8 Peluang Bisnis 2017 Dengan Peluang Untung Besar

Dalam perkembangan teknologi yang cukup pesat terutama di bidang internet inilah yang pada akhirnya akan membuat segala permintaan pasar ikut mengalami kenaikkan. Untuk itu kita sebagai pelaku bisnis harus pintar-pintar untuk dapat membaca peluang bisnis apa saja yang dapat menghasilkan omset atau keuntungan yang besar.

Berdasarkan data yang berasal dari We Are Social, tercatat bahwa pengguna internet di Negara Indonesia pada awal tahun 2015 saja telah mencapai 72 juta jiwa atau bila diprosentasikan maka sudah lebih dari 25% penduduk Indonesia telah menggunakan internet.

Melihat dari banyaknya serta semakin pesatnya pertumbuhan pengguna internet di Indonesia tentunya membuat semakin banyaknya peluang bisnis baru tercipta. Nah disini kami telah mengumpulkan beberapa ide peluang bisnis yang mempunyai peluang mendapatkan untung cukup besar.

1. Bisnis Database

Pada tahun 2016 akan banyak sekali kita jumpai para penjual database yang akan menjual beberapa informasi berupa List Email ataupun UID (User ID).

Semakin tertarget list yang terjual, maka semakin mahal pula harga dari data tersebut. Pasalnya untuk mendapatnya juga bukan perkara hal yang mudah dan selain itu juga dipengaruhi oleh potensi ataupun peluang terjualnya produk akan semakin tinggi.

Database ini bisa berupa data apapun, bisa email, user ID, nomor HP, pin BBM, atau data apapun. Tahu Google? Ya mereka bisa menjadi perusahaan raksasa karena “menjual” data penggunanya, sehingga mereka bisa menampilkan iklan yang sangat relevan dengan aktivitas penggunanya.

2. Bisnis vLog

Bagi Anda yang belum tahu apa itu vLog, kita akan menjelaskan dengan sederhana. vLog secara pengertian sederhana vLog adalah sebuah video blogging maupun penggabungan antara video dengan blog.

Jadi secara konsep vLog adalah merekam segala sesuatu tentang diri sendiri sambil memberikan beberapa tips, tutorial maupun sekedar bahan lelucon. Di Indonesia ini jumlah dari vLogger ini juga terbilang cukup besar, bahkan kita dapat menemukannya dengan mudah di YouTube. Sebagai contoh pelakunya adalah Bayu Skak, kevin Anggara dan masih banyak lagi pelaku dari vLogger ini.

Baca juga : Profil Ekga Gustiwana : Salah Satu Youtuber Sukses di Indonesia

Untuk pemula sumber pemasukan vLog ini berasal dari Google Adsense Youtube, artinya mereka mendapatkan uang dari iklan yang ditampilkan melalui video yang mereka upload lewat Youtube.

Tetapi, jika mereka sudah memiliki subscriber banyak, sumber pendapatan terbesar mereka bukanlah lewat youtube melainkan lewat endorse dari perusahaan-perusahaan yang nilainya jauh diatas pendapatan dari Youtube itu sendiri.

Jadi youtube ini bisa dikatakan sebagai media untuk mendistribusikan konten yang dibuat, kalau dulu hanya bisa melalui televisi saja. Tetapi sekarang bisa lewat internet, dengan memanfaatkan youtube, facebook, atau social media lainnya.

3. Bisnis Advertising

Advertising adalah salah satu “nyawa” bagi sebuah bisnis, dibagian advertising / periklanan ini ujung tombak penjualan ada disini. Karena tanpa adanya pemasaran yang maksimal tentu penjualanpun tidak akan bisa maksimal.

Advertising yang paling bagus dan handal tentunya harus menyesuaikan dengan dengan produk yang dijual. Karena dalam setiap produk mempunyai target pasar yang berbeda.

Akan tetapi bila kita menginginkan pemangkasan biaya serta ingin memperoleh jangkauan yang lebih luas lagi, maka promosi menggunakan media sosial patut untuk pertimbangan kita. Selain sosial media kita bisa memanfaatkan apapun di internet untuk berpromosi, seperti membuat website atau video.

Jadi, bisa saya katakan untuk saat ini internet telah merubah peta strategi advertising.

4. Bisnis Makanan & Minuman

Tentunya bisnis makanan dan minuman tidak akan ada matinya, karena makanan itu sendiri adalah sebuah kebutuhan primer dari manusia.

Bahkan dapat kita bilang bahwa bisnis makanan dan minuman ini akan mengalami peningkatan permintaan. Hal ini mengingat akan adanya banyak bermunculan pula usaha jasa antar makanan secara online.

Baca juga : Peluang Usaha Kuliner Makanan dan Minuman Rumahan dengan Modal Kecil

Tentunya hal tersebut akan semakin memudahkan kita sebagai pembeli untuk memesan sebuah makanan maupun minuman yang kita sukai.

5. Bisnis StartUp

Perusahaan rintisan atau kita sering menyebutnya dengan StratUp, terkhususnya dalam bidang FinTech (sektor finansial digital) yang mampunyai prospek yang cukup menjanjikan.

Hal ini dapat kita buktikan dengan melihat sudhah banyaknya startup yang sukses memperoleh modal ventura pada tahun 2015 yang lalu dengan jumlah yang begitu fantastis.

Sebut saja Elevania yang mana memperoleh dana segar sebesar $23,4 juta atau sekitar Rp. 325 miliar. Dan juga Go-Jek yang juga kabarnya memperoleh pendanaan tidak kurang dari Rp. 200 miliar dari Sequoia Capital.

Baca juga : 6 Elemen Penting Agar Startup Sukses

Inti dari sebuah perusahaan rintisan adalah “memonopoli” pasar yang belum ada pesaingnya sama sekali, bisa dikatakan kitalah yang menciptakan pasar dan kitalah yang memonopolinya. Misalkan, gojek termasuk yang pertama masuk ke pasar ojek online di Indonesia. Dan sekarang gojek bisa dikatakan memonopoli pasar ojek online, dengan nilai perusahaan yang fantastis.

6. Bisnis Online Shop

Kita tak dapat memungkiri semakin mudah dan murahnya untuk mengakses internet ini, akan membuat semakin banyaknya jumlah orang yang mengakses internet.

Pengguna internet ini memanfaatkannya bukan hanya sekedar untuk mencari sebuah informasi saja, tapi juga untuk berbelanja secara online.

Untuk itu tidak ada salahnya kita merintis sebuah bisnis online shop. Bisnis online shop ini juga sangat cocok dilakukan oleh ibu rumah tangga katena pelaung dari bisnis online shop ini dapat dikerjakan di rumah asalkan mereka mempunyai sebuah akses internet.

Baca juga : 50 Peluang Bisnis Online dengan Modal Kecil yang Bisa Dikerjakan dari Rumah

Ada banyak sekali metode-metode yang bisa gunakan untuk berjualan online, misalkan jualan lewat sosial media seperti instagram, facebook, bbm, dll. Atau bisa berjualan di situs pasar online seperti bukalapak dan tokopedia. Atau juga bisa “titip” jualan di swalayan besar online seperti lazada atau zalora.

7. Bisnis Apps Development

Bisnis dalam bidang pengembangan aplikasi, khususnya untuk smartphone juga patut untuk kita pertimbangkan. Karena jumlah pengguna smartphone sangatlah besar.

Semakin banyaknya pengguna smartphone berbanding lurus dengan semakin banyaknya aplikasi-aplikasi yang beredar, dan ini juga membuka peluang usaha bagi Anda yang gemar otak atik program mobile, khususnya Android dan iOS.

Anda bisa memonetize aplikasi yang Anda buat dengan berbagai cara, cara yang paling populer adalah dengan iklan dan app in purchase. Dengan iklan artinya kita akan menayangkan iklan di aplikasi yang kita buat, dan kita dapat bayaran dari setiap iklan yang tampil.

App in purchase artinya kita menjual item-item premium di aplikasi yang kita buat.

8. Bisnis Freelancer / Pekerja Lepas

Sekarang ini bisnis freelancer tidak bisa dipandang sebelah mata, apalagi freelancer dengan client dari luar negeri. Kita dibayar dengan mata uang dollar. Saya pernah mengikuti sebuah kontes di 99design, dan menang 1 desain saja dan dibayar sekitar 6 juta.

Bayangkan jika Anda tiap hari rutin ikutan kontes, pastilah 1-2 lomba akan menang. Tidak mungkin Anda ikut 100 lomba tidak ada satupun yang menang. Kecuali Anda ikutnya asal-asalan.

Ada banyak situs-situs freelancer yang bisa Anda manfaatkan, seperti upwork, freelancerfiverr. Jika Anda belum siap untuk menerima client dari luar, maka silahkan ikut kontes-kontes terlebih dahulu, misalkan di situs 99designs, design crowd,dll.

Itu tadi adalah beberapa peluang bisnis yang bisa Anda coba sekarang juga. Yang penting fokuslah pada satu bisnis dahulu, baru mencoba bisnis-bisnis yang lain. Kenapa? Karena kalau Anda tidak fokus maka Anda akan mudah bosan, bisnis satu belum jalan eh udah ganti bisnis. Jadi fokus satu saja dulu sampai benar-benar berhasil, baru mencoba bisnis yang lainnya.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: