan, Tujuan Dan Fungsinya

Pengertian jurnal umum adalah jurnal atau catatan yang digunakan untuk mencatat semua transaksi keuangan yang terjadi dalam suatu periode tertentu. Di sebuah perusahaan, entah itu kecil atau besar seharusnya memiliki jurnal umum ini. Sehingga semua transaksi bisa tercatat dengan baik. Semua bukti transaksi harus tercatat dengan baik di jurnal umum ini

Tujuan Dari Jurnal Umum

Tujuan pembuatan jurnal umum di sebuah perusahaan sangatlah penting,. Tujuan utamanya untuk melakukan penilaian, pengidentifikasian, dan pencatatan transaksi keuangan, sehingga akan tahu hasil keuangan yang didapatkan pada perusahaan tersebut. Dalam membuat jurnal umum, ada ketentuan tersendiri. Tidak boleh sembarangan. Harus ada tanggal, nomor bukti transaksi, nama akun atau keterangan rekening, referensi, kolom debit dan kolom kredit.

Fungsi Jurnal Umum

Dari pengertian jurnal umum diatas, bisa dibagi menjadi beberapa fungsi. Ada lima fungsi dari jurnal umum. Ada fungsi mencatat, fungsi historis, fungsi instruktif, fungsi analisis dan fungsi informatif. Fungsi mencatat berarti jurnal umum digunakan untuk mencatat semua transaksi keuangan yang terjadi di perusahaan pada suatu periode. Fungsi historis berarti jurnal dijadikan catatan keseluruhan, untuk mengetahui keadaan keuangan dari periode ke periode lainnya. Anda bisa melihat catatan keuangan yang terjadi di tahun-tahun yang lalu.

Fungsi analisis berarti jurnal umum digunakan untuk menganalisis transaksi yang terjadi pada perusahaan, baik debet maupun kredit. Fungsi instruktif berarti jurnal umum akan digunakan untuk menulis buku besar, tanpa adanya jurnal umum proses penulisan buku besar lebih sulit. Terakhir ada fungsi informatif berarti jurnal umum dijadikan informasi bagi perusahaan untuk mengetahui keuangan perusahaan dengan lebih jelas,

Dengan memahami semua penjelasanyna diatas, anda jadi paham seperti apa pentingnya jurnal umum dalam sebuah perusahaan. Jurnal umum ini bisa ditulis satu bulan sekali. Lalu nanti dimasukkan dalam buku besar. Setiap ada transaksi masuk atau keluar harus ditulis di jurnal umum. Ini akan memudahkan anda dalam mengatur keuangan perusahaan. Itulah sedikit informasi tentang pengertian jurnal umum, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat anda.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: