Pengertian Negara, Unsur dan Fungsinya

Negara adalah suatu organisasi yang mana didalamnya terdapat penduduk (rakyat), wilayah yang permanen, dan juga pemerintahan sah.

Untuk definisi negara dalam arti luas adalah negara merupakan sosial (masyarakat/penduduk) yang mana telah diatur secara konstitusional (berdasarkan undang-undang) dalam mewujudkan semua kepentingan bersama.

1. Unsur-Unsur Negara

Rakyat ataupun penduduk, adalah suatu warga negara yang mana memiliki tempat tinggal dan juga memiliki kesepakatan diri untuk bersatu. Warga negara adalah pribumi atau penduduk asli Indonesia dan penduduk negara lain (asing) yang mana sedang berada di negara Indonesia dalam tujuan yang lain.

Sedangkan wilayah adalah suatu tempat tinggal penduduk di suatu negara serta hal tersebut merupakan tempat penyelenggaraan suatu pemerintahan yang sah. Umumnya suatu wilayah disuatu negara terdiri dari daratan, lautan dan juga udara.

Akan tetapi ada juga yang mempunyai wilayah lautan, karena berada di antara negara-negara lain, dan yang jelas sudah pasti negara mempunyai wilayah berua daratan dan juga udara. Wilayah suatu negara dapat juga berbatasan dengan wilayah negara lainnya (Negara Asing).

Untuk batas-batas wilayah suatu negara ini dapat berupa, bentang alam seperti halnya danau, sungai, pegunungan, laut, lembah dan lain sebagainya. Selain bentang alam ada juga batas wilayah suatu negara yang berupa batas buatan, contohnya seperti pagar kawat berduri, pagar tembok, ataupun cuma sekedar patok.

Lalu ada juga batas menurut ilmu pasti yakni berdasarkan garis lintang serta garis bujur.

Sedangkan untuk pemerintahan yang sah serta pemerintah yang berdaulat adalah pemerintahan yang mana dibentuk oleh rakyat, dan juga mempunyai kekuasaan paling tinggi. Pemerintahan yang sah akan dihormati dan juga diaati oleh seluruh rakyat ataupun pemerintahan negara yang lain.

Kedaulatan, merupakan suatu kekuasaan yang tertinggi untuk dapat membuat Undang-Undang (UU) dan juga melaksanakannya dengan segala cara.

2. Fungsi Negara

Negara mempunyai beberapa fungsi, diantaranya :

Fungsi Ketahanan dan Keamanan, suatu negara wajib untuk dapat melindungi unsur negara Negara (yakni berupa rakyat, wilayah, serta pemerintahan), dari segala aspek ancaman, gangguan maupun hambatan bahkan tantangan yang lain yang mana bisa berasal dari faktor eksternal bahkan internal.

Fungsi Keadilan, pastinya suatu negara wajib untuk berlaku adil dimata ataupun dimuka hukum tanpa adanya diskriminasi maupun kepentingan tertentu dari pihak-pihak yang tak bertanggung jawab.

Sebagai contoh, setiap orang yang telah melakukan suatu kejahatan akan mendapatkan hukuman sesuai kejahatannya tanpa memandang kedudukan, ataupun jabatannya.

Fungsi Kesejahteraan dan Kemakmuran, suatu negara pastinya dapat mengeksplorasi sumber daya alam yang dipunyai agar dapat menigkatkan kesejahtaraan hidup bagai seluruh warga negaranya agar dapat hidup lebih makmur dan juga sejahtera.

Fungsi Pengaturan dan Keadilan, dalam suatu negara akan membuat peraturan perundang-undangan yang mana untuk dapat melaksanakan semua kebijakan dengan adanya landasan yang kuat agar dapat membentuk suatu tatanan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan juga bernegara.

Nah itu tadi sekelumit pengertian dan juga unsur-unsur yang harus ada disuatu negara. Semoga dapat bermanfaat bagi anda semua.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Negara, Unsur dan Fungsinya | Admin | 4.5
%d bloggers like this: