5 Cara Merawat Batu Akik Black Opal Supaya Tetap Mengkilap

Pastinya saat kita mempunyai sebuah batu akik kita akan merawatnya dengan baik. Dengan kita merawatnya maka batu akik kita akan tetap terlihat bagus dan mengkilap.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas cara mengkilapkan batu akik Kalimaya dengan cara tradisional. Batu jenis ini bisa kita temukan di Banten dan bahkan batu akik Kalimaya atau sering disebut dengan Black Opal ini sudah mampu menembus pasar internasional.

Baca juga : Karakteristik, Sifat-Sifat Batu Black Opal dan Asal-Usulnya

Nah bila kita salah satu pengolektor batu Kalimaya ini dan batu akik kita sudah terlihat kusam, maka berikut ini tips untuk mengkilapkannya kembali :

1. Merendam Batu Akik Dengan Air Kelapa

Cara ini sering digunakan oleh para penggemar batu akik dan boleh dikatakan sederhana. Kita cukup memasukkan batu Kalimaya kedalam air kelapa.

Akan lebih baik bila merendamnya dengan wadah yang tertutup, agar air kelapanya tidak tercampur dengan zat lain. Rendam batu akik semalam saja, dan lap batu akik dengan lap yang lembut.

2. Menggosok Batu Akik Dengan Bambu

Cara ini digunakan oleh para tetua dengan memanfaatkan kehalusan dari tekstur pada kulit bambu. Hal ini tentunya membantu untuk meningkatkan kadar kemengkilapan batu akik Kalimaya. Tapi kita juga harus memperhatikan beberapa hal sebagai berikut :

  • Bambu harus dicuci sampai benar-benar bersih.
  • Jemur bambu sampai kering.
  • Jangan terlalu keras saat menggosokkan batu akik dengan bambu.
  • Kita harus menggosokkan searah.
  • Intensitasnya jangan terlalu sering, paling tidak seminggu sekali sudah cukup ataupun sebulan sekali.

3. Menggosok Batu Akik Dengan Daun Pisang Kering

Cara ini sering digunakan oleh nanek moyang untuk memperindah batu akik. Walaupun caranya kuno, tapi cara ini masih ampuh untuk menambah kilauan dari batu akik.

Hal ini karena senyawa yang terkandung di dalam daun pisang kering dapat membuat batu akik menjadi lebih mengkilap. Caranya cukup menggosokkan daun pisang kering dengan searah pada batu akik kita akan mendapatkan batu akik yang mengkilap. Namun ita harus melakukannya secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Menggosokkan Batu Akik Dengan Kulit

Cara ini cukup sering digunakan oleh para kolektor batu akik. Cara ini terlihat sederhana tapi hasilnya sangat memuaskan untuk menghasilkan kilauan batu akik. Hal ini karena kulit akan mengeluarkan minyak alami yang sangat berguna mengkilapkan batu akik. Kita juga dapat menggunakan kulit bekas (tak terpakai) misalkan bekas sabuk, maupun dompet.

Itu tadi cara yang dapat kita lakukan untuk mengkilapkan batu akik Kalimaya (Black Opal). Keempat cara tersebut memang terlihat sederhana, tapi bila kita melakukan dengan cara yang benar maka kita akan mendapatkan hasil maksimal. Selamat mencoba!!


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: