4 Peluang Usaha Sampingan Berdasar Hobi Menjanjikan

4 Peluang Usaha Sampingan di Rumah

Peluang Bisnis Sampingan – Mempunya sumber penghasilan tambahan adalah keinginan banyak orang apapun status pekerjaanya, baik itu karyawan, bos, ibu rumah tangga ataupun mahasiswapun pasti punya keinginan untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Hal ini lumrah, karena memang sekarang kebutuhan hidup kian meningkat. Otomatis mau tak mau penghasilan juga harus ditingkatkan, guna mencukupi kebutuhan hidup.

Ada banyak sebenarnya usaha sampingan yang dapat dilakukan. Yang pasti kita dituntut jeli dalam melihat pasar. Kira-kira produk baik itu barang atau jasa apa ya yang laku dipasaran? Kira-kira yang belum ada dipasaran itu apa ya? Nah, kita harus bisa mengeksplore atau bahasa marketingnya adalah market research. Hal ini telah saya bahas dalam artikel sebelumnya (Baca : Cara Riset Pasar untuk Jualan di Facebook).

Walaupun ini adalah bisnis sampingan, tetapi kita tidak bisa hanya menyalurkan beberapa waktu saja. Karena apa? Karena bisnis jika tidak ditekuni secara all out akan sangat sulit berkembang. Karena itulah, meskipun ini adalah bisnis dan usaha sampingan kamu tetap harus 100% didalamnya, supaya usaha ini bisa berhasil.

Dalam artikel ini saya ingin membagi peluang kerja sampingan ini menjadi 2, yaitu :

  1. Pekerjaan sampingan berdasarkan passion dan hobi
  2. Pekerjaan sampingan berdasarkan skill dan kebutuhan pasar

Mengapa saya membagi menjadi 2 itu? Mungkin bisa saja ada lebih dari itu. Tetapi, saya ingin memudahkan dalam penyampaian saja. Menurut saya pribadi, pekerjaan itu memang ada 2 yaitu karena kesenangannya dan tuntutan.

Artikel Terkait : 7 Peluang Bisnis/Usaha Rumahan Modal Kecil

Ada banyak orang yang bekerja karena tuntutan. Maksudnya adalah orang bekerja karena memang tidak ada pekerjaan lain, jadi mau tidak mau ya diambil pekerjaan itu. Biasanya orang yang bekerja seperti ini karena memang skill atau keahliannya ya di bidang itu. Lebih jelasnya mari kita bahas dengan sangat detail satu persatu.

Bisnis Sampingan Berdasar Hobi dan Passion

Yang pertama kita akan membahas peluang kerja sampingan hanya dengan hobi dan passion. Sebelum itu pasti sudah tahu bukan hobi dan passion itu sendiri? Hobi adalah kegiatan yang apabila kita lakukan kegiatan tersebut, kita akan merasa senang. Sedangkan passion itu sendiri lebih ke jalan atau jati diri kita. Misalkan, berbisnis itu lebih tepat dikatakan passion bukan hobi. Sedangkan bermain futsal lebih tepat dikatakan hobi dibanding dengan passion.

Jaman sekarang adalah jamannya ekonomi kreatif dimana banyak sekali industri-industri kreatif yang muncul apalagi di dunia teknologi informasi. Sangat berbeda dengan perusahaan-perusahaan jaman dulu, dimana membutuhkan dana yang sangat besar untuk membentuk sebuah perusahaan sekala global.

Kita bandingkan saja misal perusahaan pesawat terbang airbus, yang mana berumur sudah cukup tua. Tetapi, nilai valuasinya kalah telak dari perusahaan Facebook yang baru berdiri beberapa dekade terakhir. Atau bisa kita bandingkan dengan Whatsapp, yang hanya didirikan oleh beberapa orang saja tetapi bernilai puluhan milyar dollar.

Artikel Terkait : 7 Peluang Usaha/Bisnis Sampingan Untuk Karyawan

Nah, dilihat dari sini sebenarnya peluang untuk menghasilkan uang dari hobi dan passion itu sangat terbuka lebar. Sekarang itu tidak perlu memiliki modal yang sangat besar untuk menghasilkan uang, sekarang era sudah bergeser menjadi era konseptual. Dimana orang yang memiliki ide dan gagasan unik dan mengeksekusi idenya itulah yang menang.

Balik lagi ke topik pembicaraan. Ketahuilah hobi dan passion kamu. Dan mantapkan benar-benar bahwa kamu memang berniat untuk mendalami apa yang kamu sukai itu. Jika sudah maka separuh masa depanmu sudah di genggam. Berikut ini peluang kerja sampingan dari hobi dan passion :

1. Peluang Kerja Sampingan Designer / Illustrator / Animator

Peluang Usaha jadi Designer

Desainer adalah salah satu pekerjaan sampingan yang menjanjikan (gambar : wix.com)

Kamu punya hobi menggambar? Atau sekedar corat-coret saja? Mengapa tidak mencoba untuk menguangkan hobi kamu itu? Dalam 1 dekade terakhir ini permintaan pasar akan designer dan illustrator sangat tinggi.

Kalau dulu mungkin pekerjaan menjadi seorang seniman dipandang sebelah mata, karena memang tidak terlalu menghasilkan. Tetapi, di era sekarang pasar kita sudah sangatlah luas. Jika di dalam negeri tidak dihargai kita bisa menjual karya-karya kita di pasar global dengan sangat mudah.

Saya sendiri juga menjadi seorang designer. Saya sekarang (saat menulis artikel) bekerja menjadi seorang designer di perusahaan IT Konsultan. Tetapi, tidak jarang juga saya mengikuti kompetisi-kompetisi luar negeri untuk desain. Ya itung-itung cari pengalaman, kalau menang ya Alhamdulillah.

Baca Juga : 5 Peluang Kerja Sampingan Untuk Mahasiswa/Pelajar

Nah, jika kamu hobi desain lebih baik kamu dalemin aliran ini. Kamu latih skill desain kamu supaya menjadi lebih baik. Kuasai software-software desain seperti Adobe Photoshop, Corel Draw, ataupun Adobe Illustrator. Berikut ini tips menjadi designer yang baik :

  1. Kuasai ilmu-ilmu dasar menggambar, misalnya pewarnaan, balancing / keseimbangan, dll.
  2. Pelajari ilmu-ilmu psikologi menggambar, terutama filosofi bentuk obyek ataupun warna. Ini menjadi sangat penting jika kamu membuat sebuah desain khususnya desain logo.
  3. Pelajari dan kuasai software-software desain. Pada umumnya desainer menggunakan software buatan Adobe misal Photoshop ataupun Illustrator, tetapi tidak menutup kemungkinan menggunakan software lain. Ini semua tergantung selera kamu saja.
  4. Ikuti trend desain global. Setiap tahun tren desain selalu berubah, dari desain yang mengandalkan gradasi, kemudian beralih ke flat desain dan sekarang menjadi material desain.

Tips itu juga berlaku untuk kamu yang hobi membuat illustrasi ataupun animasi. Tentukan dulu tipe apa kamu, misal jika kamu lebih suka menggambar manga maka ya dalemi saja menggambar manga. Belajar coloring dan painting. Perbanyak latihan dan portfolio kamu, misal dengan membuat gambar manga tokoh-tokoh idola kamu bisa pemain sepak bola, atau yang lain.

Kemudian upload karya-karya terbaikmu di sosial media kamu, lebih-lebih kamu memiliki akun di sosial media khusus orang seni misal deviantart.com, dribbble.com atau yang lain.

Semakin banyak karya yang kamu upload maka semakin baik. Orang akan lebih tertarik untuk order jasa ke kamu. Untuk pemula pasang harga yang murah, ya paling gak cukup untuk menambal uang makan, uang listrik dan uang kuota saja.

Misal, untuk awal-awal kamu bisa mematok $10 / illustrasi. Bagi orang luar harga segitu sangat-sangat murah. Tetapi, untuk kita orang Indonesia jika sudah dikonversikan ke rupiah itu sudah sekitar Rp 135.000 ($1 = Rp 13.500). Bayangkan, jika kamu beruntung sehari dapat 1 order saja maka sebulan kamu sudah dapat 4 juta lebih bukan? Itu sudah sangat banyak untuk seorang pemula.

Karena itulah, jangan putus asa jika karya kamu masih dihargai murah. Itu juga sebuah proses. Dulu saya jual web juga sangat-sangat murah malah dibilang sangat sadis. Bagaimana tidak? Web yang saya koding dari nol saja Cuma diharga Rp 200.000 saja, itupun revisi banyak sekali. Minta ini, minta itu. Tetapi, ya ini bagian dari proses. Sekarang? Saya ikut kontes di 99design saja dapat sekitar Rp 6.000.000 itupun hanya desain 1 file psd saja. Kalau dijual di Indonesia? Rp 50.000 saja enggak laku!

2. Peluang Kerja Sampingan jadi Youtubers

Peluang Bisnis Youtube

Jadi Youtubers, Peluang Bisnis Sampingan Terbaru yang menjanjikan (Gambar : hercampus.com)

Apa itu youtubers? Bukan orang yang suka mengakses youtube ya. Youtubers itu orang yang suka mengupload video di youtube. Yang jadi pertanyaan orang awam adalah, bagaimana mereka mendapatkan uang? Padahal youtube itu gratis kan?

Kamu tahu google bukan? Pasti orang yang membaca artikel ini saya asumsikan tahu google. Ya, raksasa perusahaan internet ini memang sudah seperti menguasai hidup kita. Bagaimana tidak? Hampir semua produk google kita butuhkan, misalkan adalah Android, Google Maps, Gmail, dan yang sudah pasti kita tahu adalah Youtube!

Youtube adalah salah satu produk google yang paling banyak penggunanya, bisa dikatakan youtube itu sosial media berbasis video paling besar di dunia. Meskipun youtube itu disediakan secara FREE alias GRATIS tetapi Google! Mendapatkan untung yang sangat luar biasa besar dari youtube! Lho, pendapatan google darimana?

Artikel Terkaait : 8 Peluang Bisnis Online Tanpa Modal

Bisa dikatakan salah satu unit bisnis utama Google itu adalah bisnis pengiklanan online. Unit bisnis Google yang bertugas mencari pengiklan atau advertiser ini adalah Google Adwords. Nah, unit bisnis yang bertugas mencari publisher atau yang menampilkan iklan itu adalah Google Adsense.

Google Adsen inilah yang mudahnya membayar youtubers! Meskipun video itu gratis, tetapi Google akan menawarkan kerjasama bagi para youtubers/pemilik video untuk menampilkan iklan yang telah didapat Google Adwords. Dengan komisi 60:40, 60% untuk youtubers dan 40% untuk Google. Jika kamu cermati, pasti kamu melihat iklan bukan pada opening sebuah video? Nah, youtubers dibayar karena telah bersedia menampilkan iklan tersebut. (Baca : Cara Google Membayar Anda!)

Tidak percaya? Diluar negeri sana tidak sedikit orang yang mendapatkan pendapatan milyaran rupiah perbulan dari youtube! Mereka upload video sesuai dengan PASSION mereka. Misal, jika kamu suka menyanyi ya kamu tinggal membuat cover-cover lagu yang kamu sukai dan upload dah di Youtube. Kamu tahu Raisa? Ya penyanyi cantik itu ternyata juga jebolan youtubers!

Silahkan baca artikel dari thericest.com disana disebutkan 15 youtubers terkaya didunia mulai dari 2 juta dollar ($1 = Rp 13.925, setara Rp 27.850.000.000) hingga 13 juta dollar (Rp 181.025.000.000,00). Lho, enak sekali bukan?  Pendapatan tersebut didapat kurang lebih sekitar setahun. Jadi kalau perbulan sekitar 2M!

Bila dibanding dengan bisnis offline, memang bisnis online bisa dikatakan sangat menjanjikan. Lebih gampang, lebih sedikit modal, tetapi untung sama besarnya. Kalau di Indonesia kamu bisa menonton video dari Bayu Skak, dia juga perbulan bisa lebih dari 10 juta, saya taksir sekitar 30 juta lah sebulan dia dapat.

Dia hanya upload video gokil saja lo dan dibayar! Gaji 30 juta itu kalau di perusahaan setara dengan seorang General Manager atau bahkan Direktur! (Untuk sekarang mungkin lebih, karena pertambahan jumlah subscriber, viewer, serta kerjasama endorse)

Jika kamu ingin fokus di adsense untuk youtube, saya rekomendasikan untuk belajar di ahlinya. Silahkan klik disini. Meskipun berbayar, tetapi ilmu yang diajarkan disana sudah sangat baik untuk seorang pemula. Disana akan diajarkan bagaimana membuat video yang menarik, cara mendapatkan viewers yang banyak.

Jadi intinya adalah, seorang youtubers itu mengupload video sesuai dengan passion mereka. Jika kamu suka ngegame ya upload aja tips-tips game yang sedang trend misal COC, COD, dll. Jika suka masak ya upload aja tentang memasak, misal masakan-masakan yang gampang dibuat oleh anak kos. Jika kamu suka futsal, buat aja video tentang skill futsal kamu. Cukup mudah bukan?

3. Kerja Sampingan Jadi Penulis (Blogger / ContentWriter)

Peluang Bisnis Sampingan Blogger

Menjadi Blogger/Penulis Salah Satu Peluang Bisnis Sampingan Profitable (gambar : sheroes.in)

Kamu hobi menulis? Mungkin pekerjaan ini sangat cocok buat kamu. Mungkin kalau jaman dulu cukup sulit mendapatkan uang dari menulis. Kamu harus bisa melobi percetakan-percetakan ataupun media massa supaya tulisan/buku kamu dimuat dan dipublikasikan sehingga kamu mendapatkan royalti dari setiap penjualan.

Tetapi, di era modern ini kamu bisa mendapatkan uang dari menulis dengan cukup mudah. Caranya bagaimana? Ada dua yaitu menjadi blogger dan penulis artikel.

Pasti yang jadi pertanyaan, bagaimana seorang blogger mendapatkan uang? Eits…. Sebelumnya saya juga telah membahas tentang youtubers bukan? Konsepnya itu sama dengan youtubers. Bedanya Cuma medianya saja. Kalau youtube itu makai video, kalau kamu memakai tulisan.

Artikel Terkait : Peluang Bisnis Google Adsense

Kamu bisa membuat blog dengan cara gratisan ataupun berbayar. Berbayar disini sebenernya Cuma membayar uang sewa domain (alamat) dan hosting (sewa tempat) saja. Dan itupun dibayar per tahun. Jadi cukup murah sebenarnya modal untuk membuat sebuah web/blog.

Tetapi, jika kamu benar-benar tidak ada modal kamu bisa menggunakan blog gratisan. Misalkan dengan blogspot ataupun wordpress. Jangan pikir kalau gratisan itu tidak berkualitas ya! Tau iwan banaran? Ya, blognya yang fenomenal membahas seputar otomotif itu juga dulunya pakai wordpress.com yang gratisan! Tetapi tau pendapatannya? Tentu sangatlah besar, bisa puluhan juta perbulan.

Darimana kita dibayar? Cara mudah menguangkan blog yaitu kerja sama dengan Google lewat Google Adsensenya. Kita tinggal menyewakan space web kita dan Google akan menampilkan banner/link iklan kita. Dan kita dibayar setiap ada klik di banner iklan tersebut. Tetapi, ini memang tidak semudah yang dibayangkan. Kita juga harus bisa mendatangkan pengunjung / trafik ke web kita. Mustahil punya pendapatan besar kalau pengunjungnya kecil.

Karena itulah kita juga harus belajar metode-metode mendatangkan visitor, misalkan mendatangkan visitor dengan teknik SEO, ataupun mendatangkan visitor dengan sosmed. Tetapi, inti dari semuanya adalah KONTEN atau ARTIKEL.

Asal kamu membuat artikel menarik, unik, tidak kopas dan lengkap saya yakin tidak sulit mendatangkan visitor. Apalagi sekarang sepertinya sedang tahun-tahunnya konten viral. Kamu bisa menggunakan metode ini untuk mendongkrak visitor kamu. Langkah ini juga dipakai oleh web seperti hipwee.

Artikel-artikelnya memang kalau di statistik  tidak ada yang mencari di Google, karena itu mereka mengandalkan sosial media untuk menggiring visitor. Hasilnya? Hipwee diakuisisi dengan nilai puluhan milyar! Padahal “Cuma” web seperti itu saja!

Cara lain adalah dengan menjadi penulis artikel. Dipasaran harga penulis itu bervariasi, paling murah itu Rp 2000/100 kata. Kalau bekerja bulanan gajinya sekitar 2,5-3 juta perbulan dengan asumsi sehari nulis 10-15 artikel selama 28 hari. Sangat gampang jika kamu hobi nulis untuk menulis artikel sebanyak itu, apalagi ada sumber artikel tak terbatas yang dapat dijadikan rujukan misalkan google dan buku.

Salah satu teman saya yaitu Eka Lesmana juga mendapatkan uang puluhan hingga ratusan juta sebulan dari membuat blog. Lebih lengkapnya lihat video dibawah ini :

Nah, jika kamu ingin benar-benar mendalami adsense ini. Saya sangat merekomendasikan untuk ikut kursus bisnis adsense klik disini. Meskipun cukup mahal tetapi tutorialnya sangat lengkap, mulai dari pemula hingga level profesional.

4. Kerja Sampingan Jualan Kursus Online

Peluang Bisnis Kursus Online

Kursus Online, Salah satu peluang bisnis online yang menjanjikan (gambar : continuinged.uml.edu)

Terakhir adalah kamu bisa jualan kursus/tutorial berdasarkan apa yang kamu kuasai. Misalkan, jika kamu pandai Adobe Photoshop mengapa kamu tidak buat video tutorial lalu menjualnya saja? Kamu bisa buat tutorial cara menggunakan Adobe Photoshop dari basic, misal dari cara membuka Photoshop, membuat layer, menggunakan brush, dll.

Kamu menjualnya tidak usah mahal-mahal, misal dengan harga Rp 100.000, jika terjual 100 kopi kan sudah untung 10 juta. Kamu bisa menjual tutorialnya di berbagai marketplace misalkan tokopedia, bukalapak, ataupun kaskus.

Artikel Terkait : Cara Mudah Jualan Lewat Instagram

Jadi, jika kamu punya hobi dan keahlian kamu bisa membuat video tutorialnya dan dijual ataupun dishare gratis di Youtube. Keduanya sama-sama menguntungkan. Cuman, kalau di youtube itu jangka panjang. Kalau dijual itu hari itu laku hari itu juga kamu dapat penghasilan.

Kalau langsung jual itu istilahnya adalah premium kalau dishare gratis dan diselipin iklan namanya freemium. Keduanya sama baiknya, tergantung dengan metode mana yang kamu ingin lakukan.

Mungkin itu saja ya ulasan tentang peluang kerja sampingan berdasar hobi yang dapat dilakukan oleh siapapun. Intinya adalah jika kamu punya skill dan hobi yang unik, jangan ragu untuk mempublikasikannya. Sekonyol apapun itu tidak masalah.

Misal, kamu punya keahlian unik yaitu memecahkan durian dengan kapala. Itu sangat unik sekalil. Kamu bisa upload video saat kamu memecahkan durian dengan kepala ke youtube, saya jamin 99% banyak yang menonton.

Lalu kamu juga bisa upload video-video lain, misal video mecahin kelapa dengan kepala, mecahin semangka dengan kepala, kalau perlu mecahin batu besar dengan kepala. Itu akan menjadikan kamu mempunyai channel youtube unik yang bertemakan kepala! Semakin unik kamu semakin gampang dikenali. So? Just Follow Your Passion, Work and Wait until Money Follow You!

Cari Artikel di Sini


4 Peluang Usaha Sampingan Berdasar Hobi Menjanjikan | Admin | 4.5
%d bloggers like this: