Pengertian Biosfer dan Manfaatnya Bagi Kehidupan di Bumi

Biosfer berasal dari dua buah kata bahasa Latin yaitu bios dan sphaira. Bios mempunyai arti sebagai hidup atau kehidupan sedangkan sphaira mempunyai arti sebuah lapisan. Apabila diartikan secara etimologis, biosfr merupakan sebuah lapisan bumi yang dapat ditinggali dan dihuni oleh makhluk hidup. Guna mempertahankan kelangsungan hidupnnya, tentu saja makhluk hidup yang ada di bumi membutuhkan tempat untuk tinggal.

Tempat untuk tinggal dari berbagai macam makhluk hidup di muka bumi baik itu tumbuhan, hewan, bakteri, manusia, maupun jenis makhluk hidup lainnya itulah yang disebut sebagai biosfer. Pengertian lain dari biosfer adalah bagian terluar dari bumi yang melingkupi perairan, daratan, dan juga udara dimana bagian terus dapat digunakan sebagai tempat tinggal makhluk hidup dan menjadi tempat berlangsungnya proses biotik.

Biosfer dapat dikatakan sebagai sebuah sistem ekologi yang sifatnya global dimana keberadaaanya mampu menyatukan segala jenis makhluk hidup dan meghasilkan hubungan diantara para makhluk hidup tersebut seperti halnya interaksi antara makhluk hidup dengan bagian litosfer, atmosfer, maupun hidrosfer dari bumi. Bumi, hingga detik ini masih menjadi satu satunya tempat di jagad raya yang mendukung adanya unsur unsur kehidupan dan cocok untuk dijadikan tempat tinggal.

Tiap tiap makhluk hidup akan mempunyai habitatnya masing masing dalam biosfer guna mempertahankan kelangsungan hidupnya memakai caranya masing masing.

Tempat hidup dari makhluk hidup yang ada di biosfer dinamakan sebagai habitat. Baik itu manusia, hewan, maupun tumbuhan akan mempunyai habitatnya masing masing yang disesuaikan dengan kondisi fisik dan caranya dalam mempertahankan diri dari sebuah kondisi tertentu yang ada di permukaan bumi.

Contoh dari biosfer misalnya adalah planet bumi dimana planet ini sampai detik arikel ini ditulis masih menjadi salah satu tempat yang mampu memberikan dukungan kehidupan dan dapat ditinggali oleh berbagai macam makhluk hidup.

Meskipun ada beberapa penelitian yang menyatakan bahwa ada tempat lain di seantero tata surya yang dapat mendukung kehidupan, namun faktanya masih bumi yang paling aman dan mendukung unsur unsur kehidupan hingga saat ini.

Berbicara tentang biosfer, anda tentu akan mengenal istilah cagar biosfer. Cagar biosfer dapat dikatakan sebagai sebuah kawasan dari ekosistem tertentu yang mempunyai unsur keseluruhan alam yang dilindungi dan juga dilestarikan dimana hal tersebut akan digunakan untuk kepentingan pendidikan dan juga penelitian. Tujuan diadakannya cagar biosfer ini cukup banyak, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Guna melestarikan berbagai macam keanekaragaman hayati yang ada di ekosistem dan berguna untuk menjaga berbagai macam keanekaragaman genetik agar melalui proses evousi terus menerus tanpa berhenti.
  2. Guna menyediakan dan memberikan sebuah tempat dan daerah bagi penelitian.
  3. Guna memberikan sarana untuk pelatihan dan juga pendidikan.

Dalam biosfer, terdapat dua buah faktor yang dapat memberikan pengaruh adanya persebaran flora dan fauna di muka bumi ini, faktor tersebut terbagi menjadi faktor biotik dan faktor abiotik.

  1. Faktor abiotik, merupakan faktor yang sifatnya fisik seperti contohnya iklim berupa suhu, kelembapan, dan lain sebagainya, air, kondisi tanah, dan tinggi sebuah wilayah di muka bumi.
  2. Faktor biotik sendiri merupakan faktor yang sifatnya non fisik sebagaimana halnya hewan, tumbuhan, dan juga manusia.

Demikianlah tadi pembahasan dan uraian singkat terkait dengan pengertian biosfer dan manfaatnya dalam kehidupan di muka bumi ini.

Cari Artikel di Sini



Leave a Reply

*

%d bloggers like this: