Pengertian Akuntansi Anggaran dan Tujuannya

Pengertian Akuntansi Anggaran

Akuntansi Anggaran – Pada artikel-artikel sebelumnya saya telah banyak membahas tentang pengertian-pengertian akuntansi, baik akuntansi secara spesifik misalnya akuntansi pemerintahan ataupun definisi akuntan pada umumnya. Pada artikel kali ini saya ingin membahas tentang akuntansi anggaran. Apa itu Akuntansi Anggaran ?

Pengertian Akuntansi anggaran adalah teknik akuntansi yang digunakan untuk mencatat setiap transaksi-transaksi yang terjadi dan tedapat pada setiap anggaran mulai dari anggaran yang disyahkan, dialokasikan, ataupun yang dilaksanakan sampai pada penutupan buku anggaran akhir tahun.

Pada setiap perusahaan, instansi, ataupun organisasi-organisasi lain yang menggunakan dana/anggaran didalamnya teknik ini sangatlah penting digunakan untuk memanajemen anggaran yang ada. Jika tidak dilakukan pembukuan yang tepat maka sangat besar kemungkinan terjadinya over budget atau kelebihan dana yang tak terduga.

Akuntansi Publik

Akuntansi Anggaran Sangat Penting Untuk Perusahaan (Gambar : Google)

Efeknya apa? Efeknya neraca kesetimbangan tidak akan setimbang, alias lebih besar pengeluaran daripada pemasukan. Hal ini tidak boleh terjadi, jika hal ini terjadi maka perusahaan akan diambang kebangkrutan. Karena itulah, teknik akuntansi anggaran sangat penting digunakan oleh setiap badan usaha guna mengontrol setiap aliran dana/anggaran yang ada.

Selain itu juga, dengan pembukuan/pengolalaan akuntansi anggaran yang tepat maka perusahaan dapat mengestimasi dan merencanakan anggaran untuk bulan/tahun depannya. Karena perusahaan telah mempunyai data sebelumnya, sehingga data tersebut dijadikan acuan atau dasar untuk mengambil keputusan kedepannya.

Itu tadi adalah pengertian dari akuntansi anggaran pada intinya akuntansi anggaran adalah teknik dalam akuntansi untuk mencatat setiap transaksi yang keluar dan masuk dalam suatu instansi. Semoga artikel singkat ini bermanfaat bagi Anda. Terimakasih.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Akuntansi Anggaran dan Tujuannya | Admin | 4.5
%d bloggers like this: