Pengertian Iklan Dalam Bisnis dan Jenis-Jenisnya

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), iklan adalah sebuah media untuk melakukan promosi barang, jasa, benda, produk, dan juga tempat usaha serta ide menarik yang dibayar oleh sponsor. Iklan sendiri menjadi cara efektif dalam bidang pemasaran dan marketing dengan tujuan menarik minat konsumen agar membeli produk baik itu barang dan jasa yang kita jual.

Melalui iklan, produk yang kita tawarkan akan disusun sedemikian rupa sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi calon konsumen dan calon pembeli. Kebanyakan dari mereka akan penasaran dan mengingat produk yang anda tawarkan berkat adanya iklan. Iklan yang unik bisa menambah daya tarik dari produk yang anda tawarkan.

Sebenarnya, inti dari adanya iklan adalah untuk menawarkan barang dan jasa agar orang orang bisa tahu dan menggunakan barang dan jasa yang anda tawarkan. Iklan ini mengandung makna persuasif yang dapat mengajak orang orang untuk menggunakan, membeli, dan mengambil manfaat dari barang yang ada iklankan.

Jika anda mau mengamati tiap tiap iklan yang ditayangan di televisi atau di radio, tentunya anda akan paham bahwa tujuan utama dari adanya iklan tersebut adalah untuk memberikan sebuah penawaran dari pelaku usaha kepada masyarakat untuk dapat membeli, memakai, atau hanya sekedar mengetahui produk barang dan jasa yang dijual oleh mereka.

Terdapat beberapa jenis iklan yang dikenal dalam ilmu periklanan. Iklan ini kebanyakan akan dibuat seunik mungkin dan sekreatif mungkin agar produk yang ditawarkan dapat dengan mudah dikenali dan diingat oleh masyarakat.

Bahkan tidak jarang, iklan akan dibuat sedemikian rupa agar orang orang menjadi penasaran dan akhirnya membeli produk yang kita tawarkan tadi. Jika anda mempunyai suatu barang atau jasa yang ingin dijual, maka kebanyakan orang akan mengetahui produk yang anda jual melalui jasa periklanan. Maka dari itu, adanya iklan menjadi sebuah peran yang sangat penting dan krusial dalam hal menjalankan usaha dan memperkenalkan produk yang anda punya pada masyarakat.

Sebuah perusahaan atau pelaku usaha tentunya akan membuat anggaran tersendiri yang tidak sedikit untuk beriklan, mulai dari puluhan juta rupiah sampai dengan miliaran rupiah. Semua itu dikeluarkan demi mendapatkan simpati dari masyarakat dan akhirnya produk yang ditawarkan laku di pasaran yang mendatangkan keuntungan berlipat lipat bagi pelaku usaha yang bersangkutan. Iklan diadakan supaya pasar penjualan produk menjadi lebih besar dan lebih luas.

Berbicara tentang hal tersebut, maka dari itu dalam iklan harus pula di lihat target dan sasaran yang ingin dibidik agar biaya yang dikeluarkan untuk iklan dapat sebanding dengan pemasukan yang berasal dari orderan produk yang diiklankan.

Salah satu jenis iklan adalah iklan layanan masyarakat yang biasanya dibuat oleh Dinas Dinas terkait dari Pemerintah. Iklan layanan masyarakat ini biasanya akan bertujuan memberitahu kepada masyarakat tentang suatu hal. Tujuan utama iklan layanan masyarakat memang bukan untuk memperoleh keuntungan atau menjual produk.

Namun lebih pada himbauan, anjuran, dan media pemberitahuan kepada masyarakat tentang hal hal yang penting dan perlu dalam berkehidupan. Adapun beberapa contoh iklan layanan masyarakat dibawah ini termasuk dalam contoh iklan layanan masyarakat yang berkonsep unik.

IKLAN ROKOK

Saat ini, iklan rokok dikatakan cukup unik guna meminimalisir dampak yang diakibatkan dari para perokok pasif dan aktif. Iklan layanan masyarakat terkait rokok pada saat ini dibilang unik karena penempelan gambar gambar bahaya merokok pada kemasannya.

Dari iklan tersebut diharapkan masyarakat dapat menghindari rokok karena jika berlebihan akan mengakibatkan beberapa penyakit sebagaimana tercantum dalam kemasan rokok tersebut.

Cari Artikel di Sini



Leave a Reply

*

%d bloggers like this: