Pengertian Dan Fungsi Kabel UTP

Kabel UTP adalah singkatan dari UTP yaitu Unshielded Twisted Pair. Kabel UTP terbuat dari bahan pengantar tembaga, mempunyai isolasi dari plastik dan terbungkus dari bahan isolasi yang dapat melindungi dari api dan juga kerusakan fisik. Kabel UTP terdiri dari 4 pasang inti kabel yang saling bergabung dimana masing – masing pasang mempunyai kode dengan warna yang berbeda.

Kabel UTP adalah suatu jenis kabel yang dapat dipakai untuk membuat jaringan komputer. Kabel UTP terdiri dari bagian dalam yang berisi 4 pasang kabel. Kabel Twisted Pair Cable tersebut terbagi ke dalam 2 jenis diantaranya adalah Shielded dan Unshielded. Bagian Shielded adalah jenis dari kabel UTP yang memiliki selubung pembungkus, sedangkan bagian Unshielded adalah jenis yang tidak mempunyai selubung pembungkus. Untuk mengkoneksikan kabel jenis ini memakai konektor RJ-45 atau RJ-11.

Fungsi dari kabel UTP yaitu dapat digunakan untuk kabel yang menghubungkan jaringan Local Area Network (LAN) pada suatu sistem jaringan network atau jaringan di komputer. Pada umumnya kabel UTP memiliki impedansi kurang lebih 100 ohm. Kabel UTP dibagi menjadi beberapa bagian sesuai dengan kategori berdasarkan kemampuan sebagai penghantar data.

Kabel UTP memiliki berbagai jenis, tergantung dari fungsi dan kegunakan masing – masing kabel. Berikut adalah beberapa contoh kabel UTP yang ada, antara lain :

  1. CAT Kabel UTP kategori 1 (CAT 1) adalah jenis kabel UTP dengan kualitas transmisi yang paling rendah. Kabel UTP kategori 1 di desain untuk mendukung komunikasi suara analog saja.
  2. CAT 2. Kabel UTP kategori 2 (CAT 2) adalah jenis kabel UTP dengan kualitas transmisi yang lebih baik jika di bandingkan dengan kabel UTP CAT 2. Kabel UTP kategori 2 di desain untuk mendukung komunikasi data dan juga suara digital. Kabel kategori 2 ini bisa mentransmisikan data sampai dengan 4 megabit per detik.
  3. CAT 3. Kabel UTP kategori 3 (CAT 3) adalah jenis kabel UTP dengan kualitas transmisi yang lebih baik dibandingkan dengan kabel UTP kategori 2. Kabel UTP kategori 3 di desain untuk mendukung komunikasi data dan suara pada kecepatan hingga 10 megabit per detik.
  4. CAT 4. Kabel UTP kategori 4 (CAT 4) adalah jenis kabel UTP dengan kualitas transmisi yang jauh lebih baik jika dibandingkan dengan kabel UTP kategori 3 atau sebelumnya. Kabel UTP 4 di desain untuk mendukung komunikasi data dan juga suara sampai dengan kecepatan 16 megabit per detik.
  5. CAT 5. Kabel UTP kategori 5 (CAT 5) adalah jenis kabel UTP dengan kualitas transmisi lebih baik dibandingkan kabel UTP kategori sebelumnya. Kabel UTP kategori 5 mempunyai desain untuk mendukung komunikasi data dan komunikasi suara pada kecepatan sampai 100 megabit per detik.
  6. CAT 6. Kabel UTP kategori 6 (CAT 6) adalah jenis kabel UTP dengan sertifikat resmi paling tinggi diantara lainnya.
  7. CAT 7. Kabel UTP kategori 7 (CAT 7) adalah jenis kabel UTP premium yang sangat cocok sebagai media yang high traffic berbagai macam aplikasi didalam sebuah kabel (single cable). Maksimum data yang bisa terkirim sampai dengan 10 gigabit per detik dengan frekuensi 1000 Mhz.

Sekian informasi mengenai Kabel UTP yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Dan Fungsi Kabel UTP | Admin | 4.5
%d bloggers like this: