Cara Memilih Domain untuk Toko Online

Memilih Domain untuk Olshop

Memilih Domain untuk Olshop – Di artikel sebelumnya saya telah membahas cara memilih domain untuk blog adsense, nah sekarang kita juga akan membahas memilh domain untuk toko online atau olshop.

Olshop memang sedang booming dalam beberapa tahun belakangan ini, banyak sekali situs-situs olshop yang bermunculan, ada juga para pemain besar e-commerce seperti lazzada, bhineka, matahari mall, zalora.

Nah, jika kamu sedang belajar cara bisnis online khususnya membuat toko online maka artikel ini saya kira cocok. Domain itu bisa dikatakan “nyawa” untuk olshop kamu, domain ini adalah alamat yang akan diingat-ingat oleh customer kita.

Dalam pemilihan nama domain untuk olshop ini juga tak jauh beda dengan cara pemilihan domain untk adsense. Dalam pemilihan nama domain ini saya bagi menjadi 2, yaitu menargetkan kata kunci serta menargetkan nama brand atau merek dagang kamu.

Pilih Brand atau Keyword ?

Contoh, jika kamu menargetkan kata kunci maka domain yang akan kamu ambil adalah jualtasrajutmurah.com, jika kamu membidik kata kunci tas rajut. Tapi, jika kamu ingin mengembangkan nama merk dagang kamu kamu bisa menggantinya dengan nama beautyrajut.com atau nama-nama merk lainnya.

Domain yang Tepat untuk Olshop

Domain yang Tepat untuk Olshop (Sumber : Google)

Nah, kebanyakan para pemain-pemain besar pasti menggunakan nama brand untuk domain. Contoh bhineka, mereka ini berjualan komputer / gadget tetapi nama domainnya bhineka, kenapa? Kenapa kok enggak jualkomputer.com saja? Simple! Karena pihak manajemen bhineka ingin membuat brand sehingga customer akan ingat kalau beli komputer murah ya di bhineka.com.

Atau, tagline terkenal misalkan kalau punya barang bekas jual aja di olx.co.id. Nah, nama-nama brand inilah yang akan membekas di pikiran customer kita. Beda kalau kita hanya menargetkan kata kunci saja, customer akan sulit mengingatnya.

Contoh saja, kamu akan lebih ingat nama rocketmanajemen.com daripada blogtentangmanajemen.com bukan? Nah, disinilah pentingnya branding. Tetapi, semua ada kelebihan dan kekurangann.

Nama brand akan sangat kuat jika memang sudah stable ditengah masyarakat. Tetapi, untuk melambungkan nama brand itu sulitnya bukan main. Di mata google pasti saja lebih gampang merangkin dengan domain jualtasrajutmurah.com daripada beautyrajut.com, nah disitulah pentingnya belajar SEO.

Apapun nama domain brand kamu, jika sudah dioptimisasi dengan SEO maka tidak akan kalah dengan nama domain yang menggunakan kata kunci tersebut. Karena itulah, tetap di rocketmanajemen.com ya untuk update mater SEOnya.

Terimakasih telah membaca artikel singkat tentang cara memilih nama domain untuk olshop. Semoga artikel singkat ini bermanfaat bagi kamu yang baru merintis bisnis online.

Cari Artikel di Sini


Cara Memilih Domain untuk Toko Online | Admin | 4.5
%d bloggers like this: