Cara Membuat, Menghapus, Mengatur Privasi Status Whatsapp Terbaru (Whatsapp Stories)

Status Whatsapp adalah salah satu fitur terbaru yang dihadirkan oleh whatsapp di awal tahun 2017 ini. Dulu whatsapp sangat terkenal dengan tingkat kesederhanaannya, ya tidak jauh berbeda dengan SMS konvensional tetapi lebih modern.

Tetapi, karena persaingan yang makin ketat dengan rivalnya seperti snapchat, line, bbm, dan aplikasi lainnya. Membuat Whatsapp mau tidak mau harus berinovasi supaya penggunanya betah, salah satunya dengan menghadirkan fitur Whatsapp status.

Fitur Whatsapp Status adalah fitur yang memungkinkan kita menulis status, membagikan foto/gambar bahkan video dan animasi GIF dan akan hilang setelah 24 jam setelah status/stori itu dibuat.

Baca juga : Cara Mudah Membuat Whatsapp

Fitur ini bisa dikatakan mencontek dari aplikasi snapchat, tidak ada salahnya sih kalau mencontek toh juga ini fitur yang baik.

Tetapi, status Whatsapp ini hanya bisa dilihat oleh 2 kontak yang saling menyimpan nomor. Misalkan Si A menyimpan nomor si B, dan si B menyimpan nomor si A. Maka keduanya bisa saling lihat storinya, tetapi jika si A tidak menyimpan nomor si B maka keduanya sama-sama tidak bisa melihat status storinya masing-masing.

Berikut ini adalah cara untuk melihat story / status whataspp :

  1. Geser tab ke kanan, maka akan ada tulisan STATUS
  2. Disitu akan ada banyak status milik teman kontak Anda

Cara menambah status sendiri di whatsapp

Untuk menambahkan status di whataspp cukup mudah yaitu :

  1. Geser tab ke kanan yang bertuliskan STATUS
  2. Tap / sentuk STATUS icon –>
  3. Anda dapat menambahkan foto/merekam video baru, atau Anda juga bisa memilih gambar/ foto/ video/ animasi GIF dari galeri Android Anda
  4. Setelah itu klik icon SEND 

Sangat mudah bukan untuk menulis status di whataspp? Selain itu Anda juga bisa mengedit dan berkreasi sesuka Anda, seperti menambahkan teks, menggambar garis, dll.

Ada banyak variasi untuk membuat status kita lebih berwarna, bisa menambahkan icon, teks, ataupun menggambar sesuka hati

Cara mengatur privasi status whatsapp

Privasi memang sangat penting, mungkin ada beberapa orang yang kita tidak inginkan untuk melihat status kita. Nah, di whatasapp ini kita bisa mengatur privasi, kepada siapa saja status kita bisa dilihat atau tidak bisa dilihat. Yang jelas, status Anda tidak bisa dilihat oleh orang yang nomor hpnya tidak Anda save.

Jadi meskipun orang lain menyimpan nomor Anda, tapi jika Anda tidak menyimpan nomernya mereka maka status Anda tidak akan terlihat oleh mereka.

Untuk mengubah privasi status whatsapp Anda adalah dengan cara :

  1. Silahkan menuju tab status
  2. Tekan tombol menu (tombol 3 lingkaran di pojok kanan atas)-> Status Privacy
  3. Pilih siapa yang bisa melihat status Anda

Perhatian : perubahan privasi ini hanya berlaku untuk status yang baru, jadi status-status yang sebelumnya sudah dibuat tidak akan mengalami perubahan privasi.

Cara menghapus manual status whatsapp

Seperti yang telah dijelaskan diatas, status whataspp akan menghilang 24 jam setelah status tersebut dibuat. Jadi, meskipun Anda lupa menghapus maka otomatis status akan hilang 24 jam kemudian.

Tetapi… terkadang kita ingin segera menghapus status tersebut karena suatu hal tertentu. Caranyapun cukup mudah.

Berikut cara menghapus status whatsapp secara manual :

  1. Tekan layar status
  2. Tekan My Status > tekan dan tahan pada status Anda
  3. Pilih icon tempat sampah untuk menghapus status Anda

Cara menyembunyikan / mute status Whatsapp dari kontak / teman

Anda dapat mute atau tidak menampilkan status Whatsapp anda di kontak yang Anda simpan. Sehingga status mereka tidak tampil di recent update teratas di kontak list Anda

Berikut ini cara mute status Whatsapp :

  1. Klik layar tab status 
  2. Tekan dan tahan status milik teman Anda
  3. Klik mute

Untuk meng unmute caranya adalah :

  1. Klik layar tab status
  2. Scroll kebawah dan ada tulisan Muted status, maka tekan dan tahan status milik teman Anda tersebut
  3. Klik Unmute

Cukup jelas kan tutorial kali ini? Jika masih ada pertanyaan seputar cara menggunakan status whatsapp silahkan tanyakan di kolom komentar dibawah ya 🙂


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: