7 Peluang Usaha Sampingan Untuk Karyawan atau PNS

Peluang Usaha Sampingan Karyawan / PNS – Menjadi karyawan apalagi bekerja di perusahaan besar memang menjadi cita-cita banyak orang, terutama untuk yang fresh graduate. Karena dengan bekerja diperusahaan yang besar maka hidup kita lebih terjamin apalagi bekerja di sektor pemerintahan menjadi PNS maka semakin terjamin hidup kita dengan berbagai asuransi / jaminan hidup yang diberikan.

Menjadi karyawan apalagi dengan pangkat dan jabatan yang tinggi memang menyenangkan, bagaimana tidak? Gaji pokok besar, belum lagi bonus dan tunjangan-tunjangannya dan itu memang membuat siapapun betah di zona nyaman tersebut. Ada juga seperti jaminan kesehatan, jaminan hari tua, dll yang sangat menggoda siapapun untuk menjadi karyawan di perusahaan besar/ PNS.

Tetapi, menjadi karyawan kebanyakan tidak semudah itu. Bayangan dipecat oleh atasan selalu menghantui jika target pekerjaan tidak tercapai, lebih-lebih jika kita bekerja sebagai dengan tipe outsourcing alias kerja kontrak maka jaminan-jaminan seperti jaminan kesehatan, dll kita tidak mendapatkannya.

Belum lagi jika jumlah gaji yang tidak sesuai dengan beban pekerjaan yang diemban, jumlah gaji yang tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, dan masih banyak persoalan yang lain membuat tidak sedikit karyawan yang mencoba untuk membuka usaha sendiri.

Membuka usaha sendiri ditengah kesibukan menjadi seorang karyawan memang tak mudah, kita harus pintar-pintar untk membagi waktu untuk bekerja di kantor dengan membuka usaha. Karena membuka usaha itu tidak mudah bisa dikatakan cuku sulit, maka dari itu perlu meluangkan waktu yang tak sedikit guna usaha yang kita tekuni itu bisa berhasil. Dalam membuka usaha ada banyak pertimbangan-pertimbangan yang harus diperhatikan, misalnya :

  1. Dana Usaha (Modal)
  2. Ketersediaan Sumber Daya
  3. Tempat Usaha
  4. Jenis Produk
  5. Pemasaran

Nah, jika itu semua kita pikirkan sendirian maka sangatlah sulit untuk bisa berhasil. Karena itulah kita butuh yang namanya pendamping atau bahasa kerennya adalah co-founder. Dimana ada satu orang yang benar-benar bisa fokus untuk mengelola usaha kita itu.

Untuk mencari orang tersebut memang susah-susah gampang, cara paling mudah adalah mengajak keluarga kita. Bisa mengajak suami/istri untuk membantu pengelolaannya.

Lalu peluang bisnis apa yang bisa dilakukan oleh karyawan? Sebenarnya ada banyak sekali jenis peluang usaha yang dapat kita tekuni.

Semua tergantung dengan keinginan kita untuk menekuni bisnis yang mana. Saran saya, tekuni satu bisnis saja tidak usah menekuni banyak bisnis sekaligus. Karena, waktu Anda sangat terbatas lebih-lebih masih berstatus sebagai karyawan. Berikut ini adalah beberapa peluang bisnis/usaha untuk karyawan :

  1. Membuat usaha perikanan / budidaya ikan
  2. Jualan pulsa / token listrik
  3. Jualan makanan / kuliner
  4. Membuka les privat
  5. Membuka laundry / jasa cuci baju
  6. Jasa cuci motor/mobil/karpet
  7. Bisnis online / internet marketing

Tentu masih ada banyak bisnis-bisnis sampingan lain yang bisa Anda eksplore, disini saya hanya Akan memberikan sedikit inspirasi saja kepada Anda. Sisanya? Tergantung Anda bagaimana mensikapinya.

1. Membuat Usaha Perikanan ++

Mengapa saya katakan usaha perikanan ++ ? Bisnis perikanan ini memang menjadi bisnis sampingan yang umum dilakukan oleh karyawan. Karena usaha ini memang cukup mudah untuk mengelolanya. Kita hanya harus memiliki lahan untuk dijadikan kolam saja, lebih-lebih jika kita beternak ikan lele maka lahan dan air yang dibutuhkanpun tak terlalu banyak.

Bisnis Perikanan

Salah satu bisnis sampingan yang populer adalah budidaya ikan (gambar : baliprov.go.id)

Apalagi jika Anda memiliki hobi memancing, mengapa tidak memanfaatkan dengan semaksimal mungkin? Saya jadi teringat kata mutiara dari Ridwan Kamil yaitu “Pekerjaan yang menyenangkan adalah hobi yang dibayar”. Nah, jika Anda hobi memancing dan bisnis Anda juga ada hubungannya dengan memancing bukankah akan menjadi lebih mengasyikkan?

Ide usahanya seperti ini, Anda membuat perikanan lengkap dengan pemancingan ikan. Jika tidak memiliki lahan yang luas, Anda bisa mencoba mencari partner yang memiliki lahan kosong dan tawarkan bagi hasil.

Saya sarankan lebih baik bagi hasil saja daripada menyewa lahan tersebut. Karena apa? Yang jelas kita berasumsi modal usaha yang Anda miliki terbatas! Lebih baik mengalokasikan modal yang terbatas tersebut untuk yang lain, misalkan untuk membeli bibit ikan, dll.

Nah, jika ide ini sukses dan jumlah kolam ikan yang Anda miliki itu banyak dan luas maka Anda bisa meluaskan usaha Anda. Misalkan, jika Anda memang benar-benar profesional di bidang pemancingan maka kenapa tidak membuka kursus memancing saja? Jika lebih keren lagi, buatlah tour travelling mancing ke laut-laut. Seperti di acara salah satu stasiun tv yang memancing ditengah laut lepas.

Dan juga bisa berkembang lagi, di tempat pemancingan dan perikanan tadi Anda membuka toko khusus menjual barang-barang seputar pemancingan dan perikanan seperit alat pancing, pakan ikan, dll. Bukankah ini akan menjadi sangat sukses? Jika benar-benar dikelola dengan baik. Nah adalah sekedar ide bisnis saja yang berhubungan dengan dunia pemancingan. Jika Anda memang hobi, segera lakukan ya…

Artikel Terkait : Peluang Kerja Sampingan Mahasiswa / Pelajar

2. Peluang Jualan Pulsa dan Token Listrik

Ini juga tidak kalah umumnya, ditengah penetrasi pengguna smartphone yang kian melesat peluang bisnis untk jualan pulsa ini serasa tidak ada habisnya. Karena rata-rata pengguna smartphone kian meningkat. Belum lagi kebutuhan akan pulsa memang sangat banyak.

Jualan Pulsa

Jualan Pulsa salah satu bisnis sederhana yang banyak dilakukan oleh orang untuk kerja sampingan (gambar : tampilan web tokopedia)

Pulsa untuk telepon, pulsa SMS, belum lagi pulsa untuk paket data. Nah, sudah kebayang bukan peluang bisnisnya? Ada banyak celah yang dapat kita manfaatkan disini. Memang untung dari penjualan pulsa tidak terlalu banyak. Tetapi, ingat meskipun kecil tapi jangan lupakan faktor kalinya. Jika untung penjualan pulsa Rp 500-1.000 tiap transaksi dan sehari ada 100 transaksi kan sudah lumayan sehari dapat Rp 50.000 kan?

Kita tinggal menunggu pembeli di konter saja, dan sambil melakukan kegiatan lain. Misalkan sambil menonton film ataupun membaca buku. Jadi, tidak banyak waktu yang terbuang bukan? Nah, selain jualan pulsa kita juga bisa jualan token listrik. Dimana sekarang memang sudah banyak pengguna listrik prabayar dengan pulsa. Ini bisa kita manfaatkan.

Selain itu pula, kita bisa mengisi dagangan konter dengan berbagai macam barang dagangan misalkan dengan jualan aksesoris HP seperti earphone, headphone, casing, dll. Bisa jualan handphone, jualan perangkat elektronik lainnya seperti USB, sambungan USB, dll. Pokoknya apapun yang berhubungan dengan handphone kita bisa jual.

Bukankah itu peluang yang bagus? Misalkan, Anda kerja sampai jam 4, maka dari pagi sampai jam 4 Anda bisa menggaji karyawan. Dan setelah jam 4 bisa Anda gantikan posisinya sambil menikmati hidup dengan segelas kopi.

Artikel Terkait : Peluang Usaha Sampingan Berdasar Hobi dan Passion

3. Peluang Membuka Usaha Kuliner

Peluang usaha berikutnya adalah berhubungan dengan dunia kuliner. Ya, urusan perut ini memang adalah peluang bisnis yang tiada matinya dari jaman dulu sampai ke masa depan. Mengapa demikian? Ya karena kuliner ini adalah kebutuhan primer manusia, sehingga sampai kapanpun usaha ini pasti akan tetap dibutuhkan di masyarakat.

Peluang Usaha Makanan

Peluang Usaha Makanan dan Minuman (Gambar : vectoropenstock.com)

Nah, jika Anda memiliki hobi memasak maka Anda bisa memulai untuk bisnis kuliner ini. Mulai dari yang paling simple adalah jualan nasi bungkus ataupun gorengan. Jangan malu atau minder jika hanya jualan gorengan saja, yang penting pendapatannya besar.

Misal nih ya, setiap gorengan yang kita jual itu untung Rp 200- Rp 300 perak saja, dan setiap orang itu kita asumsikan membeli 10 gorengan dengan maka kita sudah untung Rp 2.000 – Rp 3.000 / orang. Nah, jika sehari ada 100 orang yang beli? Lha kan sehari sudah untung RP 200.000 – Rp 300.000 kan? Kalau sebulan? Ya bisa sampai Rp 6.000.0000 – Rp 9.000.000 itu sudah setara dengan gaji supervisor/manager perusahaan.

Baca juga : Peluang Usaha Kuliner Makanan dan Minuman Rumahan dengan Modal Kecil

Itu baru  jualan gorengan ya, masih banyak sekali dagangan yang dapat kita jual misalkan kita bisa buka usaha roti. Dengan konsep made by order artinya kita membuat jika ada yang mesan saja, jadi kita tak perlu takut jika tak ada modal. Karena biasanya orang harus membayar DP 50% dulu, nah itu bisa dijadikan modal bukan?

Selain itu kita juga bisa membuka warung makan atau warteg di pinggir jalan. Ini memang cukup melelahkan sih, makannya butuh karyawan untuk mengelolanya. Jika tidak kita bisa jualan bubur/nasi kuning / nasi uduk di pagi hari. Targetnya? Ya orang-orang yang nyari sarapan. Kita bisa jualan dari jam 5 pagi hingga jam 8 pagi. Nah, kita bisa tuh jualan sama suami/istri. Kalau udah mendekati jam kantor, maka suami/istri yang meneruskannya.

Jika ada modal yang lebih, bisa juga langsung membuka usaha kuliner yang besar misalkan membuka kafe, katering, bakery, dll. Tapi, untuk membuka usaha sebesar itu tentunya ada banyak perhitungan yang harus dilakukan. Mulai dari modalnya, sumber dayanya, dll. Semoga cukup memberikan ide ya untuk bisnis kuliner ini.

Artikel Terkait : Peluang Bisnis Affiliate Marketing (Broker Online)

4. Peluang Membuka Les Privat

Peluang usaha sampingan lainnya adalah membuka jasa les privat. Jasa les privat ini saya pikir cocok bagi Anda yang bekerja sebagai tenaga pendidik misalnya sebagai seorang guru atau dosen. Tidak sedikit guru atau dosen yang diluar pekerjaan utamanya menjadi guru les privat.

Mereka bisa membuka les privat di rumah sendiri, karena saya pikir jika Anda sudah berumur maka kurang cocok memang jika harus Anda yang datang ke rumah muridnya. Kecuali jika Anda masih muda, atau masih berstatus mahasiswa maka wajar jika guru yang datang kerumah muridnya.

Tips Cara Cepat dan Mudah Belajar Akuntansi gambar : noblestream.com

Peluang les privat ini saya rasa masih sangat luas, terlebih kesadaran orang tua yang sudah semakin tinggi akan kualitas pendidikan anak-anaknya. Karena itulah saya merekomendasikan menjadi guru privat untuk kerjaan sampingan. Jikapun tidak, Anda bisa menjadi guru pengajar di bimbel-bimbel. Karena banyak bimbel-bimbel yang beridiri sekarang. Anda bisa kerja dari sore-malam misalnya.

Untuk pendapatannya juga cukup lumayan, Anda bisa mematok harga mulai dari Rp 30.000 – Rp 50.000 per pertemuan atau perjam. Atau jika Anda memang berkompeten bisa mematok harga diatas itu. Asalkan masih tahap wajar dan masih sesuai dengan ekonomi orang tua anak didik.

Artikel Terkait : Peluang Bisnis Online Tanpa Modal Terbaik

5. Peluang Usaha Laundry

Peluang usaha lainnya adalah membuka jasa laundri. Sekarang memang sedang banyak sekali jasa-jasa laundri yang berdiri. Jangankan dikota-kota besar, di pedesaan sajapun jasa laundri juga laku! Nah, ini adalah salah satu peluang bisnis yang cukup menjanjikan.

Apalagi jika Anda tinggal di daerah perkotaan, terutama di daerah perumahan, kost-kostan pegawai atau mahasiswa. Disana saya yakin jasa laundri banyak dibutuhkan. Karena memang, dengan tingkat kesibukan mereka maka tidak sempat untuk mencuci baju mereka.

Bisnis Laundry

Laundry salah satu bisnis yang sedang berkembang cepat terutama di perkotaan (gambar : ziyahlanjwalaundry.co.za)

Rata-rata jasa laundri mematok harga sesuai dengan daerahnya masing-masing, kalau di Jogja sih paling murah jasa laundri itu kisaran Rp 3000-5000/kg. Tinggal sesuaikan saja dengan kota Anda. Cara menentukan harga laundri cukup mudah, lihat apakah ada jasa laundri yang sudah berdiri kemudian cek harga yang mereka tawarkan. Jika Anda adalah pemain pertama, maka lihat pendapatan masyarakat di sekitar Anda. Patok harga yang wajar, tidak terlalu mahal tetapi juga tidaklah terlalu murah. Yang sedang-sedang saja.

6. Peluang Jasa Cuci Motor/Mobil dan Karpet

Peluang usaha yang tak kalah menjanjikan adalah peluang jasa cuci motor dan mobil. Meskipun sudah marak, tapi peluangnya masih sangat terbuka. Seperti yang kita tahu, ada banyak sekali motor yang ada di masyarakat. Satu keluarga saja bisa lebih dari 1 atau bahkan 1 anggota keluarga 1 motor, itupun belum sama mobilnya.

Peluang ini bisa kita manfaatkan dengan membuka jasa cuci mobil dan motor, rata-rata tarifnya sekitar Rp 8000-Rp 10.000 untuk motor di daerah Jogja. Kalau mobil lebih dari itu harganya. Selain jasa cuci motor dan mobil, biasanya juga membuka jasa cuci untuk karpet.

7. Peluang Bisnis Internet Marketer (IMers)

Nah, terakhir adalah kita menggeluti bisnis online. Bisnis online sekarang memang sedang marak-maraknya. Dengan penetrasi internet yang luar biasa, maka peluang untuk sukses di bisnis online menjadi semakin terbuka lebar. Ada banyak sekali model bisnis online yang dapat Anda geluti (Baca : 8 Peluang Bisnis Online).

Baca juga : 50 Peluang Bisnis Online dengan Modal Kecil yang Bisa Dikerjakan Dari Rumah

Profit dari bisnis online itu sendiri juga tak kalah menjanjikan, tidak sedikit para IMers yang mendapatkan gaji jutaan rupiah, ada juga yang sampai puluhan bahkan milyaran rupiah tiap bulannya dari bisnis online. Karena itulah peluang menjadi bisnis online sangat terbuka lebar. Anda bisa belajar bisnis online di tempat yang gratis ataupun berbayar. (Baca : Tempat Kursus Bisnis Online Terbaik)

Mungkin itu saja 7 peluang bisnis untuk karyawan yang dapat saya sajikan. Semoga artikel singkat ini cukup memberikan inspirasi kepada Anda untuk memulai bisnis, karena menjadi karyawan meskipun nyaman tapi tetap lebih nyaman memiliki usaha sendiri.

Cari Artikel di Sini


7 Peluang Usaha Sampingan Untuk Karyawan atau PNS | Admin | 4.5
%d bloggers like this: