Cara Mengatasi Masalah Tidak Terhubung Dengan Whatsapp Web

Masalah koneksi internet pada smartphone dan komputer adalah masalah utama yang sering kita hadapi ketika kita tidak dapat mengirim atau menerima pesan pada Whatsapp Web. Maka dari itu kita perlu memastikan bahwa
Masalah koneksi internet pada smartphone.

Whatsapp web bisa dikatakan seperti cermin dari Whatsapp pada smartphone kita. Whatsapp web terhubung dengan smartphone kita sehingga terjadi sinkronisasi antara whatsapp smartphone dengan whatsapp web. Ketika terjadi sinkronisasi ini kita dapat melihat pesan-pesan whatsapp baik smartphone maupun whatsapp web terlihat sama.

Jika pada smartphone kita tidak terdapat koneksi data internet dan tidak dapat menerima maupun mengirimkana pesan melalui whatsapp, maka kita pun juga tidak akan bisa menggunakan Whatsapp web. Bukalah whatsapp pada smartphone kemudian cobalah untuk mengirimkan pesan.

Jika pesan tersebut tidak terkirim (hanya muncul tanda bulat atau jam) maka bisa dipastikan bahwa smartphone kita dalam kondisi offline, tidak terdapat koneksi data internet sehingga kita tidak akan bisa terhubung ke Whatsapp web di komputer kita.

Saat pesan yang kita kirimkan tadi sudah dapat terkirim (muncul tanda centang satu atau centang dua) namun ketika kita mencoba menggunakan Whatsapp web pada komputer masih mengalami kesulitan dalam mengirim maupun menerima pesan, bisa dipastikan terdapat masalah koneksi data internet pada komputer kita. Maka dari itu kita perlu mengecek koneksi data iinternet pada komputer. Apakah sudah terhubung dengan internet atau belum.
Masalah Koneksi Internet Pada Komputer

Seperti halnya saat menggunakan whatsapp pada smartphone, kita juga harus memiliki koneksi data internet yang stabil pada komputer agar dapat menggunakan whatsapp web. Jika saat membuka whatsapp web terdapat bar kuning pada bagian atas daftar percakapan dengan pesan kesalahan seperti ini “Komputer Tidak Terhubung”, maka periksa kembali dan pastikan bahwa komputer yang kita gunakan terhubung dengan koneksi data internet, baik itu melalui Wi-Fi maupun menggunakan modem.

Jika koneksi data internet kita berjalan dengan lancar, contohnya kita membuka situs lain lancar saja, namun ketika membuka whatsapp web kita tetap tidak bisa mengirimkan maupun menerima pesan, maka cobalah untuk mereload atau merefres halaman whatsapp web tersebut.

Setelah melakukan refres pada halaman whatsapp web dan kita tetap tidak bisa mengirimkan atau menerima pesan, ada baiknya kita mencoba keluar dari whatsapp web tersebut dengan meng-klik tombol keluar (log out) dan kemudian mengulang lagi untuk masuk (log in) pada whatsapp web.

Cara untuk keluar dari whatsapp web

1. Tekan ikon menu.

Mengatasi masalah whatsapp web

Tekan ikon menu.

 

2. Klik keluar (log out).

Logout dari whatsapp web

Klik keluar (log out).

 

3. Kemudian ikuti intruksi untuk masuk kembali ke whatsapp web dengan melakukan pemindaian kode QR

 

Perlu diperhatikan bahwa kamu harus menggunakan browser versi terbaru dari Chrome, Firefox, Opera, Safari atau Edge untuk dapat menggunakan whatsapp web. Hal ini dikarenakan browser seperti internet explore tidak dapat digunakan untuk membuka whatsapp web.

Masalah Pada Koneksi Wi-Fi tertentu

Masalah ini bisa terjadi apabila kita menggunakan Wi-Fi dan jaringan Wi-Fi tersebut diatur untuk memblokir atau membatasi akses whatsapp web. Entah itu Wi-Fi kantor, sekolah, kampus maupun Wi-Fi umum lainnya. Jika terjadi hal demikian solusinya hanyalah meminta admin jaringan Wi-Fi tersebut untuk membuka blokir akses ke Whatsapp web.

Cari Artikel di Sini



Leave a Reply

*

%d bloggers like this: