Pengertian Akuntansi Berdasarkan Beberapa Pandangan

Pengertian-Akutansi

Pengertian akuntansiUntuk artikel yang ini kami akan menjelaskan apa itu akuntansi? Hal ini sangatlah penting dipelajari untuk anda semua yang ingin memulai bisnis ataupun yang sekedar ingin tahu.

Karena di dalam akuntansi akan memberikan laporan keuangan dalam bisnis anda baik itu pengeluaran dan juga pemasukan yang mempunyai rincian tanggal, jumlah kegunaan/sumber, dan lain-lainnya.

Untuk lebih jelasnya tentang apa itu akuntansi silahkan perhatikan penjelasannya berikut ini.

Akuntansi merupakan bahsa bisnis yang biasa digunakan untuk pengambilan keputusan ekonomi. Informasi akuntansi sangatlah dibutuhkan dari mulainya bisnis sampai dibubarkannya untuk menjadi referensi bagi para pengambil keputusan. Proses akuntansi ini terus berkembang dari zaman ke zaman.

Ini dimulai dari tahun 1494 oleh Luca Pacioli, seorang dari Italy. Yang memberikan ajran akuntansi dalam bukunya berjudul “summa de aritmatica, geometrica, propportini et proportionalita”.

Ajaran akuntansi tersebutlah mulai berkembang mengikuti perkembangan bisnis juga, begitupun dengan pengertian akuntansi sendiri.

Sebenarnya banyak pengertian bagi akuntansi itu sendiri, akan tetapi di artikel ini akan memberikan 4 definisi dari berbagi sumber yang dapat menjadi patokan / landasan bagi anda untuk memahami akuntansi lebih jauh.

Pertama, menurut American Institute of Certified Public Accoutants (AICPA), tahun 1953 dalam Accounting Terminology Bulettin No 1.

Yang bila diartikan dalam bahasa Indonesia maka pengertian akuntansi merupakan suatu seni pencatatan, pengklasifikasikaan, dengan cara tertentu, yang baik itu dinyatakan dalam uang, transaksi, dan juga peristiwa, paling tidak catatan itu mengenai karakter keuangan dan penafsiran dari hasilnya.

Kedua, menurut American Accounting Association (AAA), pada tahun 1966, yang terkandung dalam A Statement Of Basic Accounting Theory.

Dalam hal ini AAA mengartikan akuntansi sebagai proses, dimana proses itu dapat meliputi identifikasi, pengukuran, dan juga cara pengkomunikasian sebuah informasi ekonomi, yang memungkinkan penilaian, dan juga mempengaruhi pengambilan keputusan yang sangatlah berharga bagi pengguna informasi tersebut.

Ketiga, menurut AICPA, dalam APB Opinion No. 4 pada tahun 979, mendefinisikan akuntansi sebagai aktivitas jasa yang dimana fungsinya untuk memperoleh informasi dimana informasi tersebut berupa angka, atau lebih tepatnya tentang finansial, dari suatu unit entitas ekonomi.

Baca Juga : Pengertian Akuntansi Keuangan dan Fungsinya

Dimana semua itu dimaksudkan agar dapat digunakan untuk pengambilan keputusan ekonomi, untuk menentukan pilihan yang dianggap tepat yang punya dasar yang amat kuat dibandingkan dengan pilihan yang lain bila kita ambil.

Keempat, karena perkembangan bisnis yang telah memasuki zaman informasi (Koplan & Norton, tahun 1996) yang dimana akan mempengaruhi pengertian dari akuntansi. Menurut Waren, et. al(2004) mendefinisikan akuntansi sebagai suatu sistem informasi. Yang dimana sistem informasi tersebut merupakan bagian dari keseluruhan bisnis keseluruhan di zaman informasi ini.

Dimana kesenjangan dalam memperoleh informasi ini berakibat pada perubahan kesejahteraan orang yang banyak.

Perkembangan zaman membuat akautansi lebih multidimensi dan dapat dilihat dari berbagai aspek (perspektifa). Menurut Belkaoui (1986), Sudibyo (1987), dan juga Harahap (2001) menjelaskan bahwasannya saat ini akuntansi ini dapat dipandang sebagai sebuah ideologi, bahasa, catatan historis, realitas ekonomi, sistem ekonomi dan teknologi.

Baca Juga : Contoh Laporan Arus Kas

Pada saat ini juga akuntansi telah dianggap bukan hanya alat pelaporan atau pengukuran kinerja dari sebuah perusahaan ataupun pertaggungjawaban, melainkan sekarang sudah menjadi dasar sebagai pemilihan strategi sebuah entitas.

Demikian penjelasan mengenai pengertian dari akuntansi. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua. Terima kasih telah membaca artikel kami, sampai jumpa di artikel yang lain.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Akuntansi Berdasarkan Beberapa Pandangan | Admin | 4.5
%d bloggers like this: