Cara Mudah Mengganti Tampilan WordPress

 

Salah satu hal yang membuat pengunjung nyaman di web atau blog kita adalah tampilan website yang bagus dan menarik. Tentu saja ada banyak indikator yang harus dipenuhi untuk menyebut tampilan sebuah web itu menarik apa tidak.

Salah satu indikator penting website itu menarik pengunjung atau tidak adalah dengan menggunakan nilai bounce rate. Apa itu bounce rate? Simplenya bounce rate adalah angka yang menunjukkan seberapa cepat/sering pengunjung menutup website kita setelah ia membukanya.

Misalkan, ada pengunjung dari search engine. Lalu saat dia baru buka, karena loading website lama dia langsung back atau close tab. Nah, disitu bounce rate akan tinggi. Semakin rendah bounce rate semakin bagus, begitu juga sebaliknya semakin tinggi bounce rate maka semakin buruk juga performa website kita dimata pengunjung.

Bounce Rate

Template yang Menarik akan Menurunkan Nilai Bounce Rate Secara Signifikan

Sudah paham kan ya pengaruh tampilan website yang memang sangat penting? Karena memang pada dasarnya manusia itu makhluk visual, kalau visualnya tidak menarik maka orang akan malas mengunjungi website kita. Apalagi ada iklan yang numpuk, itu akan lebih membuat orang malas untuk mengunjungi website.

Lalu, bagaimana mengganti template di WordPress?

Seperti yang saya bahas pada artikel sebelumnya, kelebihan wordpress adalah kemudahan untuk mengkustomasinya. Artinya, kita mau buat web jenis apa saja bisa dengan mudah menggunakan wordpress.

Karena ada banyak sekali template/plugin baik gratisan ataupun berbayar yang mendukung untuk melakukan itu semua.

1. Silahkan login terlebih dahulu di dashboard wordpress Anda.

2. Silahkan masuk ke menu Appearance  -> Themes

Mengganti Theme di WordPress

Klik Menu yang Dikotakin Merah untuk Mengganti Template

Dalam halaman tersebut akan ditampilkan template / theme apa saja yang telah di install. Ini hebatnya wordpress, berbeda dengan blogger. Kalau blogger hanya template yang disediakan blogger saja yang berada di halaman template.

Untuk mencari theme yang telah diinstall tinggal ketik nama themenya. Jika ingin mengupload theme yang baru silahkan klik Add New atau scroll paling bawah nanti ketemu gambar yang saya kotaki merah dengan icon + Add New Theme

3. Setelah klik Add New maka Anda akan dialihkan ke halaman instalasi theme seperti gambar dibawah :

Menginstall Theme WordPress

Halaman instalasi theme, bisa download theme yang disediakan gratis oleh pihak wordpress

Disitu kita bisa mendownload dan install theme yang disediakan oleh wordpress, jika ingin mencari theme silahkan ketikkan di kolom search themes… yangg saya kotaki hijau. Jika ingin memfilter silahkan klik Feature Filter.

Nah, jika Anda ingin menguploa sendiri themenya silahkan klik Upload Theme seperti yang saya kotaki merah.

4. Jika Anda ingin mengupload theme dan sudah klik Upload Theme maka Anda akan dialihkan ke halaman berikut :

Upload Theme di WordPress

Klik / Drag Theme yang Ingin di Upload

Ingat template yang diupload berformat .zip nanti sistem wordpress akan otomatis mengekstrak file tersebut. Jika upload sudah akan dialihkan ke halaman berikut :

Instalasi Upload Theme WordPress

Proses Instalasi Upload Theme WordPress

Kalau upload berhasil maka akan ada 3 menu yaitu Live Preview untuk melihat preview / hasil jika template tadi di aktifkan. Active untuk langsung mengaktifkan template yang diupload tadi. Dan Return Theme Page untuk kembali ke halaman theme.

5. Jika Anda sudah menginstall banyak theme, dan ingin bergonta-ganti template caranya cukup mudah. Silahkan kembali ke halaman theme

Mengaktifkan Theme WordPress

Sangat mudah untuk Mengaktifkan Theme WordPress

Sangat mudah bukan untuk mengganti template wordpress? Yang perlu diperhatikan adalah jangan terlalu sering mengganti template. Lakukan sewajarnya saja, misalkan 1 tahun 1x atau max 3x saja. Jangan tiap hari ganti, karena akan sangat berpengaruh bagi SEO.

Kemudian pilihlah template yang menarik, ringan, dan mudah dibaca bagi pembaca website. Jangan sampai pembaca itu merasa susah membaca informasi yang ada di website Anda.

Saya rasa cukup jelas tutorial mengganti theme wordpress di atas. Semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin belajar wordpress.

Cari Artikel di Sini


Cara Mudah Mengganti Tampilan WordPress | Admin | 4.5
%d bloggers like this: