Tips Bisa Mudik Gratis, Penyelenggara dan Syarat-Syaratnya untuk Tahun 2016

Sebentar lagi kita akan memasuki bulan puasa, dan setelahnya adalah Hari Raya Idul Fitri. Ini artinya budaya mudik akan segera hadir. Dari musim mudik ini ada beberapa pihak yang menyelenggarakan mudik secara gratis.

Sebenarnya apabila kita sering mencari informasi entah itu melalui media internet maupun media yang lain, ada banyak pihak-pihak yang telah menyediakan mudik gratis, terutama dengan sasaran para pemudik bermotor

. Tujuan utama dari diadakanya mudik gratis ini adalah usaha dalam mewujudkan suasana Hari Raya Idul Fitri yang aman dan nyaman dan yang jelas menekan tingginya angka kecelakaan yang melibatkan pemudik bermotor.

Berikut ini ada daftar pihak-pihak yang sering mengadakan mudik gratis dari berbagai sumber :

1. Mudik Gratis Bersama Departemen Perhubungan

Instansi pemerintah ini juga sering mengadakan fasilitas mudik gratis. Berikut ini rangkuman singkat tentang syrat serta cara memanfaatkannya :

  • Kita (pendaftar) wajib mengisi formulir telebih dahulu.
  • Kita wajib mempunyai SIM serta STNK yang masih berlaku tentunya.
  • Membawa SIM, STNK, serta KTP Asli dan juga foto copi masing-masing 3 lembar pada saat nanti kita daftar ulang.
  • Motor yang nanti diserahkan pada petugas atau dalam hal ini penyelenggara harus tanpa dimodifikasi, termasuk juga masih ada standar tengah (standar dua).
  • Untuk kelangkapan bermotor, termasuk juga spion, helm dan lainnya harus dibawa oleh pemilik motor.
  • Menyerahkan kunci kepada pihak ekspeditur atau penyelenggara mudik gratis pada saat nanti kita daftar ulang.

2. Mudik Gratis Bersama Telkomsel Poin

Untuk kita-kita para pengguna provider Telkomsel, utamanya bagi kita yang sering dan rajin mengoleksi Telkomsel Poin. Poin yang kita kumpulkan dapat kita tukarkan dengan tiket mudik yang dapat kita nikmati untuk musim lebaran.

Biasanya pihak Telkomsel akan menyediakan dua pilihan moda akutan untuk mudik gratis ini, yakni pesawat terbang dan juga kereta api yang dapat kita pilih sendiri sesuai dengan keinginan kita. Nah berikut ini mekanisme untuk dapat memanfaatkan fasilitas dari Telkomsel :

  • Peserta adalah mereka yang menggunakan Telkomsel, yang sudah mempunyai Telkomsel Poin dan diharuskan untuk mengikuti lelang poin dari Telkomsel, dengan cara registrasi ke *700*123#.
  • Proses lelang ini dilakukan setiap harinya, dibuka pada jam 00:00 dan akan ditutup pada jam 21:00 WIB.
  • Pendaftaran ditutup tiap hari, dan pelanggan yang melelang Poin tertinggi akan dinyatakan sebagai pemenang dan berhak untuk mendapatkan Tiket Mudik.
  • Akan ada Booking Fee dalam hal ini sebagai salah satu tanda keseriusan kita dalam mengikuti program ini, untuk pesawat sebesar Rp. 100.000 dan untuk kereta api Rp. 50.000,00.
  • Pemegang Tiket Mudik (pemenang lelang) yang tak melakukan check in ke pesawat saat hari keberangkatan maupun saat naik ke kereta api, maka Tiket yang kita punya akan dianggap hangus serta tak dapat untuk diuangkan.

3. Mudik Gratis Bersama Jasa Raharja

Jasa Raharja yang merupakan salah satu BUMN yang bergerak dalam Asuransi dan umumnya mengurusi Asuransi Kecelakaan ini sering juga mengadakan mudik gratis. Berikut ini beberapa syarat yang biasanya diajukan apabila ingin mudik gratis bersama Jasa Raharja :

  • Pendaftar harus mempunyai motor serta SIM C.
  • Untuk peserta maksimal adalah empat orang, dengan kategori peserta dewasa (diatas 3 tahun, 2 orang), peserta bayi/infant (dibawah 3 tahun, 2 orang).
  • Peserta dan pendaftar harus mempunyai hubungan keluarga dengan membuktikannya dengan KK (Kartu Keluarga).
  • Melakukan Verifikasi Dokumen maupun Daftar Ulang dengan membawa dokumen seperti KTP serta SIM C atas mana pendaftar, STNK Sepeda Motor serta KK (Kartu Keluarga).
  • Untuk satu pendaftar hanya akan dikenakan satu kali kesempatan.

Itu tadi 3 pihak yang sering mengadakan mudik gratis, sebenarnya masih ada banyak lagi pihak-pihak yang menyelenggarakan mudik gratis ini. Kita dapat mencari tahunya pada saat nanti sudah memasuki bulan puasa dan hampir Hari Raya Idul Fitri.

Fasalitas mudik gratis ini memang dihadirkan semata-mata sebagai bagian dari keinginan untuk mewujudkan sebuah suasana Hari Raya yang aman serta nyaman bagi setiap orang. Maka tak akan ada salahnya apabila kita mencoba mengikuti beberapa fasilitas yang telah disediakan, mungkin saja fasilitas mudik gratis dari pihak lainnya akan menambah kenyamanan dan juga kebahagian kita selama hari raya.

Dan yang tak kalah pentingnya lagi adalah persiapan yang lebih lanjut tentang bagaimana melakukan mudik yang aman dan nyaman bagi kita dan keluarga kita, untuk itu kami telah merangkum beberapa hal yang harus kita persiapkan saat kiat ingin mudik.

Tips Aman Mudik Supaya Selamat Sampai Kampung Halaman

Kenangan saat mudik dan Berhari Raya berama keluarga adalah sautau hal yang tak mungkin tergantikan nilainya. Mudik yang enak, ceria, dan bahagia akan memberikan satu energi tersendiri bagi kita tatkala kembali untuk beraktivitas. Berikut ini ada beberapa tips untuk mudik yang aman, nyaman dan berkesaan.

1. Pahamilah Rute Dengan Baik, Bawalah Peta maupun Persiapkan Bantuan GPS Bila Diperlukan

Kondisi jalan selama musin mudik kadang tak tentu, terkadang akan mengalami kemacetan yang parah maupun juga ada hal lain yang diluar perhitungan kita. Memahami rute tentunya adalah suatu hal yang baik bahkan wajib apabila kita adalah pemudik yang baru saja melakukan mudik dengan menyetir sendiri.

Persiapkan saja peta, maupun hanya sekedar pastikan kita dapat mengakses layanan Map atau GPS di smartphone kita, tentunya tak ada salahnya untuk memastikan segala kenyamanan kita dalam perjalanan mudik.

2. Pastikan Tubuh Dalam Kondisi Fit

Kita harus menjaga kondisi tubuh sejak saat kita telah berkeinginan untuk mudik hingga pada saat pelaksanaan keberangkatan mudik itu sendiri. Pastikan saat kita mudik tidak dalam keadaan sakit, bila memang kurang fit dan kita harus tetap berangkat maka sebaiknya kita membawa obat-obatan maupun suplemen makanan yang lain. Hal ini untuk mengantisispasi kondisi tubuh kita yang semakin menurun saat dalam perjalanan.

3. Barang bawaan, Obat-Obatan, Ponsel dan Pulsa

Ini adalah hal yang perlu kita persiapkan selanjutnya, siapkan barang bawaan seperlunya saja hindari membawa barang bawaan yang terlalu banyak, bawalah obat-obatan serta bila memungkinkan bawa peralatan P3K sederhana. Ponsel kita juga memerlukan perhatian juga, bawalah baterai cadangan, dan juga pastikan terisi pulsanya.

Hal ini penting sebab siapa tahu saja kita akan memerlukan panggilan darurat pada sat dijalan untuk mendapatkan bantuan. Disamping hal itu juga agar tetap terhubung dengan kondisi diluar, semisal saja saat ada pekerjaan mendadak maupun hal lain terkait dengan rumah yang kita tinggalkan.

4. Pastikan Kondisi Kendaraan

Banyak faktor yang mempengaruhi kecelakaan di jalan raya, selain juga karena kondisi dari sang pengendara yang kurang prima, ada satu hal lagi yakni kondisi kendaraan yang kurang begitu maksimal.

Untuk itu kita perlu melakukan pengecekan kendaraan yang akan kita gunakan untuk mudik. Lakukan service pada kendaraan, apabila perlu kita mengganti oli mesin, pengecekkan kondisi ban serta tekanan anginnya, pengecekkan pada sistem pengeraman, lampu-lampu yang ada serta bagian-bagian kendaraan lain yang vital.

5. Jangan Memboncengkan Anak diBawah Umur

Tidak jarang dari kita yang mudik menggunakan sepeda motor, akan tetapi saat kita mempunyai anak kecil (balita) akan lebih baik jangan menggunakan sepeda motor. Hal ini karena kekebelan tubuh dari sang anak belum sempurna. Atau dengan kata lain masih gampang terkena penyakit, misalkan saja flu, panas (demam), mabuk perjalanan, dan lain sebaigainya. Maka akan lebih baik saat kita mempunyai anak kecil, kita mudik menggukan angkutan umum atau mobil.

Mudik adalah hal yang mungkin sudah menjadi suatu budaya di Indonesaia pada saat Hari Raya Idul Fitri. Oleh karenanya jadikan mudik kita bersama keluarga berkesan apapun moda transportasi yang kita gunakan dan kemanapun tujuan mudik kita. Selamat menyonsong bulan Ramadhan, dan selamat untuk mempersiapkan mudik Anda, semoga nanti ibadah kita akan menjadi semakin berkualitas dan Hari Raya kita berkesan.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: