Peluang Usaha Jasa Jahit yang Menjanjikan

Sandang merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia. Sandang meliputi semua pakaian yang kita gunakan. Untuk membuat pakaian tentunya membutuhkan jasa jahit. Saat ini anda bisa membeli pakaian jadi. Tetapi sebagian orang masih ada yang suka menjahit baju dibandingkan membeli langsung.

Hal ini bisa jadi peluang bisnis yang menjanjikan buat anda. Jika anda memiliki keterampilan menjahit tidak ada salahnya untuk membuka usaha jasa jahit. Peluang usaha jasa jahit bisa jadi sampingan di rumah.

Modal yang dibutuhkan juga tidak begitu besar. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas mengenai kelebihan dan kekurangan usaha jasa jahit beserta perhitungan modal awalnya.

Kelebihan Usaha Jasa Jahit

Ada banyak sekali kelebihan yang akan anda dapatkan jika membuka usaha jasa jahit. Kelebihan yang pertama adalah modal yang dibutuhkan tidak besar. Hanya dengan modal 2 jutaan saja, anda bisa membuka usaha jasa jahit.

Artikel Lain : Kiat Sukses Peluang Usaha Jualan Tas

Tak perlu menyewa tempat, anda bisa melakukan usaha ini di rumah. Sisihkan sedikit ruangan di rumah anda untuk tempat menjahit. Kelebihan yang kedua banyak dicari orang. Jika anda memiliki keterampilan menjahit yang bagus. Baju yang anda buat selalu bagus dan enak dipakai.

Pasti akan ada banyak sekali orang yang menjahit baju di tempat anda. Apalagi pelayanan yang anda berikan sangat baik. Seperti mengerjakan tempat waktu dan selalu ramai, pasti akan lebih banyak lagi orang yang suka menjahit baju di tempat anda.

Anda harus selalu upgrade desain-desain baju yang anda buat. Jadi anda bisa memberikan saran untuk calon konsumen anda. Jangan hanya menggunakan model-model baju lama karena fashion selalu berkembang dari tahun ke tahun. Kelebihan lainnya adalah anda tak perlu takut rugi.

Menjual jasa memang sedikit berbeda dengan menjual barang. Jika menjual barang anda pasti takut barang anda tidak terjual. Tetapi jika menjual jasa, anda tak perlu barang anda tidak laku.

Asalkan anda memiliki ketrampilan yang bagus, jasa jahit yang anda tawarkan pasti akan dikenal banyak orang. Anda juga bisa bekerjasama dengan para penjual baju, jilbab atau lainnya. Sehingga pemasukan anda semakin banyak.

Artikel Lain : Info Lengkap Peluang Usaha Jual Boneka

Kekurangan Usaha Jasa Jahit

Sebenarnya kekurangan dari usaha jasa jahit sangat sedikit. Mungkin bisa dibilang tidak ada. Kerugian terjadi jika anda tidak bisa promosi dengan baik atau keterampilan anda tidak bagus. Jadi sedikit orang yang menggunakan jasa jahit anda.

Kekurangannya hanya terjadi pada mesin jahit anda. Dalam waktu 4 tahun mesin jahit biasanya mengalami penyusutan. Jadi anda harus melakukan perawatan dengan baik. Harus rajin di service jadi mesin jahit anda bisa bertahan lama. Untuk kekurangan lainnya tidak ada, karena usaha jasa jahit memang memiliki sedikit kekurangan.

Modal Awal Usaha Jasa Jahit

Modal awal yang anda gunakan untuk memulai usaha jasa jahit sangatlah sedikit. Anda bisa memulainya dengan pelan-pelan. Jika usaha anda sudah semakin besar, anda bisa membeli mesin jahit dalam jumlah banyak. Untuk pembukaan awal satu mesin jahit sudah cukup buat anda. Berikut ini beberapa perhitungan modal awalnya.

     Mesin jahit Rp 1.000.000

     Mesin obras Rp 800.0000

     Peralatan jahit (gunting, benang, jarum, penggaris dll) Rp 500.000

Total Rp 2.300.000

Hanya dengan Rp 2.300.000 saja anda sudah bisa memulai usaha jasa jahit. Mungkin dengan lain-lainnya sekitar 2,5 juta anda bisa membuka peluang usaha jasa jahit ini. Dalam menjalankan usaha jahit, yang paling penting adalah promosi. Selain itu anda harus selalu up to date dengan model-model baju yang sedang nge-tren.

Berikan pelayanan dengan baik dan selalu menyelesaikan jahitan tempat waktu. Jadi anda akan mendapatkan pendapatan perbulan yang banyak. Sekian sedikit informasi yang bisa diberikan. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk anda.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: