Ini dia 4 Modal Penting Bisnis Online

Modal Penting Bisnis Online

Modal Bisnis Online Bisnis online memang tengah menjadi primadona di era sekarang. Dengan semakin populernya beberapa marketplace lokal Indonesia seperti tokopedia dan bukalapak maka persaingan bisnis online semakin terbuka.

Hal ini menjadikan bisnis online memiliki tingkat kompetitif yang tidak lebih rendah jika dibandingkan dengan bisnis offline. Tapi, hal ini cukup wajar. Karena, dengan semakin luasnya market (pasar) dimana prenetasi internet sudah semakin tinggi maka otomatis kebutuhan akan jual beli online semakin meningkat.

Cara Memulai Bisnis Online

Kamu ingin bisnis online? Lalu bagaimana cara memulainya? Simple, tentukan dulu kamu ingin terjun di bisnis online seperti apa. Karena model bisnis online itu sangat banyak sekali, silahkan baca artikel 8 peluang bisnis online tanpa modal. Dalam artikel tersebut saya telah menjelaskan peluang-peluang bisnis online yang dapat kamu ambil.

Jangan ambil semua bisnis, cukup satu saja tapi ditekuni dulu. Bisnis online itu sama dengan bisnis offline, jika kamu tidak fokus maka bisnis tidak akan lancar. Tidak mungkin kan kamu bisa mbuka bisnis peternakan dan perikanan dalam satu waktu? Pasti konsentrasi kepecah dan alhasil keduanya tidak akan berjalan sesuai dengan keinginan.

Apa Saja Modal Bisnis Online?

Siapa bilang bisnis online itu tanpa modal? Tanpa resiko? Dan pasti menghasilkan? Hanya orang maaf bodoh saja yang percaya dengan bualan seperti itu. Bisnis online itu sama dengan bisnis offline, dimana harus ada modal yang dikeluarkan demi jalannya bisnis.

Namanya juga bisnis bukan? Bisnis mana yang memang zero modal? Tidak ada! Pasti semuanya membutuhkan modal. Cuma, besar kecilnya modal bergantung dengan tingkat bisnis itu sendiri. Nah, untk bisnis online sendiri dari segi modal bisa saya katakan jauh lebih kecil daripada bisnis offline. Lebih jelasnya berikut ini 4 modal penting untuk memulai bisnis online :

1. Modal Niat dan Keyakinan

Niat Adalah Yang Utama

Niat Adalah Yang Utama (Gambar : Google)

Modal pertama dan paling utama adalah modal niat dan keyakinan. Bukankah dalam agama juga telah ditegaskan bahwa segala amal bergantung pada niatnya? Dan, dalam setiap aktivitas bisnis modal niat dan keyakinan adalah hal mutlak yang harus dipegang oleh para pengusaha.

Mengapa hal ini penting? Karena dalam menjalankan bisnis pasti tidak akan selancar yang dibayangkan. Entah pasti ada saja halangan-halangan untuk mencapai target kita. Tanpa adanya mentalitas yang mumpuni maka mustahil kamu bisa mencapai titik tertinggi yang telah ditargetkan.

Modal niat dan keyakinan juga sangat penting untuk menjaga ritme bekerja. Jangan pikir pebisnis online itu enak ya, Cuma duduk-duduk dan konkow-konkow didepan komputer dengan secuprut kopi lalu duit datang begitu saja.

Ada banyak halangan yang di dapatkan oleh para pebisnis online. Beberapa halangan bisnis online misalkan sebagai berikut :

  1. Godaan rumput tetangga, melihat screenshot dari tetangga sebelah yang lebih sukses lalu berpindah haluan. Padahal bisnis yang sedang dikerjakan belum menghasilkan.
  2. Waktu habis untuk hal-hal percuma, misalkan stalking mantan pacar, scrolling news feed, debat tidak penting, ataupun play musik di youtube.
  3. Mentalitas ingin cepat kaya.

Itu baru 3 saja yang saya sampaikan, ada segudang masalah yang dihadapi oleh pebisnis online. Dan saya yakin mayoritas yang sudah terjun di bisnis online memiliki masalah paling gak 3 masalah tersebut.

Untuk itulah sangat penting untuk kamu menguatkan mentalitas kamu, supaya kamu menjadi sangat tahan banting untuk terjun di bisnis online. Jika mentalitas kamu bisa terjaga maka kamu bisa menjaga ritme kerja kamu, sehingga tidak membuang waktu alias wasting time didepan layar kaca tanpa menghasilkan apapun.

2. Modal Waktu

Manfaatkan Waktu Sebaik Mungkin

Manfaatkan Waktu Sebaik Mungkin (Gambar : Google)

Yang kedua adalah modal waktu. Mengapa hal ini menjadi sangat penting? Karena waktu itu adalah harta yang sangat berharga bagi kita. Setiap detik waktu yang kita konversi menjadi masa lalu dan tidak bisa kita putar ulang lagi waktu tersebut.

Waktu itu sangat berharga, karena itulah sebisa mungkin manfaatkan waktu sebaik mungkin. Apalagi, sekarang waktu 24 jam sehari berasa sangat kurang dan terasa berlalu dengan cepat. Nah, jika kamu terjun di bisnis online pastikan kamu mengalokasikan waktu yang tidak sedikit untuk bisnis ini.

Jangan anggap bisnis online ini adalah sampingan. Karena mengembangkan bisnis online ini membutuhkan waktu yang tidak sedikit sama seperti bisnis offline. Banyak sekali orang yang terjun di bisnis online GAGAL karena menganggap bisnis ini HANYA bisnis sampingan, sehingga mereka gagal fokus (kembali lagi ke modal pertama yaitu niat dan keyakinan).

Niatkan kalau kamu Insya Allah bisa sukses di bisnis online, kemudian alokasikan sebagian besar waktu kamu untuk bisnis onlne. Jika kamu sekarang sedang bekerja menjadi karyawan maka kamu harus rela waktu tidur kamu berkurang beberapa jam.

Jangan jadi orang yang manja dengan banyak tidur, semua butuh perjuangan. Jika pagi-sore kerja, maka pada saat malam 3-5 jam waktu yang bisa kamu alokasikan untuk fokus di bisnis online. Apalagi jika kamu sudah berumah tangga, kamu bisa mengajak pasangan kamu untuk bisnis online bareng.

Misalkan, untuk hal-hal berat seperti pengerjaan SEO dan optimisasi sosial media bisa dilakukan oleh suami di malam hari. Jika sang suami masih bekerja menjadi karyawan di pagi harinya. Dan pagi harinya sang istri bisa menjadi CS atau customer service di rumah. Bukankah ini akan sangat mengasyikkan? Dan meningkatkan keharmonisan rumah tangga?

Itu hanya beberapa solusi saja, jika kamu masih mengeluh tidak punya waktu. Insya Allah dengan semangat juang tinggi apalagi dukungan orang terdekat maka semua itu menjadi mudah.

3. Modal Ilmu, Trik, dan Tools

Modal Ilmu

Tanpa Ilmu Tidak Akan Bisa Maju (Gambar : Google)

Yang ketiga adalah modal ilmu. Ya ini bisa dikatakan jantungnya apapun. Tanpa ilmu kita tidak bisa ngapa-ngapain bukan? Sama, pelajari dulu apa itu bisnis online, peluangnya bagaimana, keadaan pasarnya bagaimana. Kalau hal-hal tersebut sudah didapatkan segera dalami ilmu yang berhubungan dengan bisnis online pilihanmu.

Saat memulai bisnis online sudah saya suruh tentukan bukan bisnis apa yang akan diambil? Pilih satu saja dulu kemudian dalami. Saya kasih contoh bisnis toko online ya.

Nah, kamu pelajari dulu bagaimana cara membuka toko online? (Baca : Cara Memilih domain toko online). Media apa saja yang akan digunakan untuk ajang promosi dagangan? Apakah sosial media atau mesin pencari? Jika sosial media mau fokus di sosmed apa? Twitter? Facebook? Instagram? Line? Atau apa?

Nah itu semua harus dipikirkan. Semakin detail dan terperinci maka semakin bagus, itu membuat kamu menjadi semakin fokus. Jika kamu masih pemula maka jualan lewat instagram saya rekomendasikan. Karena selain mudah tapi juga murah malah gratis. Jika berbayar itu untuk menyewa endorse ataupun instagram ads (instagram iklan).

Untuk tingkat lebih tinggi bisa menggunakan facebook marketing. Nah, ilmu dan trik teknis ini harus kamu pelajari. Ada banyak sekarang kursus-kursus seperti ini. (Baca : Tempat Belajar Internet Marketing). Tinggal kamu luangkan saja waktu kamu untuk mempelajarinya.

Jika ingin cepat maka cari guru dan tentor ataupun kursus premium alias berbayar lainnya. Hal ini sangat diperlukan untuk memotong waktu kamu. Karena dengan tentor maka action kamu lebih terarah. Lagian kegagalan-kegagalan yang pernah dilakukan tentor bisa kamu hindari, dan otomatis akan menghemat biaya jika kamu melakukan uji coba sendiri.

Selain ilmu, tools juga penting untuk mengotomatisasi hal-hal yang berbau teknis. Ini penting, untuk memperlebar bisnis online kamu. Maka kamu tidak bisa terus menerus mengurus hal-hal teknis yang bersifat sepele. Kamu bisa mengotomatisasinya dengan menggunakan tools ataupun menggaji karyawan.

Misalkan, kamu bisa menggunakan tools auto add friend, auto share, auto submit, dll. Ada banyak tools-tools yang dijual oleh para pakar internet marketing yang dapat kamu beli. Tapi ingat jangan kebanyak tools dan ilmu, karena ini adalah penyakit newbie dan bisa membuat gagal fokus = gagal semuanya.

Kamu bisa membeli tutorialnya di ratakan.com, disana ada banyak sekali tools dan tutorial yang dapat kamu beli. Tutorial disana bisa dikatakan terjamin kualitasnya. Karena didirikan oleh pakar internet marketing di Indonesia. Sehingga setiap produk yang tampil sudah di filter terlebih dahulu.

Saran saya sih mending kamu beli satu kursus yang sesuai dengan model bisnis yang sudah kamu niatkan. Supaya kamu bisa sukses secepat mungkin, tanpa harus meriset kegagalan sendiri. Karena ingat modal bisnis online itu tidak sedikit ya, terutama modal waktu yang terbuang begitu saja.

4. Modal Duit

Modal Uang

Uang Bukan Utama tapi Penting (Gambar : Google)

Terakhir adalah modal finansial. Ini tiak kalah penting. Mengapa? Ya karena tidak ada bisnis yang zero modal. Semuanya pasti butuh modal, jika tidak modal duit ya minimal modal 3 hal tadi.

Dengan modal uang  yang kuat maka kamu bisa meng-cut atau mempercepat laju bisnis kamu, dengan uang kamu bisa membeli iklan premium facebook, instagram twitter, sehingga tingkat klosing kamu semakin tinggi.

Dengan uang kamu bisa menggunakan jasa SEO yang mahal untuk merangking kata kunci website kamu. Karena harga pasaran jasa SEO itu diatas 10 juta, kamu memang bisa mengerjakan SEO itu sendiri tapi percayalah itu sangat menyita waktu. (Baca : Meledakkan Visitor dengan SEO)

Dengan uang kita bisa membeli content writer untuk merevie produk kamu ataupun membuat copywriting yang menarik untuk meningkatkan presentase klosing. Tapi, modal uang saja memang tidak cukup. Tetap perlu adanya perencanaan matang supaya uang yang dialokasikan tidak terbuang percuma.

Jika kamu tidak punya uang, jalan terakhir adalah lakukan semuanya sendirian. Ini sangat berat, tetapi memang sudah konsekuensinya. Kalau tidak punya uang trus mau bagaimana lagi? Selain ngerjain sendiri?

Jika tidak kuat ya mening resign dari bisnis online dan melamar menjadi karyawan saja. Karena, bisnis online itu tidak semudah yang dibayangkan. Butuh pengorbanan yang tidak sedikit agar sukses di bisnis online. Karena itulah siapkan mental kamu untuk kuat menghadapi kemungkinan terburuk.

Kesimpulan…

Itu tadi adalah 4 modal penting untuk memulai bisnis online. Pada dasarnya 4 modal itu saling terkait, dan saling melengkapi. Tetapi, 3 modal pertama itu adalah modal mutlak yang harus dimiliki. Modal uang bisa diakalin dengan alternatif-alternatif yang lainnya.

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan. Semoga tips modal penting bisnis online ini bermanfaat bagi kamu. Terutama yang baru terjun di bisnis online, supaya arah kamu semakin tertara dan tidak tersesat. Terimakasih.

Cari Artikel di Sini


Ini dia 4 Modal Penting Bisnis Online | Admin | 4.5
%d bloggers like this: