Pengertian Integritas dan Pentingnya Dalam Kehidupan

Integritas merupakan suatu istilah yang mungkin terdengar asing bagi sebagian orang. Mungkin saja bagi sebagian orang, istilah ini sangat akrab di telinga namun tidak paham apa maksudnya. Dalam artikel yang singkat ini, kami akan coba memberikan pengertian dan juga urgensi dari adanya sikap integritas dalam berkehidupan.

PENGERTIAN INTEGRITAS

Integritas dapat dikatakan sebagai sebuah bentuk konsistensi maupun keteguhan yang tidak mungkin bisa digoyahkan dalam menjunjung tinggi nilai nilai dan norma serta keyakinan berikut prinsip prinsipnya. Integritas adalah sebuh konsep yang berhasil memberikan konsistensi dan keteguhan dalam bertindak sesuai dengan nilai dan prinsip yang berlaku. Maka dari itu, makna integritas dapat dihubungkan dan dikaitkan dengan sebuah kebenaran dan kejujuran masyarakat dalam bertindak sehari hari.

Integritas ini sangat dibutuhkan dalam berkehidupan, tak terkecuali juga dalam dunia kerja. Dalam dunia kerja, makna integritas berkaitan dengan adanya sikap konsistensi individu dalam bertindak dan menyesuaikan diri dnegan berbagai kode etik yang diterapkan beserta bermacam kebijakan yang ditentukan dalam tempat kerjanya. Seseorang yang berintegritas akan mempunyai keinginan dan pemahaman untuk selalu dapat beradaptasi dengan nilai dan etika dimana ia sedang bekerja serta dapat selalu bertindak konsisten guna melaksanakannya.

Integritas menjadi salah satu dari sekian banyak elemen yang pada dasarnya dapat menimbulkan sebuah pengakuan sikap yang profesional. Kualitas yang baik juga turut melandasi munculnya sistem kepercayaan yang diberikan kepada orang lain serta dijadikan pula sebagai pedoman bagi anggota lainnya guna menguji pengambilan keputusan dalam sebuah pekerjaan yang sedang dijalaninya.

Sikap integritas ini tentunya membebani kewajiban bagi seseorang untuk senantisa bersikap jujur, konsisten, dan berterus terang dalam keseharian dan rutinitasnya. Contohnya, seorang pemimpin tentunya harus mengedepankan pelayanan pada masyarakat sehingga menimbulkan kepercayaan dari masyarakat. Seorang pemimpin yang berintegritas akan selalu mengutamakan kepentingan kelompok dibandingkan dengan keuntungan pribadi.

Seseorang yang mempunyai sikap integritas tinggi akan selalu bertanggung jawab pada diri sendiri serta tidak mudah menaruh serta menunjuk kesalahan dalam diri orang lain saat sebuah masalah dan kegagalan terjadi. Dia akan selalu sadar bahwa tujuan dari hidup adalah tetap harus diperjuangkan. Orang tersebut tentunya akan selalu menepati janji karena ia sadar untuk memperoleh kepercayaan dari orang lain dalam berkehidupan itu tidaklah mudah sedangkan hal tersebut adalah kewajiban.

URGENSI / PENTINGNYA INTEGRITAS

Di era sekarang ini, sikap integritas sangatlah dibutuhkan. Hanya saja masih sangat banyak orang yang mengacuhkan sikap integritas ini dan tidak menyadari urgensi dari sikap integritas dalam berkehidupan. Seseorang yang ingin berhasil dan sukses, tentunya memerlukan sikap integritas karena dengan adanya integritas, segala macam tujuan dan target dalam kehidupan akan dapat dicapai dengan mudah. Urgensi integritas dalam kehidupan adalah sebagai berikut :

  1. Menjadi salah satu kuni dalam meraih kesuksesan dan juga keberhasilan karena cara pandang orang yang berintegritas akan selalu konsisten dalam memegang nilai dan norma yang berlaku.
  2. Membuat manusia mampu untuk dipimpin dan tentunya mampu juga untuk memimpin dimana orang yang berintegritas akan senantiasa mempunyai pribadi yang berkualitas unggul dan mampu belajar dari orang lain. selain itu, ia juga mampu dipimpin serta setia terhadap pemimpinnya.
  3. Integritas mampu membuat individu memperoleh kepercayaan dari orang lain karena tindakannya yang konsisten.
  4. Menghasilkan reputasi yang baik bagi seseorang karena saat orang mempunyai sikap integritas, maka seseorang tadi akan selalu menyesuaikan apa yang dikatakannya dengan apa yang dikerjakannya alias konsisten.

Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: