Melihat Lebih Dalam Peluang Usaha Pembuatan Keris yang Menguntungkan

Keris merupakan salah satu benda peninggalan sejarah Indonesia sejak zaman dahulu kala, di zaman modern seperti sekarang ini memang sedikit orang yang mencari keris. Biasanya hanya kolektor barang antik atau pencinta keris saja yang mencarinya.

Di Indonesia penggunaan keris sering dihubungkan dengan hal-hal berbau mistis. Bahkan banyak orang yang percaya didalam keris disimpan roh-roh. Tapi apakah peluang usaha pembuatan keris masih menjanjikan? Buat anda yang berminat membuka usaha pembuatan keris.

Berikut ini beberapa hal tentang kelebihan dan kekurangan usaha pembuatan keris.

Kelebihan Usaha Pembuatan Keris

Daerah pembuat keris terbesar di Indonesia hanya di Yogyakarta. Di jogja masih banyak sekali pengrajin keris. Di jawa banyak masyarakat yang menggunakan keris dalam acara-acara adat. Terutama orang-orang kraton Jogjakarta. Inilah yang membuat kota jogja masih banyak pembuat keris.

Artikel Lain : Peluang Usaha Pembuatan Kapal Phinisi Produk Dalam Negeri yang Melegenda

Anda juga bisa memulai bisnis ini, dengan mengetahui kelebihan dari usaha pembuatan keris. Untuk kelebihannya sebenarnya tidak begitu banyak. Kelebihan usaha pembuatan keris adalah anda bisa menjualnya dengan harga yang mahal. Apalagi keris yang menyimpan roh atau kekuatan sendiri.

Satu buah keris bisa dijual sampai jutaan rupiah. Untuk modal pembuatanya tidak begitu banyak. Bahkan satu buat keris ada yang terjual sampai 20 juta rupiah. Ini bisa dilihat dari kerumitan ukiran pada keris dan tempat kerisnya. Untuk para kolektor benda pusaka, akan membayar biaya berapapun untuk mendapatkan keris keingininnya.

Selain menjual keris dengan harga yang mahal. Anda juga bisa usaha pembuatan keris untuk souvenir atau aksesoris. Harganya lebih murah tapi banyak orang yang mencarinya. Jadi bisa menjadi bisnis yang menjanjikan buat anda. Selain kelebihan, usaha pembuatan keris ini juga memiliki kekurangan.

Artikel Lain : Info Lengkap Peluang Usaha Jual Beli Perhiasan, Kelebihan dan Kekurangannya

Kekurangan Usaha Pembuatan Keris

Kekurangan dari usaha pembuatan keris adalah bahan baku yang sulit dicari. Ada beberapa bahan yang digunakan untuk membuat keris. Ada besi, baja, nikel dan lain sebagainya. Saat ini bahan dengan kualitas terbaik sudah mulai berkurang dan sulit untuk ditemukan. Hal ini juga membuat harga keris semakin melambung tinggi.

Kedua proses pembuatannya yang rumit karena perlu membuat ukiran yang cantik pada kerisnya. Ketiga pemasaran yang sulit, karena tidak semua orang membutuhkan keris. Hanya orang-orang tertentu saja. Jadi anda harus sering ikut pameran atau forum pecinta keris supaya produk anda laku di pasaran.

Modal Awal Usaha Pembuatan Keris

Modal awal usaha pembuatan keris sebenarnya tidak begitu besar. Anda membutuhkan modal untuk pembelian bahan, pembelian alat pembuatan dan gaji karyawan. Jika anda menggunakan toko untuk display berarti anda membutuhkan sewa tempat. Tetapi lebih baik menggunakan rumah anda terlebih dahulu sebagai display dan belakang rumah sebagai tempat pembuatan keris.

Artikel Lain : 7 Peluang Usaha Sampingan Untuk Karyawan

  • Pembelian bahan baku Rp 3.000.000
  • Pembelian alat Rp 5.000.000
  • Lain-lain Ro 2.000.000
  • Etalase Rp. 2,000.000

Jadi anda membutuhkan modal sekitar Rp.10.000.000 untuk modal awal membuka usaha pembuatan keris. Anda bisa memasarkan keris secara online maupun offline. Apalagi saat ini ada banyak sekali forum online pencinta barang pusaka. Ini bisa menjadi tempat pemasaran yang menjanjikan buat anda.

Buatlah keris dengan bentuk dan ukiran yang unik. Ini akan membuat harga jual keris anda semakin mahal di pasaran. Untuk keris souvenir atau aksesoris pembuatannya dan pemasarannya lebih mudah.

Artikel Lain : Peluang Usaha Kuliner Makanan dan Minuman Rumahan Modal Kecil

Itulah sedikit yang bisa kami jelaskan mengenai peluang usaha pembuatan keris. Peluang usaha pembuatan keris memang masih sedikit yang menjalaninya. Karena itulah hal ini bisa menjadi usaha yang bisa anda coba. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk anda.

Cari Artikel di Sini



Leave a Reply

*

%d bloggers like this: