Pengertian Fungsi Dalam Ilmu Matematika

Pengertian fungsi dalam KBBI adalah jabatan yang dilakukan, kerja suatu bagian tubuh, besaran yang berhubungan, kegunaan suatu hal dan lainnya. Di dalam ilmu matematika, juga ada istilah fungsi. Fungsi dalam matematika berarti suatu relasi yang menghubungkan setiap anggota X dalam suatu himpunan dari daerah asal (domain) dengan suatu nilai tunggal f(x) dari suatu himpunan kedua (kodomain). Nilai himpunan didapatkan dari relasi (range).

Sifat Fungsi Dalam Matematika

Fungsi memiliki beberapa sifat yang harus diperhatikan. Ada sifat injektif yang berarti menjadi fungsi satu-satunya. Misalnya pada fungsi f yang menyatakan X ke Y. Maka fungsi tersebut sebagai fungsi injektif. Lalu ada fungsi surjektif yang berarti Y sebagai kodomain memiliki minimal x dalam domain S. Jadi lebih singkatnya, fungsi surjektif fungsinya sama dengan kisaran atau range. Untuk fungsi bijektif berarti gabungan antara fungsi injektif dan fungsi surjektif. Ketiga sifat fungsi ini, akan menghubungkan antara domain dan kodomain, serta range atau hasil kisarannya.

Jenis Fungsi Dalam Matematika

Ketika anda memahami pengertian fungsi dalam matematika, akan dijelaskan bahwa fungsi dibagi dalam beberapa jenis. Ada yang namanya fungsi linear. Fungsi ini digunakan pada bilangan real. Fungsi konstan diguanakan jika B berada di dalam A dan masih dalam satu anggota. Lalu ada fungsi identitas yang berarti fungsi A ke B atau range f sebagai kondomain. Yang terakhir ada jenis fungsi kuadrat yang berarti ditentukan oleh rumus f(x) = ax2 + bx + c.

Pengertian fungsi memang sangat luas. Tidak hanya digunakan dalam ilmu matematika. Ketika kita membicarakan tentang sebuah kegunaan barang atau suatu hal, juga bisa disebut dengan fungsi. Dalam ilmu linguistik, fungsi berarti unsur bahasa dalam satuan sintaksi yang lebih luas. Jadi artinya memang begitu luas. Tergantung dengan kegunaan dari kata fungsi tersebut. Bahkan fungsi sendiri bisa berarti sebuah kegunaan. Dengan artikel ini, diharapkan anda lebih paham tentang arti dari fungsi itu sendiri dan diterapkan dengan benar. Semoga bermanfaat.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: