7 Langkah Membuat Paspor Online Cepat dan Mudah

Paspor adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh sebuah negara melalui pejabat yang berwenang untuk memuat identitas pemegangny yang berlaku dan digunakan untuk melakukan perjalanan ke luar negeri / antar negara.

Paspor berisikan biodata ataupun informasi pemegangnya, adapaun informasi-informasi yang ada di dalam paspor adalah :

  1. Foto pemegang paspor
  2. Tanda tangan
  3. Tempat dan Tanggal lahir
  4. Informasi kewarganegaraan / kebangsaan
  5. Daftar negara yang tidak boleh dikunjungi

Paspor sekarang ini ada 2 bentuknya yaitu paspor konvensional dan e-paspor. Kalau paspor konvensional itu masih dalam bentuk buku kertas, kalau e-paspor sudah dalam bentuk chip yang berisikan informasi si pemilik e-paspor lengkap dengan data biometriknya. Informasi biometrik ini penting, gunanya untuk lebih meyakinkan bahwa orang tersebut pemilik dari paspor yang ia bawa.

Selain paspor kita juga membutuhkan visa untuk berkunjung ke luar negeri, visa ini agak berbeda dengan paspor. Jika paspor dikeluarkan oleh negara asal, kalau visa dikeluarkan oleh negara tujuan.

Paspor sendiri sama seperti SIM yang memiliki masa berlaku yaitu selama 5 tahun, dapat diperpanjang lagi minimal 6 bulan sebelum paspor itu habis masa berlakunya.

Adapun secara singkat cara membuat paspor online sebagai berikut :

  1. Siapkan dulu berkas-berkas yang dibutuhkan
  2. Buka situs imigrasi.go.id dan pilih menu layanan paspor online > online service >pra permohonan personal
  3. Isi formulir yang tersedia dengan benar
  4. Transfer beaya pendaftaran
  5. Verifikasi pembayaran
  6. Datang ke kantor imigrasi untuk foto, biometrik dan wawancara
  7. Paspor jadi, dan bisa diambil

Langkah-langkah Membuat Paspor Online

Untuk secara garis besar cara membuat paspor yaitu 7 langkah diatas, untuk lebih jelasnya berikut ini tutorial membuat paspor secara online :

1. Siapkan berkas-berkas yang dibutuhkan untuk mendaftar paspor

Tentu yang pertama adalah menyiapkan berkas-berkas yang diperlukan. Tetapi, dokumen-dokumen tersebut tidak perlu discan kemudian diupload. Yang penting Anda siapkan dulu berkas-berkasnya untuk dibawa ke kantor imigrasi terdekat. Adapun berkas-berkas untuk mendaftar paspor adalah :

  • KTP / e-KTP
  • Kartu Keluarga (KK)
  • Akta lahir / buku nikah / ijasah
  • Paspor lama (jika untuk memperpanjang)

Jika Anda juga ingin mendaftarkan paspor untuk Anak Anda / anak lain siapkan juga :

  • KTP Kedua orang tua anak
  • Buku nikah kedua orang tua
  • Jika ada Paspor ayah / ibu

Silahkan siapkan dokumen-dokumen tersebut beserta dengan fotokopiannya.

2. Isi formulir online di situs imigrasi

Untuk mengisi formulir pendaftaran paspor, silahkan kunjungi situs imigrasi resmi yaitu imigrasi.go.id. Setelah Anda buka silahkan klik “Layanan Paspor Online” tempatnya ada di kotak Online Service”.

Klik Yang Dikotakin Merah

Kunjungi situs resmi imigrasi yaitu di imigrasi.go.id lalu pilih menu layanan paspor online seperti dalam gambar diatas. Kemudian klik pra permohonan personal.

Kemudian akan muncul sebuah halaman berisikan form yang harus Anda isi sebagai pemohon paspor, kolom yang ada tanda bintang merahnya adalah form yang wajib Anda isi. Isi semua data pada formulir tersebut dengan baik dan sesuai dengan aslinya. Kemudian klik lanjut atau bisa kembali.

Jika Anda baru mau membuat paspor maka pilih Baru – Paspor Biasa pada jenis permohonan, jika ingin perpanjang silahkan pilih jenis permohonan yang sesuai dengan kebutuhan, serta isikan nomor paspor lama Anda.

Pada bagian form kantor imigrasi (kanim) isikan kantor imigrasi terdekat dengan lokasi Anda, lokasi kanim ini akan Anda datangi guna memproses paspor lebih lanjut. Alamat kantor imigrasi ini tidak harus sesuai dengan KTP Anda.

Langkah selanjutnya silahkan isi semua data yang dibutuhkan, seperti nama, tinggi badan, dll. Pastikan data yang Anda inputkan itu akurat terutama pada form nomor KTP dan alamat email. Karena jika salah maka surat pengantarnya tidak akan pernah sampai ke tangan Anda. Jika semua formulir sudah Anda isi selanjutnya akan ada informasi mengenai beaya yang harus Anda bayarkan.

Selanjutnya akan muncul Informasi Pembayaran dan Konfirmasi Permohonan. Jika belum ada perubahan, untuk biaya biometrik sebesar RP 55.000 dan Biaya paspor (48 H Perorarangan) sebesar Rp 355.000

3. Transer pembayaran ke Bank BNI

Setelah Anda mengisi semua datanya maka Anda akan mendapatkan sebuah surat pengantar ke bank yang dikirimkan ke alamat email Anda. Pastikan alamat email yang Anda inputkan itu benar. Pembayaran hanya bisa dilakukan ke bank BNI.

Silahkan bawa surat pengantar pembayaran tersebut ketika Anda ingin membayar di kantor bank BNI terdekat, setelah membayar maka Anda akan mendapatkan bukti biaya pendaftaran.

Jika ingin membayar paspor lewat ATM BNI, caranya adalah pilih menu pembayaran -> imigrasi -> masukkan kode nomor permohonan/kode pembayaran. Dan transfer sejumlah uang yang harus Anda bayarkan.

Bukti pembayaran dari kantor bank / struk pembayaran tadi difotokopi 3 kali dan disatukan kedalam stopmap berisi berkas-berkas permohonan paspor yang telah disiapkan sebelumnya.

4. Verifikasi pembayaran

Setelah melakukan pembayaran, konfirmasi / verifikasi pembayaran tersebut. Caranya, silahkan kembali buka email Anda dan klik link yang tertera dalam email Anda tersebut.

Pilih tanggal kapan Anda akan datang ke kantor imigrasi yang telah Anda tentukan sebelumnya. Sampai saat ini proses online sudah selesai, dan Anda akan mendapatkan sebuah bukti jika Anda telah melakukan permohonan. Simpan dan cetak bukti tersebut dan dibawa ketika ke kantor imigrasi.

5. Datang ke kantor imigrasi di wilayah dan tanggal yang Anda tentukan

Datanglah ke kantor imigrasi di wilayah serta tanggal yang telah Anda tentukan di awal. Kantor imigrasi sudah buka pukul 07:00 – 16:00. Dan istirahat makan siang jam 12:00 – 13:00, jika hari jumat jam istrihat kantor imigrasi yaitu jam 11:30 – 13:00.

Berikut tips-tips jika Anda datang ke kantor imigrasi :

  1. Berpakaian sopan dan tepat waktu
  2. Semua berkas yang telah disiapkan dibawa dalam stopmap yang rapi
  3. Ambil nomor antrean
  4. Verifikasi berkas yang telah dibawa
  5. Melengkapi persyaratan

Di kantor imigrasi ini Anda juga akan melakukan foto paspor, wawancara dan biometrik (pengambilan sidik jari / finger print).

6. Ambil Paspor

Setelah semua langkah dari nomor 1-5 sudah selesai, maka tunggulah selama 3 hari kerja sampai paspor jadi. Jika Anda ingin mengecek status permohonan maka silahkan buka situs imigrasi dan inputkan nomor permohonan Anda.

Mudah bukan membuat paspor sekarang? Nah, pastikan semua dokumen-dokumen Anda telah lengkap sebelum ke kantor imigrasi. Dan pastikan bawalah selalu paspor Anda ketika Anda hendak pergi ke luar negeri, jika tidak membawa paspor maka Anda bisa kena masalah di kantor imigrasi negara yang Anda tuju.

Cari Artikel di Sini


7 Langkah Membuat Paspor Online Cepat dan Mudah | Admin | 4.5
%d bloggers like this: