Pengertian BitCoin, Sejarah dan Penyebarannya Sebagai Mata Uang Digital

Sekarang ini jual beli di dunia internet sudah berkembang dengan pesat. Bukan hanya proses transaksinya yang semakin beragam, tapi juga kehadiran dari mata uang virtual baru yang bernama BitCoin.

Semenjak dikenalkan pada tahun 2009 silam, mata uang ternyata mulai digunakan oleh beberapa pelaku eCommerce di dunia. Untuk lebih mengenal BitCoin ini silahkan simak penjelasan berikut ini.

Sejarah Dan Pengertian BitCoin

BitCoin adalah sebuah mata uang virtual yang dapat kita gunakan untuk bertransaksi secara online. Untuk bentuknya bukan seperti mata fisik seperti yang sering kita jumpai, melainkan hanya sebuah file layaknya file-file umum biasa. Tapi file tersebut berisikan dengan enskripsi dari kode-kode unik yang menjadikannya tak sama satu dengan yang lainnya.

Kita juga dapat menyimpan file BitCoin kedalam komputer maupun flash disk bahkan software yang dimanakan dengan BitCoin Digital Wallet. Bukan hanya itu saja tapi kita juga dapat menyimpannya di jasa penyimpanan BitCoin di internet yang bentuknya mirip sosial cloud.

Dari beberapa sumber BitCoin ini lahir pada tahun 2007 oleh seorang ahli yang mengembangkan sebuah mata uang virtual baru yang terikat oleh pihak atau otoritas manapun. Orang tersebut berasal dari Jepang yang bernama Satoshi Nakamoto, dia mengaku pengembangan BitCoin ini dilakukannya selama 2 tahun dan mulai melepasnya pada tahun 2009.

Tetapi beberapa ahli yang mengatakan bahwa sang penemu adalah nama fiktis semata. Bahkan beberapa ahli lain berpendapat BitCoin diciptakan oleh seseorang (kelompok) yang memang ingin membuat suatu persepsi baru dalam dunia transaksi online. Dan tujuan utama tak lain untuk mendapatkan keuntungan.

Entah mana yang benar, tapi yang jelas sekarang ini kita sudah dapat menggunakan BitCoin ini, kita juga dapat mencari beberapa informasi di Kaskus. Karena disana juga sudah ada orang menjual belikan BitCoin.

Penyebaran BitCoin

Untuk penyebaran dari BitCoin sudah hampir di seluruh penjuru dunia. Tapi ada juga negara yang menolak penggunakan BitCoin sebagai alat transaksi online. Mereka mereka menganggap penggunaan BitCoin sebagai alat transaksi online ini tak aman. Bukan hanya itu saja tapi juga dikhawatirkan akan mempunyai dampak negatif bagi kestabilan transaksi online di negara mereka.

Kelemahan lain dari ButCoin ini adalah bentuknya yang hanya seperti file biasa, yang berkemungkinan BitCoin rusak, hilang ataupun terhapus. Dan kelemahan terbesarnya adalah BitCoin sebuah alat transaksi yang hadir dikarenakan ada kepercayaan dan kemauan dari para penggunanya. Dengan begitu pada saat tak ada yang mau untuk menggunakannya BitCoin menjadi tak bernilai.

BitCoin ini muncul akibat hasil dari perkembangan dunia ecommerce yang tumbuh terlalu masih. Bagi kita pelaku ecommerce bisa saja mengikuti dan mengerti lebih dalam akan berkembangan yang ada. Tapi yang paling penting bagi seorang pelaku ecommerce adalah keamanan dalam transaksi yang kita lakukan.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: