Peluang Usaha Pembuatan Kapal Phinisi Produk Dalam Negeri yang Melegenda

Indonesia terkenal sebagai pembuat kapal terbaik. Siapa yang tidak kenal dengan kapal pinisi yang menjadi kebanggaan Indonesia. Kapal pinisi dibuat dengan menggunakan tangan, tanpa bantuan mesin sama sekali. Untuk berlayarnya pun menggunakan layar bukan mesin, tapi dapat mengarungi lautan sampai afrika.

Kapal pinisi dibuat di daerah bulukumba Sulawesi selatan. Sebagian besar masyarakat bulukumba berprofesi sebagai pembuat kapal pinisi. Peluang usaha pembuatan kapal pinisi bisa menjadi bisnis yang menguntungkan. Dari satu kapal saja, anda bisa mendapatkan keuntungan banyak sekali.

Banyak Negara lain yang selalu memesan kapal pinisi. Mungkin anda ingin tahu apa saja kelebihan dan kekurangan bisnis pembuatan kapal pinisi. Mari kita bahas dibawah ini.

Artikel Lain : Keuntungan Peluang Usaha Jualan Perak

Kelebihan Usaha Pembuatan Kapal Pinisi

Kelebihan usaha pembuatan kapal pinisi yang paling utama adalah mendapatkan banyak keuntungan. Saat ini masih banyak orang yang memesan kapal pinisi, Bahkan dari Negara belanda, Venezuela, jerman, Malaysia dan lain sebagainya. Bahkan dari daerah di Indonesia juga masih banyak yang memesan kapal pinisi.

Harga satu buah kapal pinisi dengan kapasitas 10000 ton sekitar 4 milyar rupiah. Jadi anda bisa bayangkan berapa keuntungan yang akan anda dapatkan. Hanya dengan menjual satu buah kapal saja, anda langsung mendapat banyak sekali keuntungan.

Kekurangan Usaha Pembuatan Kapal Pinisi

Untuk kekurangan usaha pembuatan kapal pinisi juga cukup banyak. Pertama bahan baku yang sulit untuk ditemukan. Kayu yang digunakan untuk membuat kapal pinisi diambil dari daerah Kalimantan, jayapura dan Sulawesi tenggara.

Artikel Lain : Info Lengkap Peluang Usaha Jual Beli Perhiasan, Kelebihan dan Kekurangannya

Tetapi jumlahnya semakin sedikit, sedangkan hampir semua badan kapal pinisi menggunakan kayu. Kedua pembuatan kapal yang sangat lama. Dalam pembuatan kapal pinisi membutuhkan 10-20 pekerja. Waktu pengerjaannya bermacam-macam, Ada 1 tahun atau 2 tahun lebih. Tergantung kerumitan dan kapasitas kapal pesiarnya.

Semua proses pembuatan kapal pinisi masih menggunakan alat yang sederhana. Inilah yang membuat harga kapal pinisi sangat mahal, karena dibuat dengan menggunakan cara tradisonal dan kayu yang berkualitas. Kekurangan lainnya adalah waktu pembuatan yang lama.

Jadi dalam satu tahun, anda hanya bisa membuat 1 sampai 2 kapal saja. Jadi anda hanya bisa mengambil keuntungan dari menjual sedikit produk kapal pinisi saja. Anda juga membutuhkan modal yang besar untuk membuat satu buah kapal pinisi.

Artikel Lain : 28 Peluang Bisnis Rumahan Modal Kecil & Tips Sukses Bisnis

Modal Awal Usaha Pembuatan Kapal Pinisi

Buat anda yang ingin memulai usaha pembuatan kapal pinisi, anda harus tahu berapa besar modal yang anda butuhkan. Memulai bisnis pembuatan kapal pinisi membutuhkan banyak modal. Untuk bahan baku, biaya karyawan dan lain sebagainya.

  • Pembelian Bahan Baku Rp 1 Milyar
  • Gaji Pekerja selama 1 tahun Rp 50.000.000
  • Lain-lain Rp 50.000.000

Mungkin sekitar 2 milyar rupiah yang anda butuhkan untuk membuat 1 buah kapal pinisi, itu belum termasuk pembelian alat-alat yang anda butuhkan. Tetapi dengan modal yang besar, anda akan mendapatkan keuntungan yang banyak sekali.

Artikel Lain : 50 Peluang Bisnis Online Modal Kecil yang Bisa Dikerjakan dari Rumah

Saat ini pembuatan kapal pinisi terbesar di Indonesia hanya ada di bulukumba Sulawesi selatan. Untuk daerah lainnya belum ada yang bisa membuat kapal pinisi seperti buatan bulukumba. Kapal pinisinya sangat kuat, desain bagus dan dapat berlayar dalam waktu yang lama.

Anda bisa melakukan kerjasama dengan pembuat kapal yang sudah professional. Kemudian anda mulai memasarkannya. Demikian sedikit informasi mengenai peluang usaha pembuatan kapal pinisi. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk anda.

Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: