50 Peluang Bisnis Online Modal Kecil yang Bisa Dikerjakan dari Rumah Untung Jutaan

Peluang Bisnis Online – Siapa sih yang tidak ingin hidup berkecukupan terutama ekonominya? Ya, saya yakin semua orang ingin hidup berkecukupan.

Banyak orang tua yang berkata kepada anak-anaknya “sekolah yang rajin ya nak, biar besok bisa kerja dan penghasilan banyak”. Nah, kata-kata itu sering kita dengar bukan? Sebenarnya itu sugesti yang baik, tetapi juga bisa berakibat buruk.

Mengapa? Karena dalam kata-kata itu bisa “kerja”, kata kerja memang identik dengan bekerja di perusahaan. Meskipun kata kerja bisa juga berarti membuka usaha. Tapi, coba deh kalau dari kecil kita sudah tertanam “Sekolah yang rajin ya, biar bisa mbuka usaha dan banyak mempekerjakan orang lain”.

Sekarang ini mencari pekerjaan semakin sulit, kualifikasi perusahaan dalam menerima pekerjanya semakin ketat. Ditambah lagi dengan semakin tingginya tingkat pengangguran membuat persaingan pelamar kerja semakin ketat.

Artikel Terkait : Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil

Hal ini diperparah dengan semakin tingginya kebutuhan hidup, dan semakin seringnya demo yang dilakukan para buruh yang menuntut “hak” mereka.

Kalau sudah begini siapa yang salah? Tidak ada yang salah! Yang salah karena kita tidak mau berusaha saja. Sebenarnya jika kita bisa melihat pelulang ada buanyak sekali peluang-peluang yang dapat kita ambil dan jadikan usaha.

Salah satu trend bisnis yang populer sekarang ini adalah trend membuka bisnis online. Di Indonesia sendiri internet sudah ada sejak tahun 90an, dan sangat booming mulai tahun 2000an. Dan sekarang? Internet sudah seperti kebutuhan primer ke empat setelah sandang, pangan, dan papan.

Jika kita cermat, bukankah ini sangat membuka peluang untuk kita membuka usaha? Dan jika kita mau berusaha hasil yang dicapai di bisnis online ini tidak kalah dengan hasil jika kita membuka usaha offline.

Lalu apa saja peluang usaha online itu? Dalam artikel ini saya ingin membahas kurang lebih 44 peluang usaha online yang dapat kita mulai. Artikel ini bisa dikatakan tambahan dari yang pernah diulas oleh blog panduanim.com.

Peluang Usaha Online yang Bisa Anda Mulai Sekarang Juga

Sebenarnya artikel ini pembahasan lebih lengkap dari artikel sebelumnya yaitu 8 model bisnis online tanpa modal. Dalam artikel itu hanya membahas jenis-jenis bisnis online secara umum saja belum spesifik. Nah, dalam artikel ini saya ingin membahasanya secara spesifik.

Artikel Terkait : Peluang Usaha Sampingan untuk Karyawan

Sebelum lanjut ke pembahasan berikutnya, saya sarankan kamu telah membaca artikel saya tentang modal penting bisnis online. Jika sudah memahami modal-modal yang wajib dipenuhi maka silahkan lanjut ke 50 peluang usaha online berikut ini :

1. Buat Web Toko Online / Online Shop

Cara yang paling lazim adalah kita membuat toko online atau onlineshop. Tidak sedikit orang yang sukses membuat toko online sendiri. Bagaimana cara membuat web toko online?

Sebetulnya caranya itu gampang, kita tidak usah membuat toko online dengan beragam fitur seperti toko online-toko online besar seperti lazada, blibli, dll.

Kita cukup membuat website yang menyediakan informasi seputar produk kita. Satu halamanpun sudah cukup jika barang yang kita jual Cuma satu saja. Tidak usah membuat fitur seperti shopping cart, live chat, dll. Cukup satu buah artikel lengkap dengan foto produk + nomor kontak yang dihubungi.

Lalu bagaimana membuat website itu? Kita bisa membuat sendiri jika paham bahasa pemrograman website, atau kita bisa menggunakan jasa layanan pembuatan web gratis seperti wordpress, joomla, dll. Kemudian kita install di server hosting kita.

Artikel Terkait : Panduan Lengkap Beli Hosting dan Domain

Masih susah? Langkah paling gampang adalah membuat blog gratisan menggunakan wordpress.com atau blogger.com. Keliatan murahan? Kita bisa custom domain sesuai dengan keinginan kita, misal menjadi ikitoko.com, atau alamat-alamat lainnya.

Buatnya tidak susah, kalau sudah mahir satu jam saja sudah siap itu website. Tidak percaya? Silahkan googling, atau diartikel berikutnya saya akan membahas cara membuat website toko online.

Lalu, yang menjadi pertanyaan banyak orang adalah darimana kita dapat barang dagangannya? Simple, kita bisa menjual produk kita sendiri. Tidak ada produk? Ya kita jual aja produk teman, atau yang lainnya. Kita tinggal mengambil keuntungan sewajarnya saja.

2. Jualan Online di Website Marketplace (Pasar Online)

Kalau yang pertama tadi adalah web toko online, kalau kedua ini adalah web marketplace. Apa sih website marketplace itu?

Seperti namanya marketplace atau jika di indonesiakan menjadi tempat pasar/jual beli. Jadi logikanya begini, jika di website toko online kamu seperti mempunyai warung/toko sendiri di pinggir jalan alias tidak nimbrung di mall atau pasar orang lain.

Kalau marketplace itu ya ibarat pasar/mall, dalam satu marketplace ada buanyak penjualnya tidak Cuma satu. Kalau web toko online itu ya Cuma kita sendiri yang menjual produk di web tersebut.

Salah satu kelebihan marketplace adalah kita tidak perlu mencari pengunjung/pembeli. Karena marketplace biasanya sudah ramai dengan pembeli mencapai puluhan ribu bahkan jutaan pengunjung tiap bulannya.

Kalau kita buat website sendiri ya kita harus ekstra keras untuk mempromosikan website kita, ya sama kalau buat toko sendiri di pinggir jalan nan sepi kita harus ekstra keras untuk promosi toko kita supaya ramai. Kalau dipasar kan sudah ramai, jadi kita tidak perlu promosi dengan tenaga ekstra.

Tapi….

Namanya juga “pasar” tentu saja pedagang lain yang menjual barang sejenis juga buanyak, tentunya kita harus bisa bersaing terutama di segi kualitas dan harga. Orang kalau pergi ke pasar tentunya mencari barang dengan harga paling murah bukan ?

Nah sama, kalau di web toko online kita sendiri hanya kita yang jual barang sehingga tidak ada persaingan didalamnya berbanding terbalik dengan marketplace. Pembeli dapat mencari barang jenis A, dimana barang jenis A itu yang jual tidak hanya satu orang. Tentu saja pembeli akan memilih dulu barang mana yang kualitasnya sama tapi harganya murah.

Artikel Terkait : Cara Jualan Lewat Instagram

Itu repotnya kalau jualan di marketplace, selain itu juga kita tidak bisa langsung menerima pembayaran kalau ada orang yang membeli barang kita. Kenapa?

repotnya kalau jualan di marketplace, selain itu juga kita

Konsep Jualan di Tokepdia

Karena dalam marketplace itu menerapkan sistem seperti “rekber” atau rekening bersama. Jadi kita menjual barang, trus ada yang mesen. Pembeli transfer uang ke pihak tokopedia, tokopedia memberikan notifikasi bahwa si pembeli membeli barang kamu dan sudah transfer. Kemudian, kita kirim deh barang ke pembeli. Kalau sudah sampai pembeli akan konfirmasi ke tokopedia bahwa barang sudah diterima, baru deh tokopedia transfer uang ke kamu.

Lalu, bagaimana jika pembeli tidak konfirmasi pembayaran?

Jika hal itu terjadi maka pihak marketplace seperti tokopedia dan bukalapak akan menunggu hingga 30 hari baru bisa di tarik tunai. Itulah salah satu kelemahan di marketplace bagi penjual. Karena kita tidak bisa menerima uang pada hari itu juga. Tapi, hal ini dilakukan untuk melindungi hak-hak pelanggan dan meminimalisir terjadinya penipuan online.

3. Jualan Online Lewat Sosial Media

Cara ini tak kalah populer dibanding 2 diatas tadi, sekarang ini orang lebih banyak menghabiskan waktu di sosial media mereka entah di facebook, instagram, atau twitter.

Jumlah Pengguna Sosial Media di Indonesia

Jumlah Pengguna Sosial Media di Indonesia

Data diatas saya dapatkan dari website techinasia indonesia bisa dilihat bukan? Ada 79juta orang Indonesia yang join di Facebook! Ingat ini hanya di facebook saja, belum di twitter, instagram, atau sosial media populer lainnya.

Sudah terbayang peta pasar yang dapat dimanfaatkan? Nah, Facebook sendiri telah menyediakan fitur fanspage dimana kita bisa membuat halaman untuk menjual produk kita. Halaman ini bisa dikatakan sebagai “online katalog”. Halaman ini bisa digunakan sebagai pengganti website.

Artikel Terkait : Lebih Baik Mana? Jualan Lewat Instagram atau Facebook?

Selain lewat facebook kita juga bisa jualan lewat sosial media lain seperti instgram. Sekarang instagram sudah seperti twitter jaman dulu, dimana buzzer-buzzer bermunculan yang biasa disebut dengan “selebgram”.

Ada banyak selebgram-selebgram bermunculan seperti riarichis, gadis cantik nan imut ini sukses menjadi buzzer populer dengan banyak endorse-endorse produk didalamnya.

Ada mastah yang pernah bilang bahwa “kalau SEO itu barang yang dicari orang, sedangkan Sosial Media itu barang yang dibutuhkan orang”. Artinya kalau lewat SEO itu kita dicari, kalau lewat sosial media itu kita menawarkan.

Jika kamu ingin membangun brand, sosial media adalah tempat paling bagus. Contoh, tau hipwee? Ya situs berbasis komunitas ini sangat booming lewat artikel-artikel menariknya tentang anak-anak muda.

Sekarang yang jadi pertanyaan, apa iya artikel yang disajikan hipwee itu bisa dicari lewat search engine? Jawabannya bisa! Tapi, dengan kata kunci apa? Orang akan sulit mencari kata kunci yang pas untuk setiap artikel di hipwee, tapi artikel yang disajikan hipwee itu dibutuhkan / disukai oleh anak-anak muda.

Karena itulah, hipwee itu booming karena konten viralnya di sosial media. Karena artikelnya unik, menarik, dan anak muda banget maka sangat mudah bagi hipwee untuk menciptakan konten viral. Lalu emang ada untungnya membuat site seperti hipwee?

Eitsss keuntungan hipwee itu tak sedikit, buktinya hipwee akhir tahun 2015 kemarin di akuisisi oleh migme dengan nilai $3 Juta ! Atau sekitar Rp 29,7 miliar seperti dikutip dari techinasia.

Nah hipwee itu sebagai contoh saja bahwa hipwee berhasil “jualan” konten dengan mengoptimalkan sosial media. Hal ini sangat terbuka lebar jika kamu mempunyai barang-barang unik alias DIY (do it yourself!). barang-barang unik itu akan sulit dijual lewat SEO tapi lebih mudah lewat sosial media.

4. Jualin Barang Orang Tanpa Modal, Hasil Melimpah / Dropshipper

Kamu tidak punya barang dagangan? Nah, salah satu solusi terbaik adalah dropshipping. Apa itu dropshipping?

Konsep Bisnis Dropship

Konsep Bisnis Dropship (gambar : startupbisnis.com)

Jadi gini, misal kamu ingin jual parfum, tapi tidak punya parfum. Dan mau stok barang itu tidak ada modal. Karena itulah kamu cari supplier A yang jual parfum dan menerima sistem dropship. Jadi, misal harga jual parfum 100ribu, dan harga jual dropshipper itu 70 ribu, maka kamu untung 70 ribu.

Jadi, kamu tawarkan deh secara online parfum tersebut seharga 100rebu, setelah pembeli transfer 100rebu ke kamu, kamu langsung transfer 70rebu ke supplier A. Untung 70rebu kan? Nah, kemudian supplier A itu ngirim parfum ke konsumen yang membeli tadi atas nama kamu bukan atas nama supplier.

Artikel Terkait : Cara Jualan Lewat Facebook

Enak bukan? Kita tidak harus repot-repot stok barang, jika barang dari supplier A habis kita bisa mencari barang yang sama ke supplier B. Jadi kita tidak harus pusing-pusing.

Tapi…

Bagaimana cara mencari supplier tersebut? Nah, kita bisa kok nyari di google dengan keyword “nama barang dropship” atau cari aja di kaskus, tokopedia, bukalapak. Hubungi seller-seller yang terkait kemudian tanya apakah menerima dropship atau tidak?

Untuk markup harga itu terserah kita, misal dari penjual itu 70rebu dan harga pasar 100rebu, kita bisa naikkan dikit menjadi 105rebu. Tapi, jangan jual mahal-mahal. Lebih baik murah tapi repeat ordernya cepat, daripada mahal tapi lama klosingnya…

Sama seperti prinsip dagang orang china, harga murah yang penting laku keras… Nanti kalau dijumlahin juga untung banyak.

5. Jualan Tutorial/Panduan Digital Online

Kalau dari 4 peluang usaha tadi kita membahas barang “real” artinya barang nyata, sekarang kita akan membahas barang digital bukan abstrak ya…

Salah satu produk digital yang laris manis adalah jualan panduan atau tutorial. Kamu pasti punya keahlian kan? Mengapa tidak membuat tutorial tentang skill yang kamu punya? Enggak usah ribet-ribet cari yang paling simple saja.

Misal nih, kamu hobi mancing. Mengapa tidak membuat buku/video panduan tentang cara memancing? Mulai dari cara memilih pancing, cara memilih umpan pancingan, sampai cara memasang hasil pancingan.

Masih bingung? Misal kamu mahasiswa IT, mengapa tidak membuat video panduan tentang bahasa pemrograman yang kamu kausai? Masak iya 1 aja bahasa pemrograman tidak ada yang kamu kuasai?

Misal kamu jago pemrograman web, kamu bisa membuat panduan dari dasar html, css, lalu kemudian naik ke pembahasan bahasa tingkat lanjut seperti PHP, database mysql, jquery dan ajax.

Masih gak ada ide? Kamu ibu rumah tangga? Jago masak? Mengapa tidak membuat video panduan memasak? Kamu bisa membuat panduan memasak layaknya chef profesional di acara tv-tv nasional yang sering kita tonton.

Sebetulnya ada buanyak sekali ide yang dapat kamu gunakan sebagai bahan tutorial/panduan. Bagaimaina menemukan ide tersebut?

Sama seperti kata jack ma founder dari alibaba, kurang lebih beliau mengatakan bahwa dimana ada orang mengeluh disana ada potensi. Jadi, coba deh cari hal-hal yang banyak dikeluhkan orang lain. Riset, dalami, dan buatlah solusi dalam bentuk panduan/tutorial.

So, jangan males untuk ekplore problem ya! “Turn their problem into your profit”.

6. Jual Stock Royalti Desain

Bingung maksutnya?

Gini… salah satu kelebihan menjual produk digital adalah kita mau menjual 1 barang dengan menjual 1000 barang itu modalnya sama saja!

Tidak percaya? Misal, kamu buat sebuah desain, nah desain itu kamu jual dengan license reguler artinya kamu masih memegang penuh hak cipta desain kamu. Nah,, kamu bisa menjual desain itu ke 1, 2, 3, atau ribuan orang bukan? Padahal walaupun kamu jual ke 1 orang dengan 1000 orang juga capek ndesainnya sama saja!

Artikel Terkait : 7 Masalah Strategi Penjualan

Berbeda dengan produk non digital, kamu misal mau menjual 1 kue maka bahan yang dibutuhkan ya 1 , kalau menjual 1000 kue bahan yang dibutuhkan ya 1000. Kalau produk digital, mau menjual 1 atau 1000 bahan yang dibutuhkan ya Cuma 1! Jadi untungnya bisa berkali-kali lipet!

Sudah paham?

Kalau belum begini, tahu microsoft? Ya, perusahaan yang memproduksi windows yang sekarang kita gunakan saat ini. Darimana profit mereka? Ya dari jualan software! Tau bill gates? Ya dia founder microsoft dan orang terkaya di jagat. Mengapa dia menjadi sangat kaya hanya dalam waktu 3 dekade saja? Jawabannya adalah dia menjual produk digital!

Bayangkan, jika microsoft membuat 1 software saja dan laku misal sedikitnya 1juta kopi. Dimana 1 kopi harganya $100, sudah $100 juta bukan? Itu baru 1 software saja yang terjual 1 juta kopi. Padahal ada berapa ratus bahkan ribu software yang diproduksi microsoft? Dan berapa juta bahkan ratusan juta kopi yang telah terjual?

Nah sudah masuk kan maksut saya? Jadi disini kita jualan “license”.

Jadi, jika kamu punya keahlian mendesain coba deh buat satu desain kemudian coba ditawarkan di market international seperti envato grup khususnya di graphicriver.net. Ada nih cerita dari anak SMK (tahun 2014) yang berhasil dapat 7jutaan perbulan dari jualan desain lebih lengkapnya baca disini.

Karena saya mengakui, sangat susah berjualan desain di pasar lokal. Harga yang diminta masyarakat lokal terlalu sadis memang. Karena itulah lebih baik menjual desain di pasar international yang lebih manusiawi.

7. Jual Beli Aged Domain

Apa itu aged domain? Aged domain itu domain yang sudah berumur dan “mati”, sehingga bisa dibeli lagi oleh orang lain lewat sebuah lelang online.

Bagi orang yang paham SEO, aged domain itu sangat diburu karena kualitasnya. Tentu saja bukan asal-asalan aged domain ya. Ada banyak sekali kriteria domain yang harus diperhatikan sebelum menentukan membeli domain. Kurang lebih kriteria aged domain sebagai berikut :

  1. History domain, pastikan domain yang kita beli itu tidak memiliki masa lalu yang kelam. Misal blog bekas j*d*, ata p*r**, dll.
  2. Jumlah dan Kualitas Backlink, ini juga penting kadang kala blog masa lalu itu memiliki backlink yang kuat. Lebih-lebih memiliki backlink dari situs-situs besar seperti CNN, dll. Tapi, pastikan backlinknya bukan berasal dari blog/web aneh-aneh.
  3. Usia Domain, semakin tua semakin bagus. Karena apa? Secara langsung domain yang sudah berumur itu lebih mudah ke indeks oleh google daripada domain baru / fresh domain.

Secara umum sih ketiga hal itu yang wajib diperhatikan sebelum membeli aged domain. Jangan harap harga aged domain itu murah ya! Harganya itu lebih dari harga normal, kalau harga normal itu $10 – $13 maka kalau aged domain itu minimal 20-30an dollar bahkan ada yang sampai ratusan hingga ribuan dollar!

Lalu untuk apa aged domain  itu? Aged domain itu biasanya dibuat untuk membuat web baru alias menghidupkannya kembali dengan niche sesuai dengan yang kita pilih. Atau juga aged domain digunakan untuk membuat backlink yang biasa disebut dengan PBN atau Private Blog Network.

Jadi, jika kamu punya uang lebih terutama saldo di paypal/payment gateway lainnya tidak ada salahnya untuk mengoleksi aged domain tersebut. Sapa tau kalau dijual lebih laku lagi.

8. Jual Beli Web (Web Flipping)

Nah, yang tidak kalah mentereng dari jualan aged domain adalah jual beli web. Orang membuat website itu ada banyak tujuan, ada yang untuk toko online, web pribadi, sekedar curhat, profil perusahaan, dan ada juga yang dijual.

Jual Beli Website

Jual Beli Website

Nah, mengapa suatu website itu sampai dijual oleh yang punya web? Jawabannya ya Cuma satu, karena web itu sudah tak terlalu menguntungkan!

Tapi, ada juga sih yang membuat website emang tujuannya untuk dijual. Balik lagi sih sama tujuan dan prinsip masing-masing.

Nah, lalu dimana tempat jual beli website itu? Kalau di Indonesia ya di forum internet marketing terbesar yaitu ads.id disana ada sub forum khusus jual beli website (klik disini).

Dalam forum itu hampir tiap hari pasti ada aktivitas jual beli, lalu bagaimana cara menjualnya? Kurang lebih aturan forum / situs jual beli website menerapkan aturan sebagai berikut :

  1. Menyertakan link website,
  2. Menyertakan spesifikasi website, seperti mesin apa yang dipakai, jumlah postingan, template yang digunakan.
  3. Data statistik beberapa bulan terakhir
  4. Pendapatan yang diterima tiap bulan (bisa google adsense, toko online, affiliate, atau yang lain).

Nah, berapa sih harga yang dipatok untuk sebuah website itu? Biasanya sih harga yang dijual itu 3-5x earning tiap bulan. Atau bisa juga 10x dari earning tiap bulan. Misal, kamu menghasilkan 10juta/bulan dari blog itu terserah metode monetize (cara menguangkannya) seperti apa. Maka harga jualnya minimal 30-50juta dan biasany maksimal 100juta.

Artikel Terkait : Panduan Lengkap Facebook Marketing

Ada teman saya menjual blog dengan alamat blogspot.com saja dijual kalau tidak salah 60-80 juta! Gila bukan?

Nah, selain di ads.id kita bisa menjualnya di flippa.com , itu web tempat jual beli website terpopuler di dunia. Kalau tidak bisa menjualnya bisa pake jasa yaitu webdijual.com . Silahkan konsultasi aja sama mereka, yang mempunya website itu adalah salah satu tetua di ads.id jadi tidak perlu ragu lagi sama kualitasnya ya.

9. Jual Stock Foto di Marketplace Luar

Nah, menjual produk digital memang ada banyak sekali macamnya. Kalau tadi kita membahas tentang jualan desain, maka sekarang kita berbicara jualan foto.

Foto dijual? Ya! Sebenarnya foto-foto yang ada di internet itu memiliki license, kalau yang gratisan itu memiliki license CC alias Creative Common kita bisa menggunakan foto itu, mengedit, dan mendistribusikannya secara gratis.

Tapi… Tidak sedikit foto yang harus kita beli licensenya agar kita bisa menggunakannya. Nah, bagi kamu yang hobi foto maka jualan stock foto itu cukup menggiurkan. Ada banyak sekali tempat untuk jualan foto, diantaranya adalah :

  1. Photodune.net (envato group)
  2. iStockphoto.com
  3. Shutterstock.com
  4. Flickr.com

Tentu saja masih ada banyak sekali stock photo lain yang dapat kita gunakan, tetapi web stock foto diatas adalah yang paling populer saat ini.

Harga jual tiap photo memang murah, sekitar $5-$10 tapi, kalau kita punya ratusan stock photo yang dijual jadi banyak bukan ? Misal, tiap foto terjual 1-2 saja tiap bulan, dan yang laku ada 100 foto kan sudah banyak bukan?

Dan ingat, kita tidak harus mempromosikan foto kita, dan ini bisa dijadikan passive income yang besar jika memang koleksi foto-foto kita itu banyak.

Nah, foto apa yang banyak dicari itu? Kebanyakan sih foto yang dicari adalah foto-foto yang berhubungan dengan bisnis/model. Karena itu biasanya digunakan sebagai foto template untuk sebuah produk.

Tapi, saya sarankan buat sebuah “identity” untuk setiap foto yang kamu jual. Semakin unik konsep fotonya maka semakin besar kemungkinan untuk orang itu membelinya.

10. Jualan Audio Online

Selain desain dan foto kita bisa jualan audio online. Hobi sound engineering ? Nah ini bisa dijadikan solusinya.

Emang laku ya jualan sound? Jawabannya bangeet! Karena memang sekarang ini kebutuhan akan produk digital meningkat pesat, dan orang-orang diluar sana lebih suka membeli daripada membuat karena mereka lebih memikirkan efisiensi waktunya.

Tempat yang paling populer untuk jualan sound audio ini adalah audiojungle, kita bisa jualan sound-sound effect ataupun audio-audio efek yang menarik seperti suara bayi, orang tertawa, tepuk tangan, dll.

Selain efek-efek seperti itu kita bisa jualan musik, seperti musik disko, ataupun efek musik yang biasa digunakan untuk software-software pengolah audio seperti Adobe Audition atau yang lainnya.

Harga jual sound efek ini lebih mahal dari foto, di audio jungle sendiri harganya pun antara $1 hingga $73 untuk 1 buah license! Mahal bukan? Harganyapun menyaingi harga theme template.

Nah, sekarang ini kalau kita kreatif terutama di bidang teknologi apapun bisa kita jual bukan? Balik lagi apakah kita mampu atau tidak?

11. Jualan Kaos, Kita Desain Tanpa Ribet Cetak Sendiri

Ini salah satu ide kreatif lainnya. Jadi jika kamu hobi desain kaos tetapi males untuk nyetak sendiri karena memang biaya cetak dan prosesnya itu ribet maka ini solusinya.

Jadi ada sebuah web (perusahaan) yang menyediakan jasa dimana kita bisa jual desain kita, jika laku maka perusahaan itulah yang akan mencetak kaos itu untuk dijual.

Salah satu pelopornya adalah teespring, keuntungan yang kita perolehpun tidak main-main disini. Teespring berani membayar mahal untuk sebuah kaos. Karena memang harga jual kaos di luar negeri itu cukup mahal dibanding dengan dalam negeri.

Untuk setiap kaos yang terjual dengan desain kita, kita dibayar paling tidak $5/kaos. Bayangkan, jika sebulan kita buat 1 desain kaos saja, dan 1 kaos itu terjual 100 buah maka kita sudah mendapatkan keuntungan $500/bulan! Dengan asumsi kita hanya mengambil untung $5 saja.

Jualan Kaos Di Teespring

Jualan Kaos Di Teespring

Nah itu adalah salah satu produk yang terjual disana, harga kaos itu adalah $23,95 dan terjual 1595 buah! Misalkan desainer itu untung $5 saja, dia sudah untung minimal $7975 jika dirupiahkan Rp 108.539.750 ($1 = Rp 13,610). Itu kita hanya ndesain saja tanpa memikirkan percetakan, pengiriman kaosnya.

Bagaimana? Tertarik? Jika kamu punya skill dan feel desain yang mumpuni cara ini patut dicoba ya…

12. Buat dan Jualan Template Website (HTML/CMS)

Oke selanjutnya kita bahas bagi yang punya skill ngoding, salah satu peluang bisnis yang cukup menjanjikan.

Sekarang ini memang kebutuhan akan sebuah template itu sangat meningkat. Bagaimana tidak? Sekarang perkembangan internet begitu pesat sekali, otomatis website itu bukan menjadi barang yang wah lagi, daaan… kebutuhan akan punya website yang bagus itu juga meningkat.

Artikel Terkait : Cara Masuk Hot Trend di Google Plus

Disinilah peluang dapat kita ambil. Karena apa? Banyak orang yang tidak bisa ngoding! Karena itulah ini menjadi salah satu peluang yang sangat terbuka lebar. Kita bisa membuat template baik template dalam bentuk HTML saja atau sudah di konversi ke CMS misalkan wordpress ataupun blogspot.

Saya sarankan sih untuk membuat template yang sudah dikonversi ke CMS, karena jika masih dalam HTML saja maka orang tetap membutuhkan skill ngoding meskipun hanya HTML dan CSS dasar saja.

Rata-rata template yang dijual itu berharga 30an dollar, paling murah standardnya 10 dollar. Tapi dengan kualitas template yang mumpuni rata-rata dijual 50an dollar, paling mahal untuk template web dengan license reguler sekitar 70an dollar.

Untuk license tergantung dengan penjualnya, kalau dijual di marketplace khusus seperti themeforest dan sejenisnya biasanya memiliki license reguler, ya intinya dengan harga yang ditetapkan kita hanya bisa menginstall di 1 domain / 1 client saja.

Tapi, kalau dijual sendiri biasanya license itu unlimited, jadi kita bebas untuk menggunakan berapapun domain asal itu milik kita. Tapi, ada juga yang membebaskan sebebas-bebasnya, kita bisa menginstall di template client, dijual ulang, atau yang lainnya.

Bagaimana membuat template yang menarik itu? Memang, skill ngoding tak menjamin membuat template yang bagus karena itu sudah ke ranah desainer. Tips agar template yang kita jual itu menarik paling tidak seperti berikut ini :

  1. Sesuai dengan market, artinya apa? Kalau kita jual di market luar otomatis style desain juga harus sesuai dengan style mereka, kalau dijual di Indonesia ya sesuai dengan style Indonesia.
  2. Desain unik, akhir-akhir ini trend web design adalah one page design (satu halaman). Desain simple sih, tapi sadarkah? Kalau sekarang ini design web stuck disana aja? Kalau jaman dulu dengan fariasi adobe flash malah desainnya unik-unik meskipun berat.
  3. Sesuai dengan standard, yang saya maksud adalah kualitas kode yang kita buat harus sesuai dengan trend. Jika sekarang sudah menggunakan HTML 5 ya jangan gunakan HTML 4, gunakan juga CSS3, javascript, dll.
  4. Web ringan, salah satu alasan orang gemar mengunjungi suatu web karena web itu ringan dan tidak berat. Karena itulah buat template yang ringan, buat kompresi javascript, css dengan tingkat terendah.

Mungkin itu sih 4 kriteria umum agar template kita laku dipasaran. Tapi syarat mutlak tetap 1, sesuaikan dengan market pasar yang kita tuju. Kalau di Indonesia, karena orangnya masih awam buat template yang mudah digunakan. Kalau perlu build in dengan plugin-plugin yang ada biar tidak ribet saat instalasinya.

13. Membuat dan Menjual Tools / Aplikasi (Desktop/Web/Mobile)

Selain membuat template, jika kamu hobi ngoding maka bisa membuat sebuah tools atau aplikasi. Tools ini adalah tools yang biasa digunakan oleh orang lain. Bagaimana cara membuatnya?

Yang jelas kamu bisa ngoding, kalau tidak silahkan cari partner yang jago ngoding. Setelah itu risetlah apa yang sebenarnya orang butuhkan. Misal, sekarang jamannya sosial media, seperti facebook, google plus, instagram, dll.

Nah, mengapa tak membuat tools untuk optimasi sosial media seperti itu? Misal, kamu bisa boot tools untuk facebook dengan fitur seperti ini :

  1. Grab User ID
  2. Auto Add Friend
  3. Auto Delete Message
  4. Auto Delete Friend Non Active
  5. Auto Like
  6. Auto Post

Dan fitur-fitur menarik lainnya, kalau kamu teliti ada buanyak sekali ide yang dapat kamu buat yang berhubungan dengan tools-tools optimasi sosial media.

Selain tools untuk optimasi sosial media kita juga bisa membuat aplikasi baik berbasis web atau desktop untuk keperluan usaha sehari-hari. Misalkan, aplikasi manajemen karyawan (HRD), aplikasi untuk optimasi toko online seperti fitur list karyawan, list konsumen, dll.

Pokoknya kalau anda rajin risset pasar akan banyak tools yang dibutuhkan.

14. Premium Membership

Tau premium membership? Ya konsep dasarnya seperti kita berlangganan koran, tiap bulan kita mbayar uang koran dan tiap pagi petugas antar koran datang mengirim korannya.

Konsepnya sih seperti itu, nah dalam membuat membership kita tentu saja membutuhkan website. Nah apa saja yang dapat kita jadikan membership?

Salah satu idenya adalah kita menjual tools, template, artikel, atau produk digital apapun yang bersifat PLR atau berlicense CC alias Creative Common sehingga kita dengan bebas menjual kembali produk tersebut.

Konsep ini sama seperti yang dibuat oleh indomembership.com dimana mematok biaya bulanan dengan imbalan kita mendapatkan ratusan giga tools, template, dll yang berhubungan dengan internet marketing.

Ide lain adalah, kita bisa membuat website informasi. Dimana ada versi gratis dan berbayar, jika yang gratis maka akan disuguhi banyak iklan dan artikelnyapun terbatas. Jika mereka membayar maka semua iklan akan dimatikan dan akan bisa mengakses informasi lebih lengkap.

15. Jualan Domain dan Hosting

Kalau yang pertama tadi adalah jualan aged domain, maka kali ini kita akan jualan domain dan hosting.

Ya, kita bisa buat perusahaan kecil-kecilan seperti idwebhost ataupun niagahoster walaupun belum sebesar mereka. Nah bagaimana kita jualannya?

Cara paling gampang adalah kita membeli dedicated server kemudian menjualnya kembali. Dimana bisa membelinya? Ya di perusahaan-perusahaan hosting besar-besar seperti hawkhost, hostgator, atau yang lokal ya seperti niagahoster dan idwebhost tadi.

Disana akan ada paket reseller baik untuk domain dan hosting. Nah, tinggal pilih deh paket mana yang akan diambil.

16. Menjadi Affiliate Marketer

Apa itu affiliate marketing? Affiliate marketing adalah salah satu cabang di bisnis online dimana tugas kita itu menjualkan barang milik orang lain melalui link affiliate milik kita. Masih bingung? Baca pembahasan saya disini.

Tapi, untuk memulai bisnis affiliate itu tidak mudah. Pastinya, membutuhkan modal yang tidak sedikit kalau ingin optimal. Karena konsep affiliate itu adalah Cost Per Action. Ya sama seperti orang dagang, kalau tidak jualan ya tidak dapat uang.

Berbeda dengan adsense, asal kita buat website yang banyak artikel, tertarget, kita bisa jadikan passive income meskipun tidak pernah kita urus lagi. (Baca : Peluang Bisnis Google Adsense)

17. Menulis dan Menerbitkan E-Book

Ingin menjadi penulis? Sekarang sudah tidak sulit seperti dulu. Kalau dulu kita harus menghubungi pihak percetakan untuk mencetak tulisan kita, tapi kalau sekarang kita bisa menjadi self-publisher.

Ya, kita bisa menulis seperti yang kita mau lalu kita bisa share gratis ataupun berbayar di internet. Dimana kita bisa menshare atau menjualnya? Cara paling gampang adalah lewat Google Playstore.

18. Menjadi Blogger Expert (Publisher)

Salah satu yang sangat populer adalah menjadi seorang blogger profesional. Apa itu?

Nah, blogger professional itu adalah seseorang yang menjadikan blogger itu sebagai pekerjaan bukan hanya sekedar hobi. Tahu raditya dika? Mbak Ollie? Atau Iwan banaran?

Nah, mereka adalah salah satu contoh orang-orang yang sukses berkarir lewat blognya. Raditya dika sukses dalam membuat blog yang berisi artikel jenaka, sedangkan iwan banaran sukses membuat blog yang berisi artikel otomotif lengkap.

Artikel Terkait : Cara Efektif Manajemen Waktu

Lalu, bagaimana cara mereka mendapatkan uang? Kalau raditya dika dia menerbitkan artikel-artikel, sedangkan iwan banaran berasal dari sponsor-sponsor yang menitipkan iklannya di blognya. Pada awalnya blog iwan banaran itu “hanya” menggunakan domain gratisan yaitu iwanbanaran.wordpress.com.

Mengapa dia bisa sesukses itu? Karena PASSION! Ya dia menulis dengan sangat totalitas, artikel berkualitas,, karena memang sesuai dengan hobinya. Karena itulah kalau ingin menjadi blogger expert tentukan dulu apa passion kalian?

19. Membuat Kursus Online

Lo apa bedanya dengan jualan tutorial? Menurut saya pribadi kalau jualan tutorial itu ya sekedar jualan panduan saja. Sama seperti kita membeli tutorial di toko-toko buku dalam bentuk DVD, yasudah kita beli dan kita tonton videonya.

Tapi, kalau kita kursus didalamnya ada interaksi bukan? Nah kita terapkan konsep itu kedalam kursus online. Jadi, tiap minggu ada update materi, ada interaksi antara instruktur dengan yang mengambil kursus.

Interaksinya bisa dengan banyak cara misal dengan email, chat facebook, atau yang lainnya.

20. Buka Agency Jasa

Tidak punya skill untuk dijual? Tapi punya keahlian dalam marketing atau penjualan? Mengapa tidak membuka agency jasa saja?

Bagaimana membukanya? Tentu saja pada awal-awal kita tentukan dulu kita mau membuka jasa apa? Misal nih jasa penulis konten. Lalu, kita rekrut deh mahasiswa-mahasiswa yang butuh uang untuk menjadi content writer kita.

Lalu darimana kita dapat untung? Misal harga jual artikel adalah 10.000/artikel. Kita bisa mengambil untung 2.000/artikel. Kalau yang mesan 100 artikel sudah 200.000 bukan kita untung? Kan lumayan itu.

Atau kita bisa membuka jasa lain, terserah sesuai dengan apa yang kita inginkan.

21. Membuka Jasa Penerjemah (Translator)

Punya kemampuan bahasa asing yang bagus? Mengapa tidak coba menjadi translator?

Translator dewasa ini sangat dibutuhkan karena memang arus informasi yang semakin cepat maka dibutuhkan pula translator-translator yang handal untuk menerjemahkan informasi bahasa asing ke bahasa Indonesia.

Menjadi Translator / Penerjamah Bahasa

Menjadi Translator / Penerjamah Bahasa

Yang jadi problem adalah darimana kita mendapatkan client ? Jawabannya kita bisa menggunakan forum-forum seperti ads.id, ada banyak orang yang butuh translate ke bahasa-bahasa international seperti bahasa inggris, jerman, italia atau yang lain.

Atau kita juga bisa mencari di website freelancer.co.id, disana ada buanyak sekali sub-sub kategori yang dapat dipilih sesuai dengan skill kita.

22. Menjadi Virtual Asisten

Istilah ini sangat tidak familiar ya? eittsss.. Tapi ini sudah menjadi hal umum di luar sana, asisten virtual ini sama seperti asisten pribadi tugasnya cuman secara virtual alias online.

Gampangnya sih ini seperti aplikasi halo diana jadi tugas kita ya mengatur jadwal, dan mengatur segalanya sampai mengurus pembelian tiket pesawat, booking hotel, dll. Ya lengkap seperti assiten pribadi lah.

Berapa gajinya? Kalau rata-rata sih sekitar $10/jam dengan total kerja 6-8 jam per hari. Sangat besar bukan? Sehari kita bisa mendapatkan $60-$80, jika kita tinggal di Indonesia gaji segitu per hari sudah sangat tinggi sekali.

24. Menjadi Copywriter

Kalau kamu sudah terbiasa dengan dunia bisnis pasti tidak asing dengan istilah Copywriting bukan?

Copywriting adalah teknik marketing dimana kita “dituntut” untuk membuat sebuah kalimat penawaran yang menarik dan meningkatkan kemungkinan closing atas sebuah produk.

Mengapa ini mahal? Ya karena Copywriting itu bisa dikatakan “ujung tombak” di dunia marketing. Kalau copywritingnya jelek maka mana laku produk kita bukan?

Contoh Copywriting

Contoh Copywriting Mie Sedap (Gambar : blog.upbisnis.com)

Diatas adalah contoh iklan mie sedap. Bagus bukan? Nah itu adalah perpaduan antara copywriting (teks) yang indah dengan desain yang menarik. Dengan kombinasi yang kuat maka iklan akan lebih tersampaikan ke konsumen, dan efeknya? Ya tingkat klosing (penjualan) akan meningkat!

24. Jasa Content Writer (Penulis Artikel)

Jasa yang tak kalah mentereng adalah menjadi penulis artikel. Sekarang ini ada banyak portal-portal web yang muncul dan pastinya membutuhkan penulis-penulis handal didalamnya.

Jika kamu hobi nulis tidak masalah membuka jasa penulis artikel. Berapa bayarannya?

Yang paling murah adalah Rp 2000/100 kata, jika 500 kata maka Rp 10.000/artikel, itu yang paling murah ya untuk bahasa Indonesia. Kalau kamu sudah profesional maka bisa dinaikkan 2x dari harga diatas.

Apalagi kalau kamu jago bahasa Inggris maka harganya akan sampai 3x dari artikel bahasa inggris.

Dimana kita bisa mempromosikan jasa? Cara paling gampang adalah di forum ads.id atau di grup-grup internet marketing (google adsense) atau di forum-forum dan sosial media lainnya seperti facebook.

25. Jasa Konsultan

Punya keahlian ? Dan memang sudah ahli? Alias sudah master? Mengapa tidak mencoba menjadi konsultan?

Kita bisa menjadi konsultan online di bidang apa saja lebih-lebih di internet marketing. Jika kamu ahli dalam 1 bidang pasti gampang untuk mencari client.

Menjadi konsultan itu sangat besar gajinya, apalagi konsultan bisnis. Sekali konsultasi saja bisa puluhan bahkan ratusan juta! Asalkan kamu sudah ahli dalam 1 bidang maka apapun bisa kita jadikan sumber pendapatan.

Artikel Terkait : Cara Jitu Dapat Ribuan Vote +1 Google Plus

Ahli desain grafis? Bisa jadi konsultan desainer. Ahli sistem analisis? Bisa jadi konsultan analisis sistem. Ahli konstruksi bangunan? Bisa jadi konsultan konstruksi bangunan. Pokoknya semua bisa kita jadikan peluang, asal kita tahu caranya.

26. Jasa Desain Grafis (Graphic Designer)

Lho ini apa bedanya dengan desainer yang diatas?

Kalau diatas tadi kita sudah membuat desain lalu kita jual secara MASSAL. Kalau ini kita made by order. Jadi bukan kita buat lalu jual, tapi ada orang mesan baru kita buat.

Nasib Desainer di Indonesia

Nasib Desainer di Indonesia

Kalau di Indonesia sendiri memang masih tergolong murah ya malah sangat murah malah. Diluar sana untuk sekali desain itu minimal $50, kalau halaman website 1 halaman saja itu bisa minimal $100, saya pernah ikut kontes ndesain 1 halaman saja saya menang dan dapat hadiah $475! Dirupiahkan sekitar 6 juta.

Kalau di Indonesia? Jangan tanya, 50ribu saja itu sudah makai tawar menawar. Itu adalah salah satu kendala menjual di Indonesia, karena profesi desainer masih dianggap “gampang dan murah”.

Solusinya? Ya jangan jual murahan! Kalau skill emang mumpuni jual mahal tidak apa-apa. Kalau tidak laku? Ya jual di luar negeri saja. Pembayaran? Gampang sudah ada paypal dan western union jadi sangat mempermudah kita dalam menerima bayarannya.

Tapi, jika skill masih terbatas tidak masalah kita jual ke orang Indonesia tapi ya itu jangan ngeluh kalau dibayar murah.

27. Jasa Web Development (Pengembang Web)

Jasa ini juga tak kalah profitable, ya karena penetrasi internet semakin meningkat maka kebutuhan akan website terus meningkat.

Sama seperti jasa desainer, di Indonesia jasa pengembang web masih murah. Apalagi kalau ada developer-developer muda yang merusak harga pasar dengan menjual murah. Bahkan ada yang menjual hanya Rp 200.000 sudah include domain dan hosting!

Solusinya bagaimana? Ya kita tingkatkan skill dan jual di level corporate. Kalau tidak kita bisa buat 1 buah website dan kita jual di banyak client. Misal kita buat 1 website sekolah, kemudian kita jual di banyak sekolah. Jadi kita repot 1x, dan kita untung banyak.

Tapi, kalau kita main di level corporate akan sangat bertolak belakang. Bisa website yang kita jual itu minimal 10 juta, atau rata-rata 60 juta keatas.

Tapi ya itu kalau kita bisa menembus channel tersebut kalau tidak bisa? Ya kita jual aja di level menengah kebawah dengan harga jual 1 – 2 juta per website.

28. Jasa Software Development

Punya keahlian ngembangin software? Ini juga profitable loooo, banyak orang yang membutuhkan jasa pengembang software atau piranti lunak.

Nah, ada banyak sekali celah yang bisa kita buat di jasa pengambang software ini. Misal contoh paling sederhana kita membuat software kasir, atau software yang mengatur penjualan sebuah produk.

Atau… Jika pandai web juga bisa dikolaborasikan yaitu dengan membuat software untuk internet marketing, misal untuk auto add friend, grab USER ID, dll.

Untuk harganyapun bisa dikatakan cukup mahal, untuk aplikasi software sederhana saja bisa 4juta/ proyek. Lumayan bukan? Apalagi untuk mahasiswa, untuk mengisi waktu luang tak ada salahnya bukan untuk membuat sebuah software?

29. Jasa Mobile Development

Dibanding dengan software desktop dan web, mobile development bisa dikatakan “paling muda” karena memang penetrasi mobile baru booming 5 tahun terakhir.

Tapi… Perkembangannya juga tak kalah pesat dengan web dan desktop development. Harganyapun juga tak kalah fantastis.

Teman saya saja dapat proyek aplikasi sederhana untuk pengembangan daerah bisa mencapai 60juta! Rata-rata aplikasi mobile memang dijual diatas 10 juta!

Nilai yang tak sedikit bukan?

Dalam mobile development ada istilah native application dan hybrid application. Kalau native itu kita pure develop untuk 1 OS, misal khusus untuk Android sendiri, iOS sendiri. Kalau Hybrid kita buat 1 aplikasi dan dicompile ke berbagai OS Mobile.

Mana yang lebih baik? Yang lebih baik ya yang paling efektif saja. Itu semua tergantung sama tipe kamu mana yang kamu suka.

30. Jasa Search Engine Optimization (SEO)

SEO sekarang ini memang semakin berkembang pesat dan menjadi salah satu cabang internet marketing utama.

Dalam pemasaran online saya biasa membagi menjadi banyak tipe, lihat gambar berikut :

Macam-Macam Internet Marketing

Macam-Macam Internet Marketing

Buanyak sekali bukan? Nah salah satunya adalah SEO dan dalam bagan itu SEO yang paling kompleks. Karena itulah jasa SEO itu mahal!

Artikel Terkait : Mendatangkan Visitor dengan SEO

Berapa harga jasa SEO itu? Harga SEO itu ditentukan berdasarkan kata kunci yang dibidik. Paling murah ya sekitar 1juta/kata kunci. Tapi, rata-rata jasa SEO itu 3juta/bulan selama 6 bulan jadi sekitar 18jutaan.

Kalau kata kunci yang dibidik lebih sulit maka akan semakin mahal pula, sampai ratusan juta rupiah malahan! Karena memang SEO itu tidak mudah.

31. Jasa Optimasi Sosial Media

Yang tak kalah rumit dari SEO adalah SMO. Yaitu Social Media OptimizationSekarang ini sudah eranya sosial media karena kelebihan “viral content”.

Kalau kita amati tiap hari pasti ada aja berita viral yang ada di beranda facebook kita. Nah disinilah kekuatan sosial media. Dan jasa untuk mengoptimalkannyapun tidak murah.

Artikel Terkait : Cara Optimasi SOSMED dengan Social Media Optimization (SMO)

Bisa puluhan juta rupiah. Biasanya orang menawarkan jasa optimasi sosmed itu pada 1 sosmed saja, facebook ya facebook, twitter ya twitter, instagram ya instagram.

32. Jasa Digital Branding and Advertising

Nah, kalau jasa ini biasanya kombinasi antara SEO dan SMO. Jadi semua terjual dalam satu paket jasa. Dan pastinya harganya super mahal.

Mengapa branding itu mahal? Apalagi untuk produk yang baru! Simple karena dengan nama brand yang positif dan meledak di pasaran akan meningkatkan penjualan dengan pesat!

Karena itulah branding itu penting! Dan tidak murah! Kalau dulu orang branding itu lewat brosur, iklan televisi, radio, koran, dll. Tapi,sekarang sudah jamannya digital branding. Yaitu memanfaatkan internet sebagai media branding.

Meskipun mahal tetapi tetap jauh lebih murah dibanding dengan branding konvensional, karena kita tak harus mencetak brosur, baliho, dll. Karena semuanya sudah digital!

33. Jasa Riset dan Analisis Data

Ada berapa banyak pengguna sosial media di Indonesia? Bagaimana pengaruhnya di masyarakat? Jam berapa orang banyak mengakses sosial media?

Nah itu semua bisa di teliti atau di research dan diangkakan. Mengapa ini bisa dijadikan jasa? Simple! Karena ini sangatlah penting! Penting buat apa? Ya penting buat efektifitas marketing.

Dengan mengetahui habbit di masyarakat kita akan tahu bagaimana memperlakukan pasar. Sehingga perlakuan pasar akan tepat sasaran, dan tentunya akan meminimalisir budget yang harus di keluarkan.

34. Jasa Digital Editing (Foto, Video, Audio)

Punya skill photoshop? Illustrator? After Effect? Atau pengolah grafis dan audio lainnya? Mungkin jasa ini tepat buat kamu.

Jika punya skill mumpuni tidak ada salahnya membuka jasa editing video ataupun foto. Pasti banyak yang butuh, misal untuk acara-acara sakral seperti pernikahan, wisuda, atau yang lainnya.

Jika tidak bisa promosi offline kita bisa promosi online dengan memanfaatkan forum seperti ads.id, kaskus.co.id ataupun yang lainnya.

35. Jasa Desain Interior/Eksterior Bangunan

Ini juga tak kalah mumpuni. Jika punya keahlian desain interior maupun eksterior rumah ini patut dicoba.

Jasa Desain Rumah

Illustrasi Jasa Eksterior dan Interior

Apalagi sekarang ini permintaan properti semakin meningkat, maka kebutuhan akan desain eksterior dan interiorpun juga tak kalah meningkat.

Karena itulah, jika punya keahlian desain rumah jangan sia-siakan, juallah desainmu itu dengan harga yang pantas.

36. Jasa Illustrasi

Manusai adalah makhluk visual, lebih gampang memahami sesuatu kalau divisualkan.

Ada banyak sekali celah yang dapat kita manfaatkan di bidang illustrasi ini. Misal jasa illustrasi wajah bisa dalam bentuk vector, wpap, lineart, atau yang lainnya.

BIsa juga seperti yang sedang trend yaitu illustrasi infografik. Yaitu informasi berupa data yang dibuat illustrasinya sedemikian rupa sehingga lebih menarik dan mudah untuk dibaca dan dipahami.

Harga untuk illustrasipun tidak murah, untuk illustrasi wajah saja minimal 30an dollar, apalagi untutk infografik bisa jutaan bahkan puluhan juta tergantung dengan pemesanan.

37. Memanfaatkan Aplikasi Online

Sekarang ini ada banyak sekali aplikasi-aplikasi yang menawarkan jasa online. Yang sedang booming adalah Go-Jek. Kita bisa manfaatkan aplikasi ini untuk mengoptimalkan pendapatan kita. Meskipun bekerja sebagai tukang ojek, tapi promosinya lewat online bukan?

38. Jadi Youtuber

Sapa sih yang tidak kenal youtube? Ya situs berbagi video dari Google ini memang sudah sangat terkenal, dan ini bisa dijadikan sebagai ladang pencari uang!

Waw bagaimana bisa? Konsepnya sih sama seperti google adsense (baca : bagaimana google adsense bisa membayar?)

Nah, peluang mendapatkan pendapatan dari youtube sangat terbuka lebar. Yang penting kamu punya ide unik dan segera saja buat videonya. Jago gitar? Buatlah cover gitar, jago violin? Buatlah cover lagu dengan violin, dan masih banyak lagi ide yang dapat kita gali.

itu adalah salah satu youtuber sukses yaitu mas nathan, dia jago bermain gitar. Dan tahu pendapatannya? Ya pastilah jutaan perbulan.

Jadi, saran saya uploadlah video yang unik dan sesuai hobi. Jangan yang asal nyomot video orang lain dan upload begitu saja karena itu akan melanggar hak cipta. Bukannya mendapatkan pendapatan malah kita kena penalti.

39. Gabung di AirBnB

AirBnB adalah marketplace untuk sewa kamar terbesar di dunia. Punya kamar kosong di rumah? Mengapa tidak jadikan seperti “homestay” saja?

Dengan AirBnB kita bisa menyewakan rumah atau kamar yang tidak terpakai. Apalagi jika kamu punya rumah di daerah wisata tentu saja akan laris manis apalagi jika harga yang ditawarkan murah.

40. Menjual Produk yang Bikin “Ketagihan”

Ini sebenarnya sama dengan metode jualan online, tapi saya lebih tekankan ke produk yang dijual.

Juallah produk yang orang itu bisa terus membeli ke kita atau istilahnya adalah repeat order.

Salah satu produk yang bagus untuk ini adalah parfum. Tentu saja parfum itu pasti habis kalau dipakai bukan? Apalagi jika parfumnya bagus, harga murah, tentu orang akan betah menggunakannya bukan? Dan kemungkinan orang akan membeli ke kita lagi tentu lebih besar bukan?

Nah itu pointnya! Jadi kita tak perlu repot menawarkan lagi karena pembelilah yang datang kepada kita! Enak bukan?

41. Membuat Startup (perusahaan rintisan)

Ini juga tak kalah booming yaitu membuat startup! Apa itu startup? Startup adalah sebuah perusahaan rintisan (dari nol) khususnya teknologi.

Ada banyak contoh startup sukses seperti google, facebook, whatsapp. Nilai valuasi perusahaan-perusahaan tersebut sangat tinggi sekali bahkan melebihi perusahaan-perusahaan besar yang sudah tua seperti motorola, sharp, dll.

Artikel Terkait : 6 Elemen Penting Agar Startup Sukses

Kalau di Indonesia salah satu startup yang sukses adalah bukalapak, tokopedia, traveloka, gojek, dan masih banyak lagi. Mereka mendapatkan pendanaan dari Venture Capital dengan total nilai miliaran bahkan trilyunan rupiah!

42. Trading Online

Trading atau orang biasa menyebut forex juga salah satu potensi yang cukup besar. Ada banyak sekali cara-cara trading.

Karena saya tidak terlalu mendalami dunia ini saya juga tidak bisa menulis banyak. Tapi, tidak sedikit orang yang sukses di dunia trading. Misal saja artis terkenal yaitu kevin aprillio salah satu personel vierra

Diam-diam dia juga mendalami ilmu trading seperti diliput di merdeka.com. Bagaimana berminat?

43. Jadi Buzzer Online

Tahu selebgram? atau Selebtweet? Nah itu masuk kataegori buzzer.

Buzzer adalah seseorang/kelompok yang memiliki akun di sosial media dengan jumlah follower yang banyak. Sehingga jika ada perusahaan yang ingin promosi di akunnya harus membayar.

Istilah buzzer ini juga bisa disebut dengan brand ambassador. Pendapatan dari buzzer online ini tidak sedikit lo! Biasanya 1/10 dari jumlah follower itu paling sedikit!

Misal follower 1 juta, maka 1x post itu minimal 100.000 itu sekali post! Bayangkan kalau sehari 3 post iklan saja sudah Rp 300.000/hari! Nilai yang tak sedikit bukan?

44. Ikut Kontes Online

Yang terakhir adalah mengikuti kontes online. Ada banyak web-web yang mengadakan kontes/lomba online, kebanyakan adalah kontes desain. Seperti :

  1. 99designs
  2. Designcrowds
  3. Topcoder

Nah disana kita bisa bisa mencari kontes-kontes yang sesuai dengan selera kita. Dan hadiah-hadiahnyapun juga tak sedikit. Jadi ini cukup rekomended untuk yang jago desain untuk mencari pendapatan tambahan.

Update Tanggal 23 Oktober 2016

45. Menjadi Google Adwords Specialist

Nah tadi itu sudah tentang SEO specialist, sekarang ada juga Google Adwords Specialist. Apa bedanya? Pernahkah Anda lihat di search engine kalau mencari sesuatu ada hasil pencarian teratas dan bertuliskan sponsor? Lihat contoh di bawah ini :

Hasil Pencarian Google

Yang saya kotaki merah adalah hasil dari iklan Google

Nah, yang saya kotaki di atas dan di bawah adalah iklan-iklan premium dari Google. Apabila seseorang memasukkan kata kunci tertentu maka Google akan menampilkan iklan yang relevan dengan kata kunci tersebut.

Apa bedanya dengan SEO? Nah, kalau SEO itu perlu waktu yang lama, bahkan berbulan-bulan untuk merangkin satu kata kunci. Kalau Google Adwords? Tidak perlu! Setelah kita beriklan dan menentukan nilai klik yang sesuai maka tidak sampai sehari website kita bisa lansung page one! Tetapi sampai waktu iklan kita selesai.

Jadi, Google Adwords ini penting bila di kombinasikan dengan SEO. Keduanya saling melengkapi, Adowords untuk jangka pendek, sedangkan SEO untuk jangka panjang.

46. Punya pengalaman dan wawasan Travelling? Jadilah Travel Consultant

Sekarang ini lagi trend “My Trip My Adventure” nah peluang ini bisa dijadikan ajang bisnis buat kamu! Caranya? Kamu buka saja jasa konsultasi travelling.

Kira-kira dengan budget seperti ini bisa travelling dimana, kemudian tempat mana yang cocok untuk bulan madu, dll. Malah, jika Anda punya rekanan agent travel maka Anda bisa sekalian membuat jasa agen travel dengan mitra Anda.

Untungnyapun tidak main-main, apalagi jika Anda menyasar kelas menengah keatas yang notabene orang-orang kota. Pasti budget besarpun tidak masalah asalkan kualitasnya optimal.

47. Specialist Landing Page

Apa itu specialist landing page? Nah, website itu bermacam-macam, ada yang namanya toko online, blog personal, situs berita, dll. Salah satunya adalah landing page. Landing page ini semacam brosur online, dimana informasi yang disampaikan itu singkat padat dan jelas.

Nah, jika Anda mendalami satu bidang ini saja maka Anda bisa menjualnya dengan harga yang tidak sedikit. Apalagi jika Anda memiliki kemampuan seorang copywriter kedua skill ini akan bernilai sangat mahal jika Anda bisa menjualnya terutama untuk client luar negeri.

48. Fiverr Gigs

Apa itu fiverr gigs? Fiverr adalah nama sebuah website outsourcing. Disini Anda bisa jualan jasa apapun dengan mudah. Mulai dari hal-hal yang sepele, seperti membuatkan video, desain, hingga hal gak penting seperti menyanyikan lagu spesial dengan lirik yang Anda buatpun juga bisa!

Menjual Jasa di Fiverr

Jual Jasa di Fiverr, Mulai $5

Silahkan jual jasa apa saja yang bisa Anda lakukan, jangan takut. Jika bingung silahkan explore jasa-jasa yang ditawarkan oleh orang yang sudah terlebih dulu join. Tetapi, di fiverr ini potongannya cukup banyak skitar 20%. Misal, jasa Anda seharaga $5 maka Anda akan dapat $4 sedangkan $1 untuk pihak fiverr.

49. Investasikan Uang Anda

Punya uang lebih? Kenapa tidak investasikan uang Anda saja? Banyak kok lembaga-lembaga investasi yang ada sekarang. Salah satu yang sedang naik daun adalah iGrow, iGrow adalah startup lokal yang menghubungkan antara investor dengan pemilik lahan kosong.

Investasikan iGrow

Punya uang lebih? Investasikan uang Anda di sektor pertanian

Nah silahkan pilih investasi yang ingin Anda inveskan. iGrow memang fokus untuk sektor pertanian, ada banyak kok investasi-investasi selain iGrow jika Anda berminat.

50. Fokus Jadi Gamers / Online Sport

Gamers cuma habis-habisin uang? Itu kalau tingkat pemula, kalau sudah level dewa maka Anda bisa menjadi kaya raya lewat game. Caranya gimana? Ada banyak cara Anda bisa kaya raya, misalkan Anda membuat tim atau biasa disebut dengan Online Sport Team atau Tim Olahraga Online.

Ikut saja kompetisi-kompetisi mulai dari tingkat regional, nasional ataupun internasional. Tidak sedikit gamers yang menjadi kaya setelah ikut kompetisi internasional. Bahkan hadiahnyapun lebih dari hadiah nobel. Kalau tidak, Anda bisa membuat youtube channel yang membahas tentang game, Anda malah bisa jadi game endorsers dari game yang Anda mainkan.

Itu tadi adalah 50 peluang usaha online yang bisa saya jelaskan di artikel ini. Cukup panjang juga ya ternyata? It’s oke, semoga kamu tidak bosen dengan tulisan saya ya. Dan tentunya semoga bermanfaat!

Cari Artikel di Sini


50 Peluang Bisnis Online Modal Kecil yang Bisa Dikerjakan dari Rumah Untung Jutaan | Admin | 4.5
%d bloggers like this: