Pengertian Akuntansi Biaya dan Tujuannya

Akuntansi Biaya – Meskipun nama website ini rocket manajemen tetapi kami juga sengaja menyajikan artikel/kajian lain tetapi masih seputar dunia manajemen, salah satunya adalah akuntansi. Kenapa kami banyak membahas tentang akuntansi?

Karena manajemen dan akuntansi itu seperti gula dan teh, berbeda tetapi tidak bisa dilepaskan. Karena itulah, selain manajemen dalam blog ini juga tidak sedikit artikel yang membahas tentang akuntansi ataupun bisnis.

Pengertian Akuntansi Biaya

Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang akuntansi biaya. Apa itu akuntansi biaya? Akuntansi Biaya adalah suatu proses yang didalamnya terjadi pencatatan, penggolongan dan peringkasan atas suatu biaya produksi, penjualan produk ataupun jasa menggunakan suatu cara tertentu lengkap dengan intepretasinya/penjelasannya.

Akuntansi biaya ini sangat diperlukan untuk pertanggung jawaban kepada pihak eksternal misalkan investor ataupun kreditor serta pihak internal (manajemen) perusahaan itu sendiri. Laporan keuangan/financial report yang diberikan kepada pihak manajemen biasanya disesuaikan dengan kebutuhan pihak manajemen saja, sedangkan untuk pihak eksternal biasanya dalam bentuk laporan raba-rugi serta neraca perusahaan.

Khusus bagian manajemen data dan informasi biaya tersebut sangatlah penting untuk pengambilan kebijakan/keputusan kedepannya.

Pengertian Akuntansi Biaya Menurut Ahli

Menurut Abdul Halim, definisi akuntansi biaya adalah :

Akuntansi biaya adalah akuntansi yang berbicara mengenai penentuan Harga Pokok (cost) atas suatu produk yang dihasilkan (atau produk yang dijual dipasar)  baik itu untuk pemenuhan pesanan dan para pemesan ataupun untuk dijadikan persediaan barang dagang yang nantinya akan dijual.

Tujuan Akuntansi Biaya

Akuntansi biaya memiliki fungsi dan tujuan yang sangat kompleks dalam suatu instansi/perusahaan. Salah satu tujuan utama akuntansi biaya adalah untuk perencanaan dan pengendalian budget atau biaya. Tim manajemen menyusun estimasi income atau pendapatan yang akan diperoleh serta seberapa banyak cost yang harus dikeluarkan perusahaan untuk mencapai tujuan pendapatan yang telah ditentukan.

Dasar utama yang digunakan oleh tim manajemen dalam menentukan estimasi budget dan income tersebut ialah data historis dalam bentuk informasi akurat yang diberikan oleh tim akuntansi biaya, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk menggunakan faktor-faktor lain yang berpotensi mempengaruhi estimasi biaya tersebut.

Langkah selanjutnya adalah mereka mulai mengaudit/memerika ulang apakah biaya-biaya yang dikeluarkan apakah sama dengan biaya yang diestimasikan/direncanakan sebelumnya. Jika ada penyimpangan anggaran maka tim manajemen harus bisa menganlisa sebab serta mempertimbangkan langkah koreksi kedepannya yang dibutuhkan.

Fungsi akuntansi biaya lainnya adalah dalam hal penentuan harga pokok atas suatu produk atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan. Jangan sampai harga yang ditawarkan terlalu tinggi ataupun terlalu rendah oleh konsumen. Karena salah penentuan harga akan sangat fatal akibatnya.

Salah satu cara penentuan harga adalah menentukan harga pokok produksi yang diperlukan oleh perusahaan, biaya tersebut disajikan dalam sebuah biaya historis perusahaan.

Umumnya akuntansi biaya diperlukan untuk memenuhi kebutuhan dari tim manajemen puncak / direksi serta pihak eksternal. Karena itulah dalam penyajian hasilnya digunakan Standard Akuntansi Keuangan (SAK) yang telah berlaku

Tujuan akuntansi biaya lainnya adalah pengambilan keputusan oleh manajemen, hal ini berkaitan langsung atas masa depan perusahaan. Karena itulah dasar pengambilan keputusan manajemen menggunakan informasi akuntansi yang akurat dan relevan sehingga keputusan yang diambil dapat tepat sasaran.

Itu tadi adalah sedikit penjabaran tentang pengertian dan tujuan akuntansi biaya. Pada intinya akuntansi biaya sangat dibutuhkan oleh setiap perusahaan, karena data historis yang disajikan sangatlah penting digunakan oleh manajemen dalam mengambil keputusan atau kebijakan untuk waktu yang akan datang. Baca juga akuntansi anggaran karena ini juga berkaitan dengan akuntansi biaya.

Cari Artikel di Sini



Leave a Reply

*

%d bloggers like this: