5 Ciri-ciri Bisnis Multi Level Marketing (MLM) yang Wajib Anda Ketahui!

Dalam artikel ini akan membahas tentang bagaimana cara kerja dari bisnis Multi Level Marketing, sehingga akan menjadikan bahan pertimbangan bagi Anda agar dapat memutuskan bergabung kedalam salah satu perusahaan MLM yang ada di Indonesia.

Bisnis Multi Level atau yang lebih dikenal dengan MLM ini pada dasarnya merupakan sebuah bisnis sehat yang mana mempunyai peluang memperoleh income atau penghasilan yang cukup besar.

Hal ini terbukti dengan banyaknya orang yang telah membuktikan kesuksesan dari menjalankan sebuah bisnis MLM ini. Sedangkan untuk pelaku dari bisnis ini terdiri dari semua golongan, status sosial dan juga semua umur, tapi yang jelas hampir setiap orang dapat menjalankan bisnis MLM ini.

Dan tidak sedikit pula yang mendapatkan kesuksesan dengan menjalankan bisnis ini, akan tetapi yang jelas bisnis apapun yang kita lakukan dengan serius dan juga konsisten pastinya akan membuahkan hasil yang maksimal. Karena sebuah proses tak akan menghianati hasil tentunya.

Akan tetapi, seiring dengan perkembangan model bisnis ini dan ditambah pula dengan masuknya beberapa perusahaan asing yang mana hal tersebut terbukti ilegal menurut hukum yang ada di Indonesia yang mana dalam hal tersebut mengatasnamakan bisnis Multi Level Marketing.

Hal tersebut otomatis akan juga berimbahas kepada perusahaan-perusahaan atau usaha yang memang menjalankan bisnis MLM murni ini. Maka hasilnya setiap  bisnis MLM ini sering kali dikaitan atau dipandang sebagai bisnis yang ilegal seperti halnya dengan bisnis model Pyramyd, Money Game sampai dengan  Schema Phonzy.

Yang jelas semua itu akan membuat citra dari bisnis MLM menjadi buruk di mata kalangan masyarakat. Bahkan sekarang-sekarang ini banyak pula bisnis yang mana berkedok sebagai MLM yang mana mempunyai konsep manusia membantu manusia bahkan sampai dengan investasi bodong. Sungguh hal tersbeut tidak masuk akal bukan? OH iya dalam artikel kali ini tak akan banyak membahas bisnis tersebut karena rentan akan adanya unsur provokasi.

Saat kita membahas mengenai MLM ini tidak cukup dengan satu artikel saja. Tapi yang jelas disini kita kan belajar untuk memahami ciri-ciri bisnis Multi Level Marketing yang baik dan sebagai bahan pertimbangan untuk kita memilih bisnis MLM yang akan kita jalankan.

1. Legalitas dari Perusahaan

Perusahaan harus resmi / legal (illustrasi gambar : infinitymassagechairs.com)

Pastikan sebelum kita untuk bergabung dalam sebuah bisnis MLM ini, kita harus terlebih dahulu mengatahu dan mancari tahu akan legalitas dari perusahaan MLM tersebut. Pasalnya dalam peraturan telah diatur semuanya. Peraturan tersebut tertuang kedalam UU No. 7 Pasal 105 Tahun 2014 perihal perdagangan, palaku MLM akan dihukum penjara selama 10 tahun dan denda sebesar 10 miliar rupiah, hukuman ini berlaku bagi pelaku bagi pemilik dari perusahaan beserta dengan distributor yang menjualnya, untuk itu kita harus berhati-hati dalam memilih sebuah MLM karena bukannya kita mendapatkan keuntungan malah mendapatkan kerugian.

Karena itu penting bagi kita untuk mencari tahu kelegalan dari perusahaan tersebut, karena izin perusahaan saja tak cukup untuk menentukan kelegalan atas perusahaan tersebut.

Dikutip dari Howmoneyindonesia.com bahwa saat ini di Indonesia perusahaan MLM wajib mempunyai surat izin yang sah, SIUP-PL (Surat Izin Usaha Perdagnagan Penjualan Langsung, perlu kita cata bahwa izin PT, TDP, NPWP, izin BKPM tidaklah cukup sebagai dokumen legalitas dari MLM). Untuk itu berhati-hatilah dengan member MLM tertentu dengan menggembar-gemborkan izin perusahaannya, karena hal tersebut belum tentu legal menurut hukum yang berlaku di Indonesia.

2. Produk Bermutu dengan Harga Jual dan Beli yang Masuk Akal

PAstinya dalam menjalankan sebuah bisnis MLM akan selalu ada produk-produk yang harus dijual. Walaupun demikian kebanyakan dari orang-orang tak pernah memperdulikan hal tersebut dan mereka lebih mementingkan iming-iming bonusnya saja. Akan tetapi hal tersebut tentunya salah besar, karena dalam bisnis MLM murni terntunya akan menjual produk-produk yang mempunyai kualitas yang baik dan kemudian akan membagikan bonus penjulan kepada para membernya.

Sekarang ini banyak sekali perusahaan yang mana berkedok sebagai bisnis MLM tanpa adanya menjual sebuah produk, mereka hanya menjual sistem dengan istilah-istilah yang tak masuk akal. Sebagai contoh A membantu B, hal ini sangatlah aneh dan sangatlah tidak masuk akal. Yang seperti ini sudah dapat dipastikan bukan MLM melainkan investasi bodong semata.

Untuk itu pahimilah dengan seksama bahwa sebuah bisnis MLM mempunyai sebuah ciri akan menjual produk dengan mutu dan kualitas yang baik dengan harga yang sepadan.

Nah ciri produk MLM murni adalah produk yang mempunyai kualitas atau mutu baik, produk-produk yang dijual akan bermanfaat dan dibutuhkan oleh banyak kalangan, produknya juga mendapatkan respon yang baik dari masyarakat, dan tentunya harga yang ditawarkan masuk akal. Apabila kita temui produk MLM yang tak sesuai dengan hal tersebut, mungkin akan lebih baik kita tinggalkan.

3. Peluang Income yang Masuk Akal

Banyak orangg MLM yang menawarkan passive income tidak masuk akal, Anda harus jeli! (Gambar : The Pew Charitable Trusts)

Pasti kita tahu tujuan dari bisnis MLM ini adalah untuk memperoleh peluang income maupun bonus-bonus yang banyak diberikan oleh pihak perusahaan MLM itu sendiri. Pastinya perhitungan bonus dari MLM ini berbeda-beda, nah untuk dapat menentukan sistem yang digunakan baik dansehat adalah dengan cara menganalisanya.

Apakah sitem tersebut hanya menguntungkan salah satu pihak saja atau tidak? Sistem yang sehat dan baik adalah sistem yang mana dibuat untuk dapat saling menguntungkan, yang mana member yang baru masuk akan memperoleh peluang income yang sama dengan yang telah bergabung terlebih dahulu. Dengan cara menganalisa sistem income yang seperti ini maka kita dapat menentukan mana saja MLM yang menggunakan sistem yang baik dan masuk akal.

Jadi berhati-hatilah dengan janji-jani income ratusan juta rupiah tanpa adanya kerja keras, yang perlu kita ingat dalam bisnis MLM ini diperlukan kerja keras yang extra pula, kita yang hanya bersanta-santai saja maka kita akan tertinggal jauh dengan mereka yang serius dan juga bekerja keras.

4. Support System

Dalam MLM terkenal pula mempunyai sebuah support system, sistem ini akan sangat membantu kita terhubung dengan Upline. Sehingga dalam MLM murni akan mempunyai sebuah sistem yang baik yang mana akan sangat membantu member baru untuk dapat menjadi salah satu member yang mempunyai keunggulan yang diharapkan mendapatkan peringkat yang tinggi. Support systemnya ini dapat berupa pelatihan yang berasal dari Upline kepada Downlinenya.

Bisa saja dengan cara event ataupun sebuah seminar yang rutin diselenggarakan oleh perusahaan. Bagi kita yang masih pemula dukungan sistem seperti ini sangatlah penting  untuk dapat menunjang sebuah kesuksesan kita dalam menggeluti bisnis MLM.

5. Menjual Produk atau Merekrut Member

Sebenarnya dalam sebuah MLM murni akan selalu menekankan untuk menjual produknya, bukan semata-mata mencarimember baru agar menperoleh uang dari pendataran member baru tersebut. Perusahaan yang lebih cenderung untuk mengutamakan perekrutan member baru biasanya bukanlah sebuah MLM., akan tetapi Money Game atau arisan berantai.

Hal ini sangatlah penting sebagai salah satu point yang dapat kita analisa. Misalkan saja dengan cara memperhatikan presentasi dari para agennya, apakah mereka cenderung untuk mengarahkan kita untuk menjual sebuah produk atau hanya sekedar merekrut member? Hal ini sebenarnya sangat mudah kita analisa, tentunya kita telah mempunyai sebuah gambaran kaan poin kelima ini bukan?

Sekian dulu penjelasan ciri-ciri dari MLM yang baik pada kali ini, sebenarnya masih ada banyak faktor lain yang menentukan sebuah MLM itu murni atau tidak. Tapi paling tidak kita sudah mengetahui yang paling dasar atau paling mudah diketahui apakah MLM tersebut murni atau tidak.

Referensi : maxmanroe


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: