Cara Membuat Postingan dan Halaman di WordPress

Postingan atau konten adalah elemen paling penting dari setiap website. Pentingnya konten ini sama pentingnya dengan barang dagangan ketika Anda ingin jualan. Bagaimana mungkin bisa jualan kalau barangnya saja tidak ada? Nah, begitulah logika sederhananya.

WordPress sebagai CMS terbaik dan terpopuler saat ini telah memberikan fasilitas yang super lengkap untuk memaksimalkan konten bagi para penggunanya. Kita bisa dengan mudah untuk membuat artikel, video, dll. Karena semua fitur yang dibutuhkan sudah tersedia gratis dan kita tinggal makai.

Pada kesempatan ini saya ingin membahas tentang bagaimana cara membuat postingan dan halaman di wordpress. Sebelum itu pastikan Anda sudah paham tentang materi berikut ini :

  1. Cara membeli domain dan hosting
  2. Apa itu WordPress?
  3. Cara Install WordPress lewat CPanel Hosting

Pastikan Anda sudah punya website berbasis wordpress dulu ya untuk melanjutkan tutorial berikut ini. Kalau sudah silahkan lanjut.

Cara Posting Artikel di WordPress

1. Login dulu di admin wordpress Anda

2. Setelah masuk ke dashboard wordpress admin, silahkan amatin di sidebar kiri. Maka akan ada menu Blog Posts

Cara Membuat Post

Silahkan Klik Menu Post untuk Membuat Postingan

Jika Anda masuk di homepage dashboard wordpress Admin akan menemukan tampilan seperti gambar ditas. Ada 3 cara yang bisa ditempuh, yang saya kotaki kuning maka Anda bisa langsung buat draft artikel disana. Nanti kalau diklik save draft maka artikel tidak langsung dipublish.

Baca : Peluang Bisnis Menjanjikan Modal Kecil

Kemudian jika Write your first blog post maka Anda akan langsung diarahkan ke post editor untuk membuat sebuah artikel. Lalu jika klik yang saya kotakin merah maka Anda akan diarahkan ke halaman berikut ini :

Cara Menambah Artikel

Membuat Artikel Terbaru

Klik Add New seperti yang sudah saya kotakin diatas. Kalau sudah klik Add New maka otomatis akan dialihkan ke halaman article editor.

3. Kalau sudah Anda lakukan step diatas maka Anda akan menuju halaman text editor seperti gambar dibawah ini :

Post Editor di WordPress

Post Editor di WordPress

Penjelasan :

  1. Judul Artikel adalah form untuk mengisi title/judul artikel yang ingin Anda buat.
  2. Text Editor, alat ini sama seperti di microsoft word. Dimana Anda bisa mengedit tampilan tulisan, mulai dari warna, ketebalan, dll. Klik yang saya kotaki hijau untuk memunculkan menu yang lebih lengkap.
  3. Kotak Artikel, kalau dalam keterangan ditas saya tulisi “artikel disini..”, Nah dalam kotak tersebut Anda bisa menulis artikel sesuka hati. Untuk membuat variasi teks maka gunakan teks editor diatasnya.
  4. Publish Menu, dalam kotak menu ini Anda bisa mengatur penjadwalan penerbitan artikel. Bisa dipublikasikan hari itu juga, dijadwalkan, atau hanya disimpan sebagai draft artikel saja.
  5. Format Post, menu ini berbeda-beda tergantung template yang Anda gunakan. Karena ada template yang mendukung konten format video, atau foto.
  6. Categories, pada kotak ini Anda bisa menambahkan kategori artikel yang ingin Anda buat. Misal, Anda bisa membuat kategori berita, renungan, atau yang lainnya.
  7. Tags, tag ini hampir sama dengan categories. Bedanya, kalau tag itu lebih spesifik. Misalkan, kategori artikelnya akuntansi, kemudian ada 3 atau 5 artikel membahas tentang laporan akuntansi maka dikasih tag laporan akuntansi.
  8. Featured Image, nah ini adalah gambar yang mengekspresikan artikel tersebut. Jadi, featured image ini penting karena menjadi gambar utama yang akan ditampilkan saat artikel dibuka, dan menjadi menjadi gambar thumbnail.

SIlahkan berkreasi membuat artikel sesuai dengan imajinasi Anda. Tapi, ingat pesan saya jangan asal membuat konten. Apalagi berisi informasi hoax dan menyesatkan.

Bagaimana cara membuat page di WordPress?

Pada dasarnya membuat page dan post itu hampir sama langkah-langkahnya. Yang membedakan hanya langkah awal saja. Silahkan klik menu Pages -> Add New

Membuat Halaman Page WordPress

Menu Page di WordPress

Kalau sudah nanti tampilannya sama seperti text editor membuat artikel diatas.

Lantas.. bedanya post dan page itu apa?

Mungkin ini yang menjadi pertanyaan Anda, bedanya halaman dan artikel itu apa?

Nah bedanya sederhana, kalau page itu lebih bersifat statis dan tidak berubah-ubah. Page yang termasuk seperti home, about, disclaimer, dll. Nah, sedangkan post itu artikel yang update continue.

Page dan Post ini dibuat hanya untuk mengkategorikan saja, supaya lebih mudah dalam mengelola kontennya. Nah, itu tadi tutorial membuat post dan page di wordpress. Semoga bermanfaat.

Cari Artikel di Sini


Cara Membuat Postingan dan Halaman di WordPress | Admin | 4.5
%d bloggers like this: